Apakah Cabut Gigi Sakit? Berikut Pengalaman Saya

Apakah anda mengalami sakit gigi? dan ingin mencabut gigi tapi masih takut? apakah anda penasaran bagaimana rasanya cabut gigi apakah sakit? nah semua pengalaman mengenai cabut gigi itu akan saya tuliskan pada artikel berikut ini, selamat membaca.

Apa itu Sakit Gigi?

Sakit gigi merupakan perasaan ngilu dan sakit luar biasa yang biasanya terjadi jika gigi berlubang. Sakit gigi juga biasanya di sertai dengan bengkak dan berair di bagian gigi yang sakit.

Penyebab sakit GIgi

Sering kali rasa sakit, Nyeri atau peradangan di dalam atau di sekitar gigi disebabkan karena infeksi gigi yang berlubang.

Kapan Gigi Terasa Sakit?

Umumnya gejala ini sakit pada gigi berlubang terjadi saat gigi yang berlubang tersentuh dengan benda. Contohnya saat menggigit sesuatu yang keras, sesuatu mengganjal di antara gigi, atau pada saat membersihkan gigi.

Apakah Sakit GIgi Bisa Disembuhkan?

Sakit gigi bisa benar benar disembuhkan dengan cara perawatan medis, baik itu dengan cara penambalan atau dengan tindakan pencabutan (yang harus dilakukan oleh Dokter karena berbahaya).

pengalaman cabut gigi

Sakit gigi juga bisa diringankan dengan bantuan obat sakit gigi yang fungsinya hanya sebagai pereda rasa sakit tetapi obat ini tidak bisa di gunakan dalam jangka panjang, dan juga efeknya tidak langsung terasa.

Apakah Mencabut Gigi Berbahaya?

Berdasar tanya jawab saat saya mencabut gigi, tindakan cabut gigi sebenarnya tidak berbahaya Jika dilakukan oleh dokter gigi yang kompeten. (ingat ya dokter gigi bukan dicabut sendiri)

Menurut mitos sih kalau dicabut sendiri bisa berbahaya karena tindakan mencabut gigi sembarangan bisa membuat syarat pada gigi terputus. tapi saya belum bisa memastikan informasi ini.

Apakah Cabut Gigi Sakit?

Saya sendiri awalnya tidak berani cabut gigi karena takut kalau sakit, akhirnya gigi saya biarkan sampai bertahun tahun, kalau sedang kambuh sampai bengkak. baru beberapa bulan lalu saya beranikan diri kedokter gigi untuk mencabut gigi karena tidak tahan dengan rasa sakitnya terutama saat kambuh.

Tapi setelah merasakan sendiri cabut gigi ternyata diluar perkiraan saya cabut gigi itu tidak sakit sama sekali, justru sakitan kalau sakit giginya kambuh. Hal ini membuat saya menyesal seandainya dari dulu saya cabut tentu tidak perlu merasakan sakit gigi bertahun tahun yang membuat nggak nyaman.

Bagaimana Sih prosedur Cabut Gigi

Kalau dulu saya cabut gigi di dokter spesialis gigi, prosesnya seperti ini:

  1. datang ke rumah sakit atau bisa juga ke puskesmas.
  2. kemudian diberi selebaran data atau di tanyai nama, alaman, usia, apakah pernah cabut gigi, dll.
  3. selanjutnya diberi selebaran persetujuan untuk tindakan pencabutan gigi.
  4. Setelah itu disuruh rebahan pada tempat tidur (bedah).
  5. dokter lalu menyuntikan semacam obat B*us yang bunyi cetek cetek mirip kayak pulpen, tapi tidak sakit seperti jarum suntik, rasanya cuma seperti gigitan semut. saat gigi tidak lagi terasa baru dilakukan tindakan pelepasan.
  6. Saat proses pelepasan berlangsung biasanya dokter ditemani dengan asisten yang tugasnya membersihkan darah di gusi.
  7. walanya proses cabut gigi biasanya cuma beberapa menit (tidak sampai setengah jam).
  8. diberi air untuk berkumur lalu bagian gigi yang dicabut diberi semacam kapas yang di beri obat dan suruh digigit pada bekas cabutan gigi sampai setengah jam sebelum dilepaskan gigitan.

Proses selesai, tidak semenyeramkan yang kita kira.

Bagaimana Cara Mencegah Sakit Gigi

Sebenarnya cara mencegah gigi berlubang sangat mudah, diantaranya:

  • Rutin membersihkan gigi minimal 3 kali sehari, pagi siang dan malam sebelum tidur.
  • kurangi kebiasanyaan makan makanan kurang sehat, bersuhu extrim dan terlalu keras.
  • kontrol ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi dan perawatan gigi lainnya.

Nah mungkin itu saja artikel kali ini, kalau ada salah saya terbuka untuk koreksi mudah mudahan bisa menghilangkan kekawatiran teman teman akan cabut gigi.

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.