Ide Usaha Pisang Crispy Isi Coklat Toping Keju

Pisang adalah buah yang sedang berada di top level saat ini atau dapat dikatakan sedang naik daun. Pasalnya, hampir semua olahan makanan ringan berbahan dasar pisang; mulai dari pisang crispy, pisang coklat, nugget psang, bolu pisang, sale, sampai kripik pisang aneka rasa.

membuat pisang krispy

Mengapa pisang menjadi pilihan? Jawabannya adalah karena pisang mudah didapatkan, dan proses pembuatan makanan-makanan tersebut dapat dikatakan cukup mudah. Pisang juga sangat disukai oleh masyarakat,dan  hampir semua kalangan bisa mengkonsumsi berbagai jenis pisang, mulai dari balita hingga dewasa;  tanpa khawatir akan adanya efek yang timbul.

Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat Pisang Crispy isi Coklat toping Keju dan coklat. Namn sebelum berbicara jauh tengtang cara pembuatan pisang Crispy ini. Ada baiknya kita mengenal buah yang sangat terkenal ini.

Asal Mula Buah Pisang

Pisang atau buah pisang yang dalam bahasa inggris disebut dengan banana telah ditemukan sekitar 5000 tahun SM (Sebelum Masehi). Berdasarkan sejarah, buah pisang pertama kali berasal dari kawasan Asia Tenggara, hal ini disebabkan karena buah ini sangat cocok untuk tumbuh diiklim tropis.

Buah ini kemudian disebarkan keberbagai Negara oleh para pedagang Arab dan China, dan kini pisang hampir menyebar keseluruh dunia. Contoh Negara yang palig terkenal akan buah pisangnya yaitu : Brasilia, Panama, Philipina, Hawai, Honduras, dan Indonesia tentunya. Sedangkan di Negara Indonesia sendiri; buah pisang memiliki berbagai jenis yang antara lain; Pisang Ambon, Pisang raja, Pisang Mas, Pisang Lampung, Pisang Batu, Pisang Tanduk, dan masih banyak lagi yang lainnya di Indonesia.

Pisang, selain enak, pisang juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, antara lain :

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh; karena kandungan vitamin A C dan B6 yang ada dalam buah pisang yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
  2. Mencegah gangguan pencernaan; Khasiat antasida yang ada dalam buah pisang mampu membantu penderita asam lambung, melancarkan buang air besar, dan kandungan B6 nya mampu meredakan diare.
  3. Mengatasi kekurangan darah atau anemia; Pisang juga dipercaya mampu mengatasi anemia karena kandungan zat besi yang ada didalamnya.
  4. Mencegah Penyakit Jantung; Kandungan vitamin C dan Flavanoid yang ada dalam buah pisang yang bersifat antioksidan juga mampu mencegah oksidasi lemak yang menyebabkan penyakit jantung. Kaliumnya merupakan tonik bagi jantung, serta serat pektinnya ikut membantu menurunkan kolesterol.
  5. Mengatasi hipertensi; Kandungan Kalium (potassium) yang ada dalam buah pisang dipercaya dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit, sehingga dapat mengendalikan tekanan darah. Sedangkan, kandungan seratnya mampu mengikat lemak yang dapat mencegah terbentuknya plak yang dapat berdampak pada naiknya tekanan darah.

Waah.. keren sekali ya….., ternyata buah pisang yang kita kenal selama ini mengandung banyak manfaat bagi tubuh kita.

Nah setelah mengetahui asal mula dan manfaat buah pisang, saatnya mengetahui cara membuat salah satu makanan olahan pisang yang tidak kalah menarik dan tentunya akan memanjakan lidah anda.

Cara Pembuatan Pisang Krispi

Cara membuatnya cukup mudah. Anda hanya perlu mempersiapkan bahan-bahan berikut ini :

Bahan dan alat :

  • 5 buah pisang mentah
  • ¼ Tepung tapioka
  • 1 bungkus Tepung bumbu / sajiku
  • ¼ Tepung roti
  • Coklat batang secukupnya
  • Keju secukupnya
  • Pisau

Cara Membuat :

  1. Kupas pisang hingga bersih, kemudian belah menjadi 2 bagian;
  2. Belah kembali pisang yang telah dibelah tadi di bagian tengahnya ;
  3. Iris coklat tipis-tipis, kemudian sisipkan diantara belahan pisang;
  4. Larutkan tepung tapioka hingga tidak terlalu kental tidak pula encer;
  5. Celupkan pisang yag telah disisipi coklat tadi kedalam cairan tepung; Angkat dan tiriskan sebentar,
  6. Siapkan tepung roti diwadah yang berbeda;
  7. Kemudian masukkan pisang tersebut kedalam tepung roti diwadah yang telah disiapkan, baluri hingga seluruh bagian pisang tertutup oleh tepung roti.
  8.  Panaskan minyak goreng, lalu goreng pisang sampai berwarna kuning keemasan
  9. Angkat, lalu tiriskan hingga minyaknya tidak ada lagi;
  10. Siapkan mika, lalu susun rapi pisang kedalam mika;
  11. Taburi pisang crispy dengan serutan keju, bisa juga dengan coklat jika ingin menggunakan toping coklat.
  12. Tutup mika, lalu beri staples pada setiap ujungnya;
  13. Beri label pada mika;
  14. Pisang Crispy toping Keju dan Coklat siap untuk dipasarkan J

Bagaimana? Mudahkan cara membuat Pisang Crispy Isi Coklat Toping Keju ini? Selain mudah cara membuatnya, bahan-bahannya pun sangat mudah untuk didapatkan. Cocok sekali untuk dijadikan usaha, baik rumahan maupun dijual dipasaran, khususnya di stan – stan atau café pinggir jalan yang sering didatangi oleh  para pegunjung yang kebanyakan dari kalangan anak muda.

Selain dijadikan sebagai ide usaha , anda juga bisa memanfaatkan Pisang Crispy isi Coklat toping keju ini sebagai teman berkumpul keluarga dirumah, khususnya untuk putra putri anda terlebih jika anda khawatir jika mereka hanya jajan diluar rumah yang belum tentu menyehatkan. Mengingat pisang ini mengandung banyak manfaat didalamnya, maka anda tidak perlu khawatir jika keluarga anda mengkonsumsi pisang crispy ini khususnya mengkonsumsi buah pisang yang masih alami.

So, tunggu apalagi? Anda bisa mulai mencoba membuatnya dirumah yaa, baik untuk sekedar teman berkumpul dirumah, maupun dijadikan sebagai peluang usaha, yang pastinya akan lebih menambah pemasukan dan keuntungan bagi anda dan keluarga dirumah. Salam pengusaha dan selamat mencoba !!!!!­­­­­­­

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.