Kisah sukses mas sugeng pembuat templete blogger

Kisah sukses mas sugeng dasiner template blogger Fenomenal

Prakata

sedikit cerita ples curhat, sebelum membuat blog ini saya dulu sekali dua kali membaca tulisan beliau di blognya mas sugeng (sugeng.id). mungkin bisa di bilang juga salah satu inspirator bikin situs ini ya mas sugenglah orangnya.
tau situs beliau berawal dari penasaran template yang katanya bagus, iseng saya coba download yang gratisan dan ternyata emang bagus. Meskipun sebenarnya pas menggunakannya saya ada rasa gak enak juga.sama si pembuat aslinya. tapi jujur template ini saya pake cuma karena emang belum mampu beli yang premium.
sudah ah curhatnya silahkan langsung di lanjutin saja membacanya.. ☺

Nama Mas sugeng Riyaldi pemilik situs www.sugeng.id
Untuk beberapa blogger yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia blogging pasti tidak akan asing lagi dengan nama beliau..

mas sugeng

Sekedar informasi bagi anda yang mungkin belum mengenal mas sugeng beliau adalah salah satu bisa di bilang masternya para mastah dunia blogging modern di indonesia saat ini.

Sehingga tidak mengherankan jika setiap beliau bikin posting apa saja maka yang berkomentar bisa sampai berjubel dan mencapai angka ratusan dalam beberapa hari saja.

selain terkenal mas sugeng yang mengakui hanya seorang lulusan smp ini merupakan salah satu desainer template paling sukses menurut beberapa informasi yang saya peroleh dari situs lain, bersanding dengan template buatan sekaliber arlianadzgn.

Bagaimana tidak setidaknya hampir 50% dari jumlah blogger pemula di bagian footer websitenya tercantung nama beliau.
Ini menandakan banyak sekali blogger yang saat ini yang menggunakan template beliau baik yang free ataupun yang berbayar.
Tidak hanya sampai disitu kabarnya pengguna template mas sugeng juga tidak hanya orang indonesia saja, bahakan banyak sekali situs luar negeri yang membeli template dari mas sugeng ini.

Pendapatan

Mas sugeng sendiri memang tidak pernah memberikan perincian berapa penghasilan beliau dalam dunia internet, tapi ada sebuah kutipan beliau yang beliau buat dalam sebuah posting yang menyebutkan jika pendapatannya dalam sebulan melebihi gaji pns sekalipun, kabarnya bahkan jauh lebih tinggi lagi.

selain mendapatkan penghasilan dari hasil jualan template ternyata mas sugeng juga memiliki penghassilan lain yakni JV adsense sehingga gak salah jika menurut beberapa sumber pendapatan mas sugeng termasuk yang terbesar.
(harap di ingat gabar di atas belum saya konfirmasi sendiri dengan mas sugeng jadi bis saja saya salah)

gambar pendapatan mas sugeng
gambar yang saya kira merupakan pendapatan jv adsense mas sugeng

Kisah Perjalanan Pembuatan Template Oleh Mas Sugeng

1. Template pertama dibuat 99% Menggunakan HP Nokia C2-01.
Dalam sebuah postingan tentang template pertama nya mas sugeng sempat bercerita seperti berikut “Mungkin beberapa sobat pembaca sudah ada yang tahu, tapi saya yakin banyak juga yang belum tahu dan tidak menyangka jika template blog ini saya buat hanya menggunakan sebuah HP Nokia C2-01”.

Yaps template ini adalah hasil dari kurang kerjaan saya dulu dalam menjalani aktivitas mobile blogging. Dengan bantuan aplikasi mini commander, browser opera mini, dan beberapa tool online saya berhasil menciptakan sebuah template.
Pada saat itu semua saya lakukan 99% hanya bersama HP kesayangan Nokia C2-01. 1% sisanya adalah ketika saya menyempatkan waktu pergi kewarnet untuk mengecek tampilan dari template ini.

Saat pertama membaca kutipan beliau ini jujur saja ada rasa kagum yang lumayan di batin saya, bayangkan pembuatan template yang sebenarnya bukanlah sebuah proses yang mudah dan sangat njimet, tapi bisa dikerjakan hanya dengan bantuan sebuah perangkat hp jadul, padahal sekarang kita yang rata rata sudah memiliki perangkat komputer sendiri saja belum tentu bisa membuat template sendiri.

2. Dibuat dan direvisi Selama Bertahun-tahun
Saya yakin sobat semua bisa membayangkan betapa sulit dan ribetnya membuat sebuah template hanya dengan menggunakan HP yang hanya memiliki layar 2 inci. Itulah alasan kenapa template ini saya buat dengan waktu yang lama. Dan revisi berkali kali, yakni Tahun 2011, Tahun 2012, Tahun 2013, Tahun 2014, tahun 2015 “.
Kelebihan dari template ciptaan mas sugeng yaitu adalah mobile friendly dan juga responsive, mungkin karena perjalanan panjang yang beliau lakukan selama belajar pembuatannya sehingga tidak heran jika seluruh template yang beliau buat memiliki kelebihan optimasi seo.

3. Bisa Membeli Laptop 
 Meskipun template mas sugeng  pada awalnya dibuat dengan tujuan iseng belaka, dengan bermodal nekat dan sedikit harapan akhirnya beliau memutuskan untuk mencoba menjual template nya. Dan tanpa disangka ternyata template ini cukup banyak yang suka, dan dari hasil penjualan template ini saya bisa membeli laptop pertama saya. Selama betahun-tahun saya menjalani aktivitas mobile blogging tanpa tujuan yang jelas akhirnya bisa sedikit merasakan hasilnya dengan bisa membeli laptop ini. Meskipun bisa dibilang hasil yang saya dapatkan tidaklah begitu besar, tapi setidaknya sudah cukup membuat saya bahagia.

4. Penuh Dengan Perjuangan
Mas sugeng juga menceritakan pengalamnya dalam pembuatan template pertama beliau, seperti berikut “ sejak awal pertama kali dibuat sampai bisa menghasilkan sedikit Rupiah, template ini memang dilalui dengan sebuah pejuangan yang cukup berliku-liku.
Dari dimarahin orang tua gara-gara mantengin HP terus, dibanned forum ads-id gara-gara jualan salah tempat, dan masih banyak yang lainnya. Semua itu saya lalui dengan penuh kesabaran.

5. Ingin Tampil Sederhana
Salah satu ciri khas dari template ini adalah desainnya yang elegan dan sederhana. Nah saya ingin untuk tetap membuat blog ini terlihat sederhana tidak terlalu banyak pernak-pernik yang tidak begitu penting. Oleh karena itu saya tetap mempertahankan template ini.

Meskipun kalo menurut saya pribadi emang hampir semua template nya mas sugeng bagus dan juga memiliki tampilan yang sedehana, menyegarkan, rapi dan juga enteng.

6. Clossing

Hal terakhir yang ingin saya sampaikan adalah menurut saya mas sugeng merupakan salah satu tokoh yang puya andil besar di dunia blogger sat ini, saya sudah lumayan lama membaca dan mengikuti tulisan beliau mulai dari blog pertama sampai blog yang sekarang saya gunakan menulis artikel ini,entah sudah blog yang keberapa dan sebagian ilmunya ya berasal dari tulisan tulisan beliau selalin juga membaca dari website luar negeri tentunya.

dan yang saya tau sifatnya mas sugeng itu tidak pernah berubah meskipun sudah besar dan dikenal seperti sekarang, tapi orangnya selalu down to earth alias tidak pernah sombong, mungkin inilah yang menjadikan nama beliau besar..
Selain itu seriap tulisan yang di tulis beliau memiliki manfaat dan selalu seperti berkata apa adanya sehingga banyak pembaca website nya yang senang membaca dan mengomentari tulisan beliau.

Mungkin sekian dulu tentang cerita tokoh kali ini.

Sebenarnya saya ingin menuliskan lebih jauh tentang mas sugeng tapi jujur saya belum mendapatkan kontaknya jadi ya tulisan ini cuma rangkuman dari kata kata mas sugeng sendiri yang saya ambil dari websitenya, saya sih berharapnya suatu saat bisa dapat kontaknya dan melakukan wawancara pribadi dengan beliau.. hehehe

Tapi seandainya kalopun nanti saya dapat dan bisa wawancara beliau secara langsung/lewat pesan, akan langsung saya posting di situs ini.
Itu saja, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan lainnya.

3 Comments

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.