Cara Beradaptasi dan Menyesuaikan diri Dengan Tempat Kerja Baru

Apakah kita merasa berdebar saat akan memasuki tempat kerja baru kita?
Yaitu wajar, Saya rasa setiap pekerja baru juga pasti merasakan hal yang sama.
Apalagi untuk orang yang pertama kalinya bekerja pasti kita akan merasakan perasaan cemas dan khawatir karena harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat kita bekerja.

Kenapa Sih Kita Perlu Beradaptasi Dengan Lingkungan Kerja?

Sebenarnya proses adaptasi dilakukan untuk menyesuaikan diri kita sendiri dengan lingkungan tempat kita bekerja, setelah bisa beradaptasi kita akan terbiasa dengan lingkungan tempat bekerja, merasa nyaman dengan pekerjaan baru, dan tentu akan membuat kita mampu bekerja secara maksimal dan pekerjaan tersebut bisa bertahan lama.
Jika tidak bisa beradaptasi tentu nantinya kita akan merasa canggung serta tidak nyaman dengan pekerjaan kita, dan ujung ujungnya kita tidak akan merasa betah dengan pekerjaan yang dijalani.

Nah untuk itu saya sudah membuatkan beberapa tips yang bisa kita terapkan untuk membantu memudahkan kita beradaptasi dengan tempat kerja baru kita.

Cara Mudah Beradaptasi di Tempat Kerja

menyesuaikan diri dengan pekerjaan

1. Jalani proses perkenalan dengan baik

Sebagai karyawan baru biasanya minggu pertama kita akan mengalami masa masa pengenalan dengan lingkungan kerja. Disini biasanya kita akan diarahkan terkait apa saja pekerjaan kita, diberitahu tempat tempat peralatan yang mungkin kita perlukan untuk menyelesaikan pekerjaan, diperkenalkan dengan orang orang yang bekerja dengan kita, dikenalkan dengan budaya kerja yang ada dan masih banyak informasi penting lainnya yang harus kita ingat dan perhatikan.
Selama proses perkenalan ini kita harus lebih memfokuskan diri untuk memperhatikan dan mengambil informasi sebanyak banyaknya.
Jangan ragu bertanya apabila ada yang kurang dipahami sehingga di saat Kita mulai bekerja, tidak ada lagi hal yang tidak dimengerti.

2. Bersikap Biasa Aja, Jangan Berlebihan

Tips selanjutnya adalah Kita harus memperhatikan bagaimana cara teman teman kita bekerja lalu menyesuaikan diri.
Selama kita bekerja sebagai karyawan baru terutama pada bulan bulan pertama, sangat penting lebih mengamati daripada menunjukkan antusiasme yang berlebih. Walaupun antusias sebenarnya normal, karena dengan memasuki lingkungan baru kita merasa bersemangat.
Antusias sih sebenarnya boleh saja, tapi jangan sampai berlebihan.
Jangan sampai karena antusiasme berlebihan itu, nantinya kita malah dinilai lebay oleh teman teman lainnya.
Antusiasme berlebihan juga bisa membuat karyawan lain kurang menyukai kita karena kita hanya dianggap sedang mencari perhatian terhadap atasan.

3. Bersikap Sopan Terhadap Semua Orang

bersikap sopan terhadap semua orang baru yang Kita temui, paling tidak jika berpapasan, jangan buang muka dan usahakan berikan senyuman. Siapa tahu orang yang tidak sengaja berpapasan tersebut ternyata memiliki jabatan lebih tinggi dari pada kita kan. Jangan terlalu merasa takut saat berpapasan dengan bos atau manajer Kita. Sapa lah dengan sopan seperti biasanya.
Intinya apapun jabatan dan posisi kita tetaplah menghormati orang orang yang telah lebih dahulu bekerja, karena mereka sudah lebih senior dibandingkan kita.

4. Cari Teman Dan Jalin Persahabatan Dengan Rekan Kerja Lain

Untuk dapat mengenal dan dikenal sesama rekan kerja, Kita jangan hanya duduk diam dan menunggu ditanya oleh orang lain. Kita justu harus lebih berinisiatif menghampiri dan memulai mengajak berkenalan.
Misalnya saat jam makan siang, jika tidak ada yang mengajak Kita, cobalah untuk bertanya pada karyawan yang lain apakah boleh bergabung dan ikut makan bersama mereka. 
Dari sana nantinya akan terjadi obrolan yang akan membuat anda lebih dikenal dan mengenal tentang kawan kawan anda bekerja.

5. Jangan Terlalu Banyak Bicara

Walaupun mungkin kita Sudah merasa kenal dengan karyawan lain, tapi kita harus tetap menjaga agar tidak terlalu banyak bicara apalagi bercanda, terutama ketika kita masih belum kenal benar dengan karakter teman teman baru kita.
Takutnya jika terlalu banyak bicara nanti malah membuat tersinggung perasaan orang lain.

6. Hindari Berbicara Negatif Tentang Tempat Kerja Baru

Bekerja di tempat baru akan ada saja hal yang membuat kita merasa kurang nyaman, sehingga mungkin membuat kita ingin membanding bandingkan dengan tempat kita bekerja sebelumnya.
Apa pun itu, tempat yang kurang nyaman, rekan kerja yang kurang membantu menyelesaikan pekerjaan, dan berbagai keluhan lainnya sebaiknya di simpan terlebih dahulu.
Daripada komplain tidak akan menghasilkan apa apa, malah jika sampai didengar atasan akan membuat penilaian atasan terhadap kita menjadi jelek, Lebih baik pikirkan hal hal positif yang ada di tempat kerja baru kita dan syukuri pekerjaan yang telah kita punya.

7. Buatlah Diri Kita Senyaman Mungkin Dengan Tempat Kerja

Yang selanjutnya adalah membuat diri kita sendiri nyaman.
Letakkan barang barang yang kita perlukan di dekat kita, atur letak meja, kursi, komputer dan perlengkapan kerja lainnya pada tempat yang senyaman mungkin untuk membuat kita juga nyaman mengerjakan pekerjaan kita.
Jika kita nyaman dengan pekerjaan kita juga akan merasa betah, dan bekerja menjadi menyenangkan.

8. Berdoa Agar Selalu Diberi Kemudahan

Tips yang terakhir dari saya yaitu adalah jangan lupa berdoa agar segala urusan dan pekerjaan diberikan kemudahan dan kelancaran oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Mungkin itu saja tips cara menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja baru yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat dan sukses dengan lingkungan kerja baru kita.

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.