Channel Youtube untuk Belajar Bahasa Inggris Tingkat Pemula

Channel Youtube untuk Belajar Bahasa Inggris Tingkat Pemula

Apa Channel Youtube yang Efektif untuk ‘Belajar Bahasa Inggris’ Tingkat Pemula? Kata banyak Indonesians (warga Negara Indonesia), belajar bahasa Inggris paling ribet itu ada di grammar(aturan bahasa)-nya. Kenapa? Jawabannya nggak jauh-jauh dari banyaknya aturan ini-itu yang harus diingat supaya kemampuan bahasa Inggris bisa oke. Tidak sedikit, loh, yang merasa frustasi karena berusaha memahami grammar (jadi tambahan beban hidup selain memahami perasaan doi nih). Ngga cukup sampai di grammar, permasalahan juga muncul dalam aspek berbicara bahasa Inggris. Kompleks ya?

Nggak heran, ada banyak sekali tempat-tempat bimbingan belajar baik itu offline maupun online yang menawarkan kemudahan belajar bahasa Inggris. Paket yang ditawarkanpun beragam mulai dari kelasa dasar sampai kelas yang khusus akan mengambil tes TOEFL.

Sebenarnya, kenapa teman-teman harus bisa bahasa Inggris, sih? Tentu saja karena dunia yang semakin global, terhubung, dan berinteraksi satu sama lain. Bahasa Inggris merupakan ‘bahasa internasional’ yang digunakan untuk saling berkomunikasi oleh penduduk dari berbagai macam negara. Selain itu, nggak cuma penting sebagai materi belajar di bangku sekolah, bahasa Inggris juga menjadi poin ‘plus’ untuk kamu yang akan bekerja di korporasi-korporasi besar. penting banget nih kan kalau udah berkaitan sama kerja.

Channel Youtube untuk Belajar Bahasa Inggris Tingkat Pemula

Channel Youtube untuk Belajar Bahasa Inggris Tingkat Pemula

Untuk kamu yang masih mau belajar bahasa Inggris di tahap pemula, artikel ini akan memberikan beberapa rekomendasi berupa Youtube channel yang mengajarkan bahasa Inggris dengan paling efektif. Simak ulasannya ya! Ada pembahasan mengenai segmen-segmen Youtube channel yang sesuai sama kebutuhan belajar kamu juga.
Check this out!

Youtube Channel “guruku Mr D”

Sekilas mengenai channel guruku Mr D, Mr. Dennis atau yang akrab disebut Mr. D memiliki sebuah channel di Youtube yang aktif mengajarkan bahasa Inggris. Meskipun beliau ini asli keturunan Amerika, Mr. D sudah lama menetap di Indonesia yang membuat beliau fasih dalam berbahasa Indonesia. Dikarenakan target dari penonton Youtube channel guruku Mr D adalah orang-orang Indonesia, jadi beliau mengajarkan bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa Indonesia, loh! Jadi buat teman-teman yang masih awam banget sama bahasa Inggris tidak perlu khawatir.

Apa saja yang diajarkan Youtube channel guruku Mr D? Apakah channel-nya cocok untuk belajar English dari nol? Cocok banget! Dalam playlist channel guruku Mr D, kamu akan melihat beberapa kumpulan video belajar bahasa Inggris dengan label “Tutorial Grammar”, “Pengucapan Bahasa Inggris”, “Vocabulary/Percakapan”, dan “ESP (English for Specific Purposes)”. Lengkap banget! Ada pembelajaran yang dimulai dari kosa kata atau vocabulary hingga pembelajaran yang fokus untuk hal-hal tertentu (English for Specific Purposes). Kupas satu-satu yuk!
Segmen-segmen channel Youtube guruku Mr D untuk membantu teman-teman meningkatkan kemampuan bahasa Inggris:

Tutorial Grammar

Pusing dengan penjelasan grammar yang panjang? Atau buku bahasa Inggris-mu tidak juga membuat kamu paham mengenai grammar? Ada solusinya! Channel Mr D memiliki segmen khusus yang menjabarkan aturan bahasa Inggris. Dimulai dari penggunaan in/on/at sampai penggunaan tenses. Gokilnya lagi, semua penjelasan di segmen grammar tidak mencapai 15 menit! Kalau kamu suka yang instan, bisa banget, nih, liat segmen Tutorial Grammar Mr D.

Pengucapan Bahasa Inggris

Ada segmen khusus di channel Mr D yang mengajarkan cara pengucapan kosa kata bahasa Inggris. Lah ini mah make google translate juga bisa! Memang bisa, tapi di channel Mr D, teman-teman akan diajarkan pada pengucapan kosa kata yang punya kemiripan ucapan. Contohnya nih ya, ada satu video yang mengajarkan bedanya pelafalan sing yang artinya ‘bernyanyi’ dan sink yang artinya ‘tenggelam’. Nilai plus dari segmen ini adalah penjelasan Mr D yang menggunakan konteks, sehingga teman-teman tidak hanya fokus pada pelafalan, tapi juga cara membedakan pelafalan dari kata-kata yang mirip kalau teman-teman sedang berada disituasi percakapan bahasa Inggris-nya.

Vocabulary/Percakapan

Segmen yang tidak kalah penting hadir juga di channel guruku Mr D. Segmen Vocabulary mengajarkan beragam kosa kata dalam bahasa Inggris dengan penjelasan bahasa Indonesia. Di channel Mr D ini, teman-teman nggak cuma belajar menghafal kosa kata dan artinya dalam bahasa Indonesia, tapi juga ada percakapan di mana kosa kata tersebut digunakan. Contohnya, ada percakapan mengenai petunjuk arah, pembayaran, sampai tentang penampilan. Ini, nih, poin plus yang memberikan kemudahan untuk teman-teman. Menghafal kosa kata akan terasa jauh lebih mudah ketika kamu tahu kapan dan bagaimana penggunaan suatu kata itu tepat.

ESP (English for Specific Purposes)

Apa itu English for specific purposes (Bahasa Inggris untuk Tujuan Tertentu)? ESP adalah bahasa Inggris untuk bidang-bidang yang spesifik. Apakah penting? Bisa jadi penting banget. Contoh kasusnya, kalau teman-teman belum fasih berbahasa Inggris tapi harus berkomunikasi dengan orang Amerika di bidang marketing, maka ESP adalah cara tercepat. ESP hanya mengajarkan Bahasa Inggris di bidang tertentu seperti ESP for Business (ESP untuk bisnis), ESP for tour guide (ESP untuk pemandu wisata), ESP for industrial 4.0 (ESP untuk era industri 4.0). Channel Mr D punya segmen yang satu ini, guys!

Youtube Channel “Naila Farhana”

Youtuber yang menyelesaikan studinya di Amerika ini mendirikan channel Youtube Naila Farhana yang fokus untuk mengajarkan bahasa Inggris juga berbagi tips untuk mempelajari bahasa Inggris. Ada banyak sekali segmen pilihan di Youtube Naila Farhana mulai dari segmen belajar 25 frasa bahasa Inggris, segmen belajar “Accents and Pronunciation” (aksen dan pelafalan), segmen “Apa BAHASA INGGRIS nya..?”, segmen “Like a Native”, dan banyak segmen lainnya yang membahas tips untuk belajar bahasa Inggris seperti segmen “My Tips for You”, “Masalah Umum”, dan “Collabs” di mana Naila akan berbincang seputar tips belajar bahasa Inggris dengan pegiat channel Youtube belajar bahasa Inggris lainnya. Apa saja, ya, segmen untuk belajar bahasa Inggris di Youtube channel Naila Farhana?

25 Frasa

Teman-teman mau fokus memperbanyak kosa kata bahasa Inggris? Segmen 25 Frasa adalah media yang tepat! Frasa sendiri merupakan gabungan dari kata yang membentuk suatu ungkapan. Bisa jadi ungkapan saat marah, ungkapan kasih sayang, sampai ungkapan maaf dan penyesalan. Kenapa menghafal frasa? Supaya bahasa Inggris kamu terdengar kasual seperti para bule asli Amerika. Dalam setiap video di segmen ini, akan ada 25 frasa yang sering dipakai di kehidupan sehari-hari. Selain itu, ada contoh penggunaannya dalam kalimat juga, jadi penonton nggak akan kebingungan bagaimana pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari.

Accents & Pronunciation

Bahasa Inggris itu punya banyak banget aksen. Yang paling umum orang-orang tahu adalah aksen Inggris (UK) dan aksen Amerika (US). Sebetulnya ada banyak lagi aksen dari Negara Inggris dan Amerika. Jika teman-teman ingin memiliki aksen Amerika saat berbicara bahasa Inggris, segmen Accents & Pronunciation akan sangat membantu kamu. Akan ada tips juga untuk kamu bisa memiliki aksen Negeri Paman Sam itu.

Apa BAHASA INGGRIS nya..?

Seringnya, kita sebagai non-native English speakers (bukan penutur asli bahasa Inggris) kebingungan dalam menerjemahkan beberapa ungkapan remeh sehari-hari ke bahasa Inggris. Maunya bilang ‘masuk angina nih!’ atau ‘kapok deh!’ atau ‘sadar diri dong!’ bahkan sampai ke cuitan ‘bisa aja kamu ya~’, tapi nggak menemukan kosa kata yang pas, kalau salah ngucap, bisa-bisa malah salah maksud. Nggak mau kan disalahpahami karena pemilihan kata yang salah? Nah di segmen Apa BAHASA INGGRIS nya..?, kamu akan belajar ekspresi keseharian yang banyaknya teman-teman pakai untuk berbicara kepada teman sebaya, teman tongkrongan, sampai teman sekelas. Segmen ini akan mengupgrade skill bahasa Inggris-mu dengan ungkapan-ungkapan natural dalam bahasa Inggris! Biar bahasa Inggris-mu nggak kaku ya, guys.

Like a Native

Pernah denger slang word? Slang word adalah bahasa Inggris untuk ‘bahasa gaul’. Kalau segmen ini jelas untuk kemampuan bahasa Inggris kamu di tongkrongan ya! Karena penggunaannya bukan untuk situasi-situasi formal dengan bahasa yang baku. Like a Native akan mengajarkan ungkapan-ungkapan gaul bahasa Inggris sekaligus dengan penggunaannya dalam kalimat.

Youtube Channel “Joesin Translation”

Joesin translation merupakan laman Youtube yang berbagi materi bahasa Inggris baik untuk pemula, tingkat menengah, dan tingkat lanjut. Dibandingkan dengan guruku Mr D dan Naila Farhana, Joesin translation memiliki segmen terbanyak dan terlengkap karena mencakup segmen bahasa Inggris untuk jenjang SMP, SMA dan universitas. Selain itu, ada segmen khusus bahasa Inggris untuk urusan kerja, segmen belajar bahasa Inggris melalui puisi, dan latihan kemampuan listening (mendengarkan). Belum selesai sampai situ ya guys, ada segmen yang fokus mengajarkan kosa kata, grammar (tata bahasa), pronunciation (pelafalan) dan speaking (berbicara).
Berikut pembahasan segmen di channel Joesin translation.

English Pronunciation

Berisi video-video yang akan menjawab semua pertanyaan teman-teman terkait detail pengucapan kosa kata bahasa Inggris. Ada yang membahas mulai dari level dasar mengenai pelafalan abjad dalam bahasa Inggris, pengucapan imbuhan -D dan -S, pengucapan artikel ‘The’, sampai cara pengucapan nama-nama negara dalam bahasa Inggris. Uniknya, segmen satu ini akan memberikan pelajaran detail mengenai pelafalan. Selain itu, setiap videonya juga menyertakan contoh pelafalan secara langsung, jadi teman-teman bisa menonton video sekaligus mempraktikkan pengucapan suatu kata.

English for: SMP, SMA, University

Jika teman-teman adalah pelajar SMP, SMA, atau seorang mahasiswa, segmen English for SMP, SMA, University akan membantu teman-teman dengan bahasa Inggris yang berguna dalam mengerjakan soal.

English Writing Tips, English Listening Practice, English Speaking

Kemampuan bahasa Inggris tidak berhenti di seberapa fasih teman-teman berbicara atau seberapa banyak kosa kata bahasa Inggris yang teman-teman tahu arti bahasa Indonesia-nya. Kemampuan bahasa Inggris juga meliputi kemampuan untuk menulis (writing), mendengarkan (listening), dan berbicara (speaking). Di segmen English Writing Tips, teman-teman bisa juga belajar menulis kalimat dengan tata bahasa yang benar.

Vocabulary Today

Perluas juga kosa kata bahasa Inggris-mu melalui segmen Vocabulary Today. Video-video di segmen tersebut mengajarkan kosa kata yang spesifik seperti kosa kata yang kalian gunakan ketika berada di ruang tamu, kamar, sampai dapur! Seru juga kan kalau belajar kosa kata berdasarkan topic, kamu jadi bisa mengukur sudah sejauh apa kemampuan bahasa Inggris-mu. Selain itu, ada video yang membahas kosa kata berdasarkan sinonim dan antonim yang membuat kosa katamu akan lebih cepat bertambah.

Learning English through Poem

Ini adalah segmen paling unik dan estetik dari Youtube channel Joesin translation. Video-video di segmen ini berisi puisi dan terjemahan dalam bahasa Indonesia-nya. Tidak hanya kamu akan menemui rangkaian kosa kata dengan makna yang dalam dan puitis, tapi kamu juga akan belajar susunan kata bahasa Inggris saat digunakan dalam karya sastra berupa puisi.

Itu tadi rekomendasi Youtube channel yang menawarkan video-video pembelajaran bahasa Inggris paling efektif untuk membantu kamu yang masih pada tahap pemula. Selalu ingat ya, semua media pembelajaran akan berhasil di kamu ketika kamu tekun dan konsisten dalam belajar. Ada sangat banyak tempat bimbingan belajar (bimbel) di luar sana dengan harga yang murah sampai harga yang setara dengan uang semesteran anak kuliah, tapi jika kamu sendiri tidak mau berusaha untuk memiliki peningkatan (progress), apapun bentuk media belajarnya dan berapapun biaya yang kamu keluarkan akan tidak membawa hasil untuk membuat bahasa Inggris-mu semakin oke.
Are you in for a better English skill of yours?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *