Kiat Menaikan Harga Jual Produk

Harga adalah berapa orang mau membayar untuk produk yang anda tawarkan.

Saat berbisnis, tidak jarang anda akan mengalami berbagai permasalahan, dimana anda dituntut untuk menaikkan harga atau mengurangi jumlah produksi usaha anda. Kenaikan harga bahan baku seringkali menjadi masalah utama dalam berbisnis, khususnya para penjual makanan.

Daya jual produk kerap kali menurun karena sulitnya menembus angka antusias para pembeli yang menyebabkan usaha anda seringkali diambang kepunahan jika tidak memiliki ide dan kreatifitas untuk tetap mempertahankan bisnis yang anda jalani.

Hal yang sering menjadi pertimbangan adalah jika tetap menggunakan harga lama, maka kondisinya seperti yang anda rasakan yaitu pendapatan berkurang, mrgin keuntungan menipis dan habis, omzet menuru, sementara kenaikan harga bahan baku tidak dapat dihindari.

Hal demikian ternyata tidak hanya dirasakan oleh pengusaha menengah saja, namuan usaha menengah kebawak seperti pedagang mie ayam, restaurant, gorengan, bahkan bisnis skala besar pun akan mengalami guncangan yang hebat ketika menghadapi kenaikan bahan baku yag terus melambung tinggi yang mengakibatkan ongkos produksi menjadi ikut naik secara terus menerus.

Jadi, dapat dikatakan bahwa masalahnya terdapat pada keadaan makro nasional yang tidak dapat anda kendalikan sebagai seorang pedagang kecil.

Disaat- saat seperti ini, kepekaan pemerintah mungkin sangat dibutuhka untuk mengambil keputusan-keputusan penting yang pro rakyat yang nantinya dapat menentukan keberlangsungan kehidupan para pedagang, dengan tetap memperhitugkan pasar.

Kenaikan kurs rupiah terhadap dollar AS seringkali menjadi alasan dibalik melambungnya semua harga kebutuhan pokok dipasaran, yang pada akhirnya membuat anda tak berdaya. Belum lagi ditambah biaya transportasi yang begitu mahal karena kenaikan harga BBM sewaktu- waktu karena adanya penghapusan subsidi, maka hal itu menyebabkan masyarakat kalangan menengah kebawah menjadi semakin sulit dalam menjalankan bisnisnya.

Namun, dengan kondisi yang sedemikian yang telah digambarkan tersebut, apa langkah yang dapat anda ambil? Apa keputusan yang dapat anda buat untuk tetap mempertahankan usaha anda dengan keuntungan yag diinginkan? Karena sesungguhnya, sesulit apapun kondisinya, anda harus percaya bahwa akan selalu ada jalan untuk para pebisnis yang ingin maju, karena akan lebih sulit jika anda tak punya bisnis, benar begitu?

Nah dalam rangka mempertahankan bisnis anda agar tetap menguntungkan Menaikkan harga produk menjadi salah satu langkah yang memang terkadang perlu diambil. Namun, bagaimana strategi menaikkan harga? Menaiakan harga produk menjadi sah-sah saja jika memang diperlukan. Jangan takut dengan alas an-alasan rasional yang seringkali membuat anda ragu untuk mengambil keputusan penting, padahal sebenarnya dapat mengubah keadaan.

Tentu saja, menaikan harga harus dengan pertimbangan yang matang, yaitu dengan tetap memperhatikan keadaan ekonomis dan faktor- faktor psikologis para konsumen.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda lakukan saat akan menaikkan harga produk usaha anda.

  1. Sosialisasikan jauh-jauh hari kepada konsumen anda dengan alas an yang rasional. Sosialisasi sangatlah penting dalam rangka memberikan ruang untuk kosumen anda agar lebih siap menghadapi kenaikan harga produk anda dikemudian hari. Jangan lupa sertakan alasan yang rasional dan dapat diterima oleh konsumen anda, sehingga mereka akan tetap memutuskan membeli produk usaha anda. Misalnya, karena seluruh bahan baku naik, dan biaya operasional juga turut mengikuti. Sehingga menyebabkan harga produk anda terpaksa ikut naik, demi keseimbangan harga pasar. Harga tersebut harus benar-benar sesuai ditentukan, karena, bukan seberapa besar rupiah yang anda tentukan, namun seberapa mampu konsumen anda membayar produk yang anda tawarkan.
  2. Tentukan kapan anda akan menaikan harga produk anda. Keputusan dalam mengambil keputusan, termasuk menentukan harga adalah sepenuhnya keputusan anda. Anda yang tau tentang arus kenaikan harga bahan baku, sehingga andalah yang harus menentukan kapan anda harus menaikan harga produk anda. Tentunya anda harus benar-benar yakin bahwa konsumen anda sudah siap dengan kenaikan harga produk yang anda tawarkan.
  3. Tentukan besaran harga yang ingin anda naikkan. Dalam memutuskan besaran harga yang igin anda tetapkan, anda harus benar- benar menghitung seluruh dana yang akan anda habiskan untuk keperluan produksi, seperti biaya operasional, SDM, distribusi, entertainment, termasuk biaya tak terduga yang mungkin akan dibutuhkan dikemudian hari. Sehingga dengan seluruh perhitungan tersebut, diharapkan pendapatan yang anda dapat juga akan sesuai dengan perhitungan, tentuntya tidak press dan tidak mengalami kerugian.
  4. Cari tahu berapa pesaing anda menentukan harga produknya. Mencari tahu berapa pesaing menentukan harga produknya juga sangat penting, karena hal ini akan menentukan siapa yang akan berhasil menarik pelanggan. Pelanggan akan cenderung memilih harga yang jauh lebih murah dengan kualitas yang sama. Untuk itu, kenali pasar anda, dan sesuaikan dengan harga- harga pesaing anda, sehingga anda tidak akan kehilangan daya tarik pelanggan dengan harga produk yang anda tawarkan.
  5. Sertakan berapa keuntungan yang ingin ada dapat dalam bisnis yang anda jalankan. Dalam berbisnis terutama menaikkan harag, anda juga harus benar- benar menaruh target berapa banyak keuntugan yang ingin anda dapat disetiap produk yang anda jual. Karena orientasi berbisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan, karena itu, anda harus benar- benar tau berapa target keuntungnan yang anda inginkan. Keuntungan bisa didapat melalui kenaikan harga jual, efisiensi produk dan prosesnya, dan dari kelipatan- kelipatan keuntungan produk yang anda mainkan.

Dalam usaha meraih keuntungan, anda bisa saja melakukan proses-proses dari ide kreatif dalam produksi usaha anda, misalnya dengan membuat inovasi baru, memperkecil ukuran, mengubah wajah dan penampilan, berganti segmentai pasar , mengganti bahan dengan kualitas yang lebih rendah atau sedang dan lain sebagainya. Namun keputusan-keputusan tersebut tentunya hanya bersifat sementara, dan belum menyelesaikan masalah jangka panjang. Jadi anda harus terus memutar otak anda agar dapat terus meraik kesuksesan.

tips menaikkan harga jual produk

Dengan melihat hal-hal tersebut, dalam hal menentukan harga jual produk. Maka, dampak terburuk dari kenaikan harga jual yaitu penurunan pendapatan akan lebih dapat diproyeksikan dan dihitung dengan tepat. Dengan demikian, semua proses bisnis anda akan berjalan lebih baik dan lebih mudah untuk disikapi yang pada akhirnya akan membuat hati dan fikiran menjadi lebih tenang. Semoga bermanfaat!

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.