Tips agar Tetap Sehat di Musim Penghujan

Indonesia dikenal dengan Negara yang memiliki dua jenis musim, yaitu musim kemarau dan musing penghujan. Kedua musim ini sama-sama memiliki dampak positif dan negatif. Dampak-dampak tersebut layaknya perlu kita perhatikan agar kita dapat memposisikannya dengan baik dan membuat dampak negatif tersebut menjadi seluruhnya positif bagi lingkungan sekitar kita.

Musim panas atau kemarau cenderung akan menyebabkan tubuh kita merasa gerah, dan cepat lelah dalam melakukan suatu aktivitas, sehingga seringkali kita bertanya-tanya kapan hujan akan turun dan menghilangkan semua rasa panas dan gerah tersebut. Sedangakan hal positif nya adalah kita akan bebas pergi kemanapun tanpa khawatir dengan basahnya air hujan dan beceknya jalan seperti yang terjadi pada saat musim penghujan.

Musim Penghujan adalah musim yang paling rentan bagi berbagai macam penyakit datang menyerang, seperti flu, batuk, dan demam yang disebabkan karena menurunnya daya imunitas tubuh. Tak jarang banyak nyamuk berkeliaran karena tingginya kadar air yang menimbulkan genangan dibanyak tempat dimana para nyamuk bisa bebas berkembang biak, dan mnyebabkan penyakit seperti malaria, filariasis, dan demam berdarah.  Khusus musim penghujan, ada lebih banyak hal yang perlu kita perhatikan agar kita dan keluarga tidak mendapat efek negative dari musim hujan, karena saat musin hujan, daerah sekitar rumah akan menjadi lebih lembab . Tingkat kelembaban yang cukup tinggi iniah yang mdah sekali menjadi tempat pertumbuhan dan perkembangan, kuman, bakteri penyebab berbagai macam penyakit.

Selain itu, datangnya musim hujan sering kali dianggap menghambat kegiatan sehari-hari masyarakat. Padahal hujan merupakan suatu anugerah dan rezeki yang ditumpahka tuhan dari langit sehingga semua kalangan baik tumbuhan, hewan dan manusia dapat merasakannya.

Hanya saja, mungkin manusia harus sedikit sabar dalam menantikannya usai. Mengingat orang Indonesia adalah orang yang ingin cepat dalam segala hal, maka, perlu adanya tindakan atau persiapan saat menghadapi musim penghujan agar anda tidak terjebak dan kesulitan saat hujan.

Nah , kali ini saya akan memberikan sedikit tips bagaimana cara agar dapat tetap sehat ditengah-tengah musim penghujan, serta persiapan apa saja yang perlu dilakukan.

Tips agar Tetap Sehat di Musim Penghujan

Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk menghadapi musim penghujan; diantaranya

Sedia Payung Sebelum Hujan

Musim penghujan seringkali membuat kita dilemma, menerka-nerka kapan akan datang namun nyatanya tidak, dan yang tak pernah disangka-sangga tiba tiba datang dengan gemuruh rintik hujan yang deras.(Asiyap, sudah seperti bersyair). Namun pada kenyataannya, hujan seringkali datang tiba-tiba meskipun sudah diprediksi. So, sedia payung sebelum hujan kemanapun anda pergi dan dimanapun anda berada akan sangat membantu sekali untuk menghindari dari basahnya air hujan. Jangan lupa untuk memasukkannya kedalam tas anda ya..

Selalu Sediakan Jas Hujan/ Mantel didalam Bagasi

Bagi para pengendara roda dua, hujan adalah sesuatu yang tentu saja tidak dapat terhindarkan ketika hujan datang. Namun, ada saat-saat dimana ada urusan yang lebih penting, hingga terpaksa harus menerjang derasnya hujan. Oleh karena itu, untuk menjaga tubuh agar tetap kuat menghadapi derasnya hujan, selalu sediakan jas hujan di bagasi motor anda. Semalas apapun, anda harus memakainya , karena itu yang akan melindungi anda dari air hujan secara langsung agar tidak basah dan kedinginan.

Rajin Berolahraga

Seringnya berolahraga sering kali membuat kita agak lelah, lari misalnya. Namun, olahraga sangat bermanfaat untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar setiap hari. Berolahraga dapat membantu tubuh dalam mempertahankan daya imunitas sehingga tidak rentan terhadap penyakit, virus dan juga bakteri. Oleh karena itu, ada baiknya anda selalu melakukan olahraga secara teratur setiap hari. Sehingga, tubuh kita menjadi lebih kuat dan sehat.

Banyak Mengkonsumsi Air Putih

Air putih adalah cairan yang paling dibutuhkan oleh tubuh, karena 80 % tubuh manusia terdiri dari bentuk-bentuk cairan. Hal ini seringkali diabaikan oleh beberapa orang. Padahal, jika kita menyaarinya, air sangatlah memiliki banyak manfaat. Banyak mengkonsumsi air putih dipercaya dapat menetralkan racun dan melarutkan zat-zat dalam tubuh serta membantu proses pencernaan. Banyak mengkonsumsi air putih hangat membuat suhu tubuh menjadi lebih stabil, karena air hangat mampu membakar kalori sedikit demi sedikit, dan tentunya akan membuat tubuh anda memiliki suhu yang stabil dan sehat.

Mengkonsumsi vitamin

Selain hal-hal diatas buah dan vitamin akan berguna dalam membuat tubuh anda tetap terjaga dan sehat. Vitamin bisa didapat dari berbagai macam buah atau juga kapsul vitamin dari puskesmas terdekat. Usahakan untuk terus membawanya kemanapun anda berada agar anda memiliki asupan cukup vitamin jika anda benar-benar membutuhkannya.

Siapkan pakaian hangat

Hujan biasanya identic dengan cuacana yang dingin dan kadang berubah-ubah setiap waktu. Maka dari itu, penting bagi anda untuk selalu mempersiapkan pakaian hangat , seperti jaket, sweater atau yang lainnya untuk berjaga-jaga agar anda tidak kedinginan saat cuaca berganti tiba-tiba, dari cerah menjadi hujan yang tidak kunjung berhenti yang akhirnya menyebabkan kedinginan.  Kedinginan yang berlebihan akan membuat anda rentan terkena flu dan batuk, jadi jika anda merasa bahwa tubuh anda tidak cukup kuat dengan perubahan cuaca, maka ada baiknya anda selalu membawa pakaian hangat anda ketika ingin bepergian atau melakukan kegiatan diluar rumah.

Mengkonsumsi buah (Terutama buah pir)

Mengkonsumsi buah dapat membantu anda mempertahankan tubuh anda dari keletihan atapun sakit yang mudah menyerang. Buah yang dikonsumsi sebaiknya buah-buahan yang mengandung banyak air seperti buah pir, wortel, jeruk, dan lain sebagainya. Hal ini akan membuat tubuh anda memiliki cukup asupan vitamin yang dapat meningkatkan imunitas anda sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit. Buah yang biasa dikonsumsi pada musim hujan adalah buah pir, karena selain menganduk banyak air dan vitamin, pir juga mengandung fosfor dan zat lain yang dapat membantu tubuh anda menjadi lebih sehat dan terjaga dari berbagai macam penyakit.

Rutin menguras bak mandi saat berada dirumah

Musim penghujan yang identic dengan kelembaban yang tinggi membuat nyamuk sangat senang dan mudah untuk berkembang biak. Khususnya pada genangan air dan bahkan bak mandi. Untuk itu, saat musm penghuja seperti ini, kita harus sering menguras bak mandi agar tidak ada jentik-jentik nyamuk yang bertumbuh dewasa dan menjadi nyamuk penyebab peyakit. Selin itu tutup bak mandi agar nyamuk tidak lagi hinggap untuk berkembang biak diair.

Itulah tips-tips yang dapat dibreikan dari artikel ini. Semoga bermanfaat bagi anda yang memiliki banyak kegiatan dan kesibukan diluar rumah. Semoga anda dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang berkemungkinan datang diselah—selah  perubahan cuaca atau pada musim penghujan. Salam sehat !

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.