Minuman Es Tebu Pinggir Jalan yang Menguntungkan

0
61

Selamat datang di berwirausaha, kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai prospek peluang usaha jajanan/kuiner es tebu manis pinggir jalan, kenapa usaha ini layak dikerjakan, apakah menghasilkan, berapa keuntungan yang di dapatkan dan analisa modalnya, serta masih banyak lagi, lagsung saja kami ucapkan selamat membaca.

Peluang Usaha Es Tebu Pinggir Jalan Menguntungkan
sumber foto cummon wikipedia

Mengupas mengenai kuliner apa saja yang bisa dijadikan sebagai usaha tentu tidak akan ada habisnya mengingat indonesia memiliki banyak sekali aneka macam kuliner, dan salah satunya adalah es tebu ini.

Tebu sudah sejak lama dikenal sebagai sebuah tanaman yang dapat diolah menjadi gula putih atau gula pasir.  Tanaman tebu ini banyak sekali di temukan di negara dengan iklin tropis dan indonesia adalah salah satunya.

Tebu atau yang dalam bahasa Inggrisnya biasa disebut sugar cane sendiri adalahsebuah  tanaman yang ditanam untuk bahan baku gula dan penyedap rasa/vetsin. Tanaman ini hanya dapat tumbuh di daerah beriklim tropis. Tanaman ini termasuk jenis rumput-rumputan.

Tebu memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari hari seperi :

  • diolah menjadi gula pasir/putih.
  • Ampas dari batangnya dapat diolah menjadi kertas untuk bahan dasar pembuatan tisu dan juga kertas kasar lainnya sebagai bahan pembuatan  buku.
  • Daunnnya bisa dijadikan pakan ternak sapi, kerbai dan bisa di olah menjadi pakan ternak  farmentasi.
  • Airnya bisa diperas dan dijadikan minuman yang sangat nikmat dan juga menyegarkan  yakni es tebu.

Es tebu sendiri memiliki kelebihan dimana minuman ini tebuat dari bahan alami dan tidak menggunakan pemanis buatan seingga sangat aman untuk di konsumsi siapa saja.

Kenapa usaha es tebu layak di kerjakan

Ada bebrapa kelebihan yang patut untuk menjadi bahan pertimbangan kenapa usaha es tebu ini layak untuk dikerjakan diantaranya :

  1. Bahan baku tebu sangat mudah ditemui disekitar kita, kita bisa langsung datang membeli kepada para petani tebu.
  2. Modal yang di perlukan tidaklah terlalu besar dan bisa menyesuaikan dengan keadaan keuangan anda.
  3. Proses pengerjaan yang cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja.
  4. Masih sangat potensial untuk mendapatkan keuntungan.

Selain beberapa kelebihan yang telah kami sebutkan di atas es tebu juga termasuk jenis usaha yang bisa dilakukan dimana saja terutama  dipinggir jalan raya, dipasar, dilapangan, didekat sekolahan ataupun didaerah daerah ramai lainnya karena akan sangat potensial. Hal ini mengingat target konsumen dari minuman es tebu ini sangat luas dan bisa dari berbagai kalangan usia mulai dari anak anak, remaja, bahkan orang tua.

Apakah usaha es tebu menghasilkan?

Pertanyaan semacam ini selalu saja ditanyakan oleh mereka yang hendak membuka usaha es tebu.
Untuk menjawabnya mungkin alangkah lebih baiknya jika kita berkaca dan melihat usaha dari pengalaman bapak iwan seorang mantan karyawan PT indonesia Elektrik yang memutuskan untuk berhenti dan memulai usaha es tebu, usaha es tebu beliau diberi nama es tebu murni usaha ini sudah digeluti beliau sejak tahun 2012. beliau mengaku dulu hanya menjual es tebunya dengan harga berkisar antara 3000 samapai 5000 rupiah pergelasnya.
saat ini beliau sudah mampu mendapatkan menghasilan perharinya diatas 300.000 rupiah dengan omset perbulannya mencapai 9.000.000 rupiah. Waw sangat lumayan kan, bahkan lebih besar dari gaji pns sekalipun

Gambaran penghasilan dari berjualan es tebu

Mungkin anda masih mengawang awang berapa sih detail penghasilan dan hitung hitungan dari keuntungan penjualan es tebu ini?
Mudah saja kita mulai menghitung modalnya dari awal :
harga  tebu 2 kilo adalah 10 ribu rupiah, bisa diolah menajadi  5 porsi es tebu, dengan harga  jual kembali berkisar antara 5 sampai 10 ribu rupiah perporsinya, jadi bisa di tarik kesimpulan jika modal perporsinya adalah 2 ribu rupiah saja.
keuntungan besihnya dalam satu porsi penjualan misalnya dengan harga standar 10 ribu anda sudah mengantongi keuntungan mencapai 8000 rupiah perporsi.
Jadi misal anda seharian berjualan dapat menjual sampai 30 porsi saja, itu berarti penghasilan anda dalam sehari yaitu = 8000 x 30 porsi = 240.000 ribu.
Dikurangi modal  = 2.000 x 30 = 60.000..
240.000 – 60.000 = 180 ribu perhari.
Kali 30 hari, berarti omset penjualan anda dalam sebulan mencapai 5.400.000. bisa lebih besar jika anda bisa menjual lebih dari 30 porsi perhari dengan harga jual 10 ribu rupiah.
Catatan :
perlu di perhatikan jika angka anga di atas tidak sepenuhnya sesuai, tentu semua dikembalikan lagi dengan harga bahan baku yang berlaku di daerah anda, dan juga berapa pasaran harga jual es tebu didaerah tempat anda berdagang, karena anda harus menyesuaikan atau minimal menyamakan harga jual dengan pedagang lainnya.

Bagaimana Memulai Usaha Jualan Es Tebu.

Modal dan peralatan yang mungkin di perlukan untuk usaha es tebu

Peralatan: Harga:
gerobak 2.000.000
mesin penggiling tebu 2.500.000
meja kursi 200.000
pisau 50.000
gelas, sendok, plastik, sedotan, dll 150.000
lain lain sesuaikan dengan keperluan

Bagaimana proses pembuatan es tebu

  • Siapkan tebu dan otong potong dengan panajng 1 meteran.
  • Kupas dan bersihkan kulitnya
  • Giling dengan mesin pemeras (biasanya dilakukan berkali kali sampai air tebu benar benar kering)
  • Setelah itu airnya disaring.
  • Tambahkan es batu dan air es tenbu sidah siap di nikmati, atau di bungkus dengan plastik.
  • anda juga bisa menambahkan sirup jika mau (opsional).

mungkin cuma itu yang bisa berwirausaha bagikan kali ini tentang peluang bisnis kulier es tebu pinggir jalan yang menjanjikan untuk dikerjakan, semoga bermanfaat dan sukses selalu dengan usaha anda.
sampai jumpa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.