6 Hal Penting untuk Menjadi Pengusaha yang Sukses

Pengusaha. Pengusaha adalah seseorang yang menjalankan sebuah usaha atau bisnis dengan tujuan mendapatkan keuntungan, keberhasilan, dan kepusasn dalam berbisnis. Pengusaha berani mengambil dan menghadapi setiap resiko yang akan ditemui di masa yang akan datang dalam perjalanan bisnisnya. lalu, apa saja yag perlu diperhatikan untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses?

Tidaklah bisa menjamin seseorang dengan uang yang bayak, mereka akan menjadi pengusaha yang tngguh. Ketangguhan oleh pengalamannya dilapangan dan kemauannya untuk terus belajar menyempurnakan bisnisnya. Uang memang perlu dan penting, tetapi uang bukanlah segalanya, sekalipun segala sesuatu memerlukan uang.

Maka, untuk membuat bisnis anda menjadi tagguh, sehat dan menguntungkan maka sedikitnya ada 6 hal yang sangat penting untuk dijadikan patokan dasar bagi usaha anda:

Mengubah Pola Fikir

Pertama, change your minsdset. Ubahlah paradigma berfikir anda menjadi paradigma seorang pengusaha. Hal-hal seperti perasaan tidak mampu, tidak berbakat, tidak ada keturunan, comfort zone, takut dan tidak percaya diri, semuanya harus dibongkar dan dibuang jauh – jauh dari mindset kita. Buanglah bloking mental anda atau segala yang menghalangi anda menuju kemajuan. Ikuti cara berfikir dan cara bertindak sebagai seorang pengusaha sukses yang harus ulet, tekun, disiplin, pantang menyerah, para melihat peluang, dan berani mengambil apapun resiko yang akan dihadapinya, serta ma uterus belajar dengan mereka yang sukses dan berpengalaman.

Perubahan  mindset ini sangatlah penting, karena hal ini akan sangat mempengaruhi daya tahan anda saat menghadapi anda mengalami kesulitan dalam bisnis yang anda jalani. Seperti  pada umumny kita  tahu, bahwa setiap bisnis pasi akan mengalami banyak masalah didalamnya. Ada masalah yang sangat sulit dihadapi dalam bisnis, namun sebaiknya ada juga yang mudah dan menyenangkan.

Disaat bisnis anda sedang mengalami banyak kesulitan, maka terkadang akan muncul pikiran-pikiran aneh atau keinginan yang terkadang menyesatkan jalan anda  sehingga mengganggu focus dan konsentrasi anda dalam berbisnis. Ehingga bisnis anda menjadi terganggu. Banyaknya rayuan dan godaan yang bekerja lebih mudah dan cepat mendapatkan penghasilan contohnya untuk kembali menjadi seorang karyawan, dan mendapatkan penghasilan yang lebih mudah dan cepat meraih kesuksesan, keinginan untuk dapat sukses lebih cepat inilah yang terkadang bertentangan dengan kaidah- kaidah entrepreneurship sebagaimana mestinya. Semua hal itu adalah bagian dari sebuah perjalanan panjang dari sebuah step menuju pengusaha yang sukses, dan semua pengusaha pasti akan merasakan hal yang sama. Masalahnya adalah, kuatkah kita menjadi pengusaha yang tahan banting? Disinilah peran perubahan mindset anda, karena cara  berfikir anda akan sangat berpengaruh terhadab kekuatan da perkembangan usaha anda.

Memiliki Moral Baik

Kedua, memiliki moralitas yang baik. Dalam berbisnis hal yang perlu kita jaga adaah trust atau kepercayaan untuk mengoperasioalkan bisnis kita. Kepercayaan harus senantiasa menjadi sikap atu pilihan hidup seorang pengusaha. Pengusaha yang tidak bisa menjaga kepercyaan atau janji- janjinya akan kehilangan relasi dan kepercayaan dari banyak orang akan pudar. Ketika tanggung jawab tidak ada maka moralitas pebisnis akan hilang atau jatuh dimata para pelanggannya. Kejujuran, akan menghalalkan segala cara untuk meraih kesuksesan , ketepatan pelayanan, ketepatan pelayanan, keteptan terhadap janji, kemampuan menjaga amanah orang lain adalah sederetan contoh masalah- masalah moralitas para pebisnis. Hal-hal seperti itu sangatlah penting dalam berbisnis . oleh karena itu seorang pengusaha harus menjaganya dengan sebaik-baiknya. Hal ini harus menjadi prinsip setiap langkah dan gerak usahanya.

Menguasai Kemampuan Menjual

Ketiga, Kemampuan menjual. Sebagai pengusaha, hal yang pertama yang harus dimiliki adalah kemampuan anda dalam memasarkan produk anda. Artinya, seorang yang terlibat dibisnis itu sesuai dengan kapasitas dan kapabelitas masing- masing yang harus berorientasi pada pencapaian target- target penjualan yang optimum. Penjualan yang optimum dipercaya akan sangat menentukan kelangsungsn suatu usaha, baik itu bisnis besar maupun kecil. Bisnis yang tidak berorientasi pada pendapatan maka niscaya kelangsungan profitnya akan menurun dan pada gilirannya akan mengancam kebangkrutan bisnis itu sendiri.

Tanpa harus memiliki produk asalkan anda pintar menjual, amka profit atau keuntungan bisa anda raih. Namun sebaliknya, ababila anda memiliki produk sebagus apapun namun anda tidak bisa menjualnya maka keuntungnnya “nol” yang akan anda dapatkan. Sebagai contoh, banyak ibu- ibu yang setiap hari memasak dengan menggunakan resep- yang enak,namun hanya berakhir dimeja makan tanpa dapat menghasilkan uang.  Namun disisi lain kita juga menyaksian bahwa banyak orang yang memperoleh uang karena kemampuannya menjual di pinggir jalan, walaupun anda semua tau bahwa makanannya tidak seenak yang anda miliki. Jadi, siapa saja yang mampu menjual dengan baik akan memiliki kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari bisnisnya dan juga harapan besar bahwa bisnisnya akan berkembang dan menjadi korporasi besar karena kemampuan berjualannya yang senantiasa terus diasah.disisi lain banyak perusahaan yang bangkrut lantaran pengusahanya tidak mampu berjualan.

Kepemimpinan

Keempat, kemampuan leadership dalam pengelolaan. Bisnis yang sehat dan baik adalah bisnis yang memiliki kualitas sumber daya manusia yang bagus dam ,emiliki kemampuan yang baik dalam melaksanakan setiap tugas-tugasnya . disinilah pentingnya seorang yang mampu menjadi leader untuk menggerakkan setiap sumber daya manusia untuk melaksanakan setiap tugas yang diembannya. Maka disini yang dibutuhkan adalah bukan hanya sekedar leader, namun leader disini adalah leader yang mampu menggerakkan setiap anggota yang lain atau sumber daya manusia dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Tanpa seorang pemimpin yang kompeten dalam memimpin bisnis anda, maka bisnis anda akan kerdil atau tidak berkembang. Kemampun leadership yang bagus memungkinkan anda mampu menggerakkan sumber daya manusia yang anda miliki untuk bergerak dan memajukan usaha anda. Hubungan dengan sederet masyarakat, pemasok dan sederet komunikasi  harus dibangun dengan baik dengan berbagai pihak dan hal ini memerlukan penguasaan leadership yang baik.

Dari mana dan bagaimana agar kita dapat memiliki kemampuan leadership yang baik? Jawabnya adalah, kemampuan organisasi , karena dengan hal ini anda akan dapat melatih diri anda dalam mengorganisir banyak orang., maka dari itu aktivis organisasi akan sangat membantu sebagai sarana pembelajaran yang efektif dalam rangka mengasah kemampuan leadership dalam diri kita.

Kemampuan Membangun Sistem

Kelima, kemampuan membangun system dan menejemen sehat. Secara internal bisnis, anda juga harus membangun sistem bisnis yang baik, jangan sampai bisnis anda mengalami tumpang tindih antara fungsi dan pekerjaan masing- masing individu. Stantar operating sistem harus dibangun untuk memastikan bahwa semua orang atau pekerja berasa didalam bisnis itu mengetahui fungsi dan pekerjaannya masing- masing.

Pendelegasian yang baik dan job description yang tepat, koordinasi dan pengelolaan yang transparan akan membuat semua orang yang terlibat merasa nyaman untuk mengeluarkan seluruh potensi dan kekreatifannya. Karier dan motivasi masa depan memberikan harapan kepada para karyawan dan membuat mereka semangat untuk berprestasi.

Dukungan management pengelolaan bisnis yang baik sangat berpengaruh pada kinerja bisnis itu sendiri. Sehingga, dengan demikin memungkinkan semua orang yang terlibat dalam industry tersebut merasa  berkembang  seirama dengan idealisme stake holde- nya.

Kemampuan Memproduksi

Keenam, Kemampuan memproduksi. Kemampuan dalam memproduksi produk merupakan salah satu unsur yang diperlukan dalam membangun bisnis yang sehat. Dalam sistem industry modern saat ini, kreativitas memproduksi harus terus di up-date. Pemutakhiran kreativitas dan inovasi yang terus menerus memungkinkan bisnis anda senantiasa diminta pelanggannya.

So, yang ingin jadi pebisnis sukses, hal- hal diatas bisa anda coba untuk terapkan dalam rangka membuat bisnis anda menjadi lebih baik dan sukses. Konsep diatas merupakan konsep yang diambil dari  A.Khoerussalim, Ikhs. Dalam bukunya “ ACTION- For one family one entrepreneur” “Konsep yang sering saya sebut konsep ‘empat sehat lima sempurna’  diatas merupakan kemampuan dasar seorang pengusaha. Kreativitas adalah angkal utama  dalam persoalan diatas”.

Maka, jadilah pengusaha yang kreatif dalam menjalankan setiap usaha anda, jangan takut gagal, dan sadar dengan hal-hal penting yang harus anda perhatikan menuju menjadi pengusaha.

Selamat mencoba dan salam pengusaha !

References: Koerussalim.A.Ikhs.“ACTION! For One Family One Entrepreneur”.Jakarta:2013.

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.