11 Januari 2017

Cara Memotifasi Dan Meningkatkan Kinerja Pegawai

Setiap pekerjaan baik itu yang berskala kecil, sedang, terlebih lagi yang berskala besar pasti membutuhkan yang namanya karyawan, pegawai ataupun pekerja.
Apapun bentuk dan jenis pekerjaannya mau itu kantoran, rumahan, toko, dan segala macam usaha lainnya maka pekerja merupakan media penopang utama yang juga ikut menentukan keberhasilan sebuah usaha tersebut. Yang pasti setiap kesuksesan besar yang diraih  perusahaan tidak lepas dari peran pegawai dan orang orang yang telah bekerja keras dibaliknya termasuk karyawan.

Sayangnya dalam beberapa kasus kadang kita merasa beberapa karyawan kita sepertinya kurang “termotivasi” dalam mengerjakan tugas tugasnya, sehingga kurang memberikan hasil seperti yang kita harapkan. Bertahun tahun menjadi pegawai menjadikan saya sedikit banyak mengetahui alasan kenapa kita sebagai pegawai kadang merasa

Ah buat apa saya kerja susah susah, toh yang kaya bos ini bukan saya!!

Dan ternyata hal ini juga bukan Cuma saya yang mengalami banyak kawan kawan lainnya yang juga merasakan perasaan yang sama.
Hal seperti ini umumnya terjadi karena kurangnya respect (rasa hormat) karyawan terhadap orang ataupun pemilik perusahaan tempatnya bekerja karena merasa kurang suka dengan pemilik usaha tersebut.

Nah berikut ini tips yang bisa anda gunakan sebagai referensi untuk memotivasi karyawan anda agar selalu semangat dalam pekerjaan.

10 Cara meningkatkan kinerja karyawan :

tips meningkatkan kinerja pegawai dan jaryawan

1. Memberikan Contoh baik dan jadilah teladan

Hal pertama yang paling penting adalah memberikan contoh yang baik kepada karyawan agar bisa dijadikan teladan.
Pekerja itu biasanya akan cenderung bekerja dengan memperhatikan cara bos atau atasannya bekerja, jika dirasa bos nya itu pemalas, dikit dikit menyuruh, dan sayang dengan tenaga. Maka bisa dipastikan pekerja juga akan “ogah ogahan” melaksanakan apa yang telah diperintahkan oleh atasannya.
Justru sebaliknya jika bos nya saja rajin, sering turun tangan langsung dan tidak segan untuk membantu dan mengerjakan pekerjaan karyawan justru nantinya karyawan akan merasa sungkan karena merasa tidak enak jika bermalas malasan.
Apalagi jika anda berada di sekitarnya, mereka akan berusaha sebaik mungkin agar dilihat baik juga dimata anda.

2. Tunjukkan bahwa anda dan mereka selaku pekerja saling membutuhkan

Pekerja itu senang jika merasa dihargai dan memang sudah selayaknya kita sebagai atasan menghargai mereka, karena tanpa mereka kitapun tidak mungkin bisa menjalankan bisnis kita sendiri dengan baik.
Sekecil dan sesepele apapun pangkat dan kontribusi pekerjaan mereka kita tetap harus menghargainya.
Jangan mentang mentang kita bos kita semenang menang dengan bawahan, terutama dengan bawahan yang kita anggap tidak terlalu di perlukan.
Misalnya saja seperti cleaning service, bayangkan jika kantor tanpa mereka? pasti kita akan kesulitan karena harus membersihkan tempat kerja sendiri.

3. Buat Pegawai Anda sungkan

Membuat orang lain sungkan terhadap kita bukan berarti membuat mereka takut apalagi sampai tidak menyukai kita. sungkan itu lebih kepada rasa kagum dan hormat yang di tujukan seseorang terhadap kita.
Normalnya setiap pekerja itu pasti memiliki rasa segan (sungkan) terhadap atasan, tapi seiring berjalannya waktu sang mereka juga akan menyesuaikan diri terhadap orang tempat mereka bekerja. Seberapa anda disegani karyawan sebenarnya tergantung bagaimana anda bersikap sehari harinya jai usahakan buatlah kesan yang positif selalu dimata karyawan.
Cerdaslah dalam menempatkan diri dan bergaul dengan karyawan, saatnya bekerja ya serius bekerja saatnya bercanda yang bercanda, dengan begitu anda tetap bisa di sukai dan dihormati karyawan.

Baca juga >>  Etika Berbicara Dengan Orang Lain Terutama Pimpinan

4. Tunjukkan kepercayaan anda kepada pegawai

Orang itu sangat senang jika merasa dipercayai untuk itu jangan ragu untuk memberikan kepercayaan kepada karyawan anda, dan yakinlah bahwa karyawan anda mampu memberikan yang terbaik.
Tapi meskipun anda percaya harus selalu di kontrol juga apakah karyawan tersebut menyelesaikan tugasnya dengan baik atau justru sebaliknya.
Jangan ragu untuk menegur dan memberi nasihat jika dirasa ada yang kurang baik.

5. Jangan terlalu perhitungan dengan karyawan

Bos yang pelit dan perhitungan adalah bos yang sangat di benci oleh semua karyawan. Jadi jangan pernah menjadi bos yang pelit, perhitungan boleh tapi jangan sampai keliatan pelit.
Ciri ciri bos pelit ini adalah :

  1. Karyawan sering ganti karena sering tidak tahan.
  2. Terlalu perhitungan terutama jika sudah menyangkut uang, meskipun jumlahnya tidak seberapa.
  3. Sering dijadikan bahan omongan karyawan.

tidak akan membuat rugi kok jika sesekali mentraktir karyawan, membelikan gorengan, atau minuman pas istirahat. Karena keuntungan yang anda dapatkan juga kan datangnya sebenarnya dari karyawan.

6. Jadikan pegawai anda teman saat diluar pekerjaan

tidak ada salahnya berteman baik dengan karyawan sendiri, toh setiap hari kita bakalan ketemu. Selain itu akrab dengan karyawan akan memberikan anda keuntungan diantaranya seperti lebih mengenai sifat dan sikap karyawan kita, menghilangkan jarang dan rasa canggung saat berkomunikasi, dan masih banyak hal positif lainnya yang bisa diperoleh jika kita berteman dengan karyawan.

7. Sesekali berikanlah bonus dan gaji tambahan

Siapa sih yang tidak senang diberikan bonus?
tidak harus setiap hari minimal setiap hari besar seperti lebaran, dan hari raya berilah bonus kepada karyawan  supaya mereka senang.
Jika mereka senang dan merasa jika usaha atau bisnisnya anda bagus mereka dapat bonus mereka akan termotivasi untuk berusaha semaksimal mungkin biar usaha anda bagus dan mereka dapat bonus lagi. Kan kalau begini bisa di bilang sama sama menguntungkan, pegawai anda tambah rajin usaha anda tambah berkembang.

8. Biarkan pegawai anda libur sesekali

Yang namanya pekerja itu sering yang namanya stuck alias “mentok” dengan perasaan jenuh, bosan merasa sangat lelah dengan pekerjaan dan kegiatan yang harus rutin dilakukan setiap hari.
Sebagai pekerja yang sudah bosan pasti sering beberapa kali berfikir rasanya kayak ingin berhenti saja dari pekerjaan ini.
Untuk itu sesekali berilah kesempatan pekerja untuk libur dan refreshing. tidak harus terlalu sering, minimal setahun ada waktu liburan nya. Pekerja juga pasti ingin libur dan menghabiskan waktu berkumpul dengan anak anak dan istrinya.

9. Tunjukkan Perhatian sebagai Atasan

Sebagai atasan sudah sewajarnya anda memperhatikan karyawan anda, terutama dalam hal pekerjaan. Contohnya Seperti yang sudah saya singgung diatas, jangan sungkan untuk turun tangan untuk membantu pekerjaan karyawan anda.
Perhatian sepele kadang sangat berari bagi seseorang dan tidak jarang bisa membawa dampak yang besar.

10. Tetap Menghargai Karyawan

Ini yang paling penting menurut saya, yaitu tetap menghargai karyawan.
tidak perduli mau setinggi apapun jabatan kita, kita tetap harus yang namanya menghargai karyawan. Walaupun karyawan itu bawahan kita mereka tetap manusia yang sama dengan kita. Mereka memiliki

Mungkin Cuma itu yang bisa berwirausaha bagikan pada kesempatan kali ini tentang Cara efektif untuk Memotivasi Dan Meningkatkan Kinerja Pegawai.
Semoga bermanfaat dan sampai jumpa

SHARE:
tips 0 Replies to “Cara Memotifasi Dan Meningkatkan Kinerja Pegawai”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.