5 April 2020

Siapa Pemilik dan Pendiri WhatsApp, ini jawabannya

Siapa pendiri whatsapp? kalian pasti tau whatsapp kan? tidak mungkin kalian tidak kenal dengan aplikasi WhatsApp. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang saat ini banyak digunakan oleh semua orang.

WhatsApp sendiri merupakan sebuah aplikasi yang cukup diminati karena penggunaannya yang sangat sederhana. Aplikasi WhatsApp bisa diinstal baik di Android ataupun sistem operasi lainnya.

Kenapa WhatsApp banyak digunakan oleh pengguna Android

WhatsApp banyak dipilih untuk menjadi aplikasi chatting yang banyak digunakan oleh orang dikarenakan aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya:
Yang pertama simple, Mudah digunakan
Gratis dan tidak terdapat iklan di dalamnya

Lalu siapakah orang yang menciptakan aplikasi WhatsApp

Aplikasi WhatsApp didirikan dan dibuat oleh dua orang sahabat yaitu Brian acton dan juga jan koum, keduanya merupakan karyawan dan juga teman saat bekerja sebagai karyawan di keduanya kini menjadi miliarder baru setelah aplikasi WhatsApp diakuisisi oleh Facebook pada Februari 2014 dengan harga mencapai 19 miliar dolar Amerika. Padahal sebelumnya hidup Jan koum terbilang cukup sulit dia pernah menjadi pekerja kebersihan dan juga hidup dengan mengandalkan bantuan dari bantuan pemerintah Amerika Serikat melalui kupon makanan.

Kisah sukses pendiri whatsApp jan koum

bagaimana whatsapp ditemukan dan dibuat? kisah ini berawal dari seorang anak bernama jan koum, Jan koum lahir tanggal 24 Februari 1976. Sedangkan sahabatnya Brian acton lahir 17 Februari 1972 yang merupakan orang yang sama-sama menggemari dunia pemrograman.

Kehidupan masa kecil jan koum
koum merupakan pria yang terlahir dari keluarga sederhana yang berasal di Ukraina dia bermigrasi ke Amerika Serikat saat remaja bersama ibu dan neneknya. Tahun-tahun awal di negara Amerika merupakan saat tersulit baginya situasi keuangan mereka memburuk terutama saat Ibunya terserang penyakit kanker dan akhirnya meninggal dunia. Hal itu memaksanya jan koum untuk membiayai sendiri keperluan untuk hidup dan juga membiayai sekolahnya.

Jan Kaum Pun sempat mengenyam pendidikan dibangku kuliah namun tidak dapat diselesaikannya karena permasalahan yang dihadapinya. Tetapi karena kemampuannya yang luar biasa di bidang pemrograman dia akhirnya nekat melamar pekerjaan di Yahoo dan akhirnya diterima sebagai Insinyur infrastruktur dan menguji keamanan.

Baca juga >>  BIOGRAFI SINGKAT KH. Ahmad Dahlan

Nah selama dia bekerja Itulah dia bertemu dengan karyawan yang lainnya yaitu Brian acton yang selanjutnya menjadi teman sekaligus partner dalam mendirikan aplikasi WhatsApp.

Pemilik dan Pendiri WhatsApp
jan koum pendiri whatsApp dan brian

Pada September 2017 brian dan koum resmi meninggalkan Yahoo. Mereka juga sempat melamar pekerjaan di Facebook namun gagal lalu pada 2019 kaum membeli sebuah iPhone dan menyadari bahwa iPhone akan mengeluarkan aplikasi dan membuka kesempatan untuk developer baru.

Setelah itu kaum pergi mengunjungi temannya alex dan mengutarakan keinginannya untuk membuat sebuah aplikasi yang selanjutnya diberi nama whatsApp yang kalau di artikan dalam bahasa Indonesia Berarti ada apa. koun meresmikan WhatsApp Inc, di California saat ini kekayaan bersih yang dimilikinya diperkirakan mencapai 9,6 miliar US Dollar.

Awal pendiri WhatsApp Tidak Semudah yang diperkirakan

Selama proses awal pendiri whatsApp tidak berjalan secara mulus mereka menemui beberapa hambatan terutama banyak crash pada aplikasi dan juga kegagalan hal itu bahkan hampir membuat koum frustasi dan hampir menyerah sepenuhnya.
saat itulah brian yang mendorong untuk terus bertahan setiap kali keduanya mengalami kemunduran.

Sedikit demi sedikit Whatsapp terus mengalami perkembangan lalu pada Februari 2013 whatsapp sudah memiliki setidaknya 50 anggota staf dan 200 juta pengguna dan tidak lama setelah itu WhatsApp dibeli oleh Facebook dengan harga 19 miliar rupiah padahal sebelumnya Facebook pernah menolak lamaran pekerjaan mereka berdua.

Dan sampai saat ini WhatsApp telah mencapai 5 miliar lebih unduhan di Google Play Store dan juga mencatatkan setidak-tidaknya 100 juta panggilan suara per hari Menurut blog resmi WhatsApp pada 2017.

Dan jan koum saat ini telah berubah dari orang miskin menjadi salah satu milarder terbaru dengan kekayaan cukup besar.

Siapa pemilik whatsapp saat ini?

Saat ini whatsapp telah diakuisisi dan dimiliki oleh Facebook Inc pada Februari 2014 dengan nilai $19 miliar. Selain membeli whatsapp perusahaan Facebook yang dirintis oleh Zuckerberg juga membeli Instagram pada 2012. jadi pemilik whatsapp saat ini adalah facebook inc.

itulah alasannya saat pertama membuka whatsapp atau membuka menu setelan pada whatsapp kalian akan melihat tulisan from FACEBOOK.

Nah itu tadi adalah pemilik dan pendiri whatsapp semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi untuk kalian, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

SHARE:
tokoh 0 Replies to “Siapa Pemilik dan Pendiri WhatsApp, ini jawabannya”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.