28 Maret 2019

Cara mengatasi Perut Buncit

Perut buncit merupakan salah satu masalah terbesar bagi setiap orang baik pria maupun wanita. Hal ini dianggap seringkali mengganggu kenyamanan, terutama dalam hal kepercayaan diri. Tidak sedikit orang berusaha untuk menemukan berbagai cara untuk menghindari bahkan mengecilkan perut buncit tersebut melalui berbagai cara.

Namun, pada kenyataannya, mengurangi perut buncit tidaklah semudah yang dibayangkan. Artikel ini akan memaparkan beberapa langkah yang dapat anda terapkan agar perut tidak lagi terlihat buncit.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat diterapkan untuk mengurangi dan meminimalisir perut buncit. Namun sebelum kita mengetahui lebih jauh tentang bagaimana cara mengatasi perut buncit itu sendiri, ada baiknya kita mengetahui apa saja hal yang dapat menyebabkan perut buncit.

Penyebab perut buncit

Beberapa hal yang menyebabkan perut menjadi buncit seperti:

Tidur setelah Makan

Tidur setelah makan memang seringkali terjadi atau dapat dikatakan sangat nikmati, karena setelah makan, perut akan terasa kenyang dan menyebabkan mata kantuk. Namun, tidur setelah makan dapat dikatakan sangat tidak baik karena pada saat tertidur, lambung akan bekerja lebih keras untuk mencerna  makanan yang baru saja dimakan, alhasil lambung tidak secara sempurna mencerna makanan tersebut, yang akhirnya akan menyebabkan perut buncit dan bahkan obesitas jika hal ini dilakukan secara terus menerus. Maka, ada baiknya anda perlu menunggu selama 2 jam setelah makan, agar makanan yang ada diperut anda tercerna dengan baik.

Makan makanan yang berlemak dan banyak mengadung Gula

Makanan yang banyak mengandung gula seperti ice cream, coklat dan lain sebagainya memang seringkali menggoda lidah untuk memanjakannya. Namun sayangnya, terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis atau banyak mengandung gula bisa menyebabkan obesitas atau perut anda buncit. Selain itu, makanan berlemak seperti santan, gorengan, dan aneka jenis olahan daging dengan minyak dan santan sangat rentan menimbun banyak lemak ditubuh anda, terutama perut.

Jarang Berolahraga

Olahraga, adalah salah satu aktivitas yang penting yang dapat membuat tubuh kita menjadi lebih bugar dan sehat. Namun sibuknya aktivitas lain, atau rasa malas seringkali menghampiri membuat kita jarang berolahraga. Hal itu menyebabkan lemak dan kalori yang ada ditubuh kita tidak terbakar atau justru malah semakin bertambah, karena tidak diimbangi dengan rutin berolahraga. Sehingga menjadi salah satu penyebab perut menjadi buncit dan badan menjadi tidak bugar.

Cara mengatasi perut buncit.

beberpa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut buncit:

Minum air hangat setiap pagi hari

Minum Air putih hangat merupakan salah satu penetralisir racun dalam tubuh yang paling ampuh. Air putih dalam keadaan hangat juga sangat berguna untuk mengecilkan ukuran perut buncit. Hal ini dikarenakan air putih yang dikonsumsi dalam keadaan hangat dapat membakar kalori yang ada didalam perut. Sehingga apabila air putih hangat tersebut dikonsumsi secara terus menerus dipagi hari akan membuat perut anda semakin kecil dan sehat.

Menghindari makan dan minum sambil berdiri.

Makan dan minum sambil berdiri, selain merupakan adab yang kurang baik, tetapi juga tidak menyehatkan. Karena, air yang diminum saat berdiri akan langsung menuju ke kandung lambung secara tiba-tiba dan terlalu cepat, sehinggga , sehingga apabila dilakukan secara terus menerus akan membuat perut buncit dan tidak sehat.

Baca juga >>  Tips agar Tetap Sehat di Musim Penghujan

Menghindari minuman yang  bertemperatur ekstrim

Menghindari minuman yang  bertemperatur ekstrim dan mengandung banyak gula seperti ice, kopi manis, dan teh manis, ice  cream, dll.

Mengkonsumsi ice cream atau jenis es lainnya memang sangatlah menyenangkan dan menyegarkan jika dikonsumsi saat trik atau pada siang hari. Dan sebaliknya pada pagi atau malam hari, kopi manis, hangat dan the hangat seakan menjadi teman setia dalam suasana yang dingin. Namun ternyata, jika minuman tersebut dikonsumsi setiap hari dan terus menerus, mnuman-minuman tersebut menjadi kurang baik untuk tubuh karena mengandung banyak gula, dan kafein. makanan yang mengandung banyak gula selain bisa menyebabkan obesitas dan perut buncit, juga akan memicu datangnya penyakit lain seperti stroke dan diabetes di masa yang akan datang. Maka, ada baiknya jika kita membatasi atau mengurangi konsumsi minuman yag mengandung banyak gula tersebut.

Menghindari tidur setelah makan

Tidur setelah makan menyebabkan lambung akan bekerja lebih keras dari biasanya, sehingga menyebabkan proses pencernaa tidak sempurna dan akan menumpuk sisa makannan di perut yang akhirnya dapat menyebakan perut buncit. Maka, hal ini haruslah dihindari untuk mencegahnya.

Meghindari stress

Stress adalah salah satu factor yang sangat mengganggu dalam kehidupan. Mengapa? Karena stress akan memicu banyak hal, salah satunya adalah perut buncit, dan obesitas. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena saat stress sebagian besar orang memilih untuk memakan apasaja untuk melampiaskan kekesalannya, dan meluapkan segala masalahnya dengan mengkonsumsi makannan yang disukai dari berbagai jenis makanan baik yang mengandung lemak, gula dan juga minuman dengan suhu dingin tapa diimbangi olahraga yang cukup. Inilah yang pada akhirnya menyebabkan lemak dalam tubuh menjadi bertumpuk, dan membuat tubuh semakin terasa lebih berat. Sehingga faktor hal ini sangat perlu untuk dihindari dengan membahagiakan diri sendiri, dengan melakukan hal- hal yang lebih positif.

Perbanyak makan buah dan sayur

Buah dan sayur adalah makanan yang sedikit mengandung lemak dan banyak mengandng serat. Konsumsi buah dan sayur lebih ampuh dalam mengikat air, sehingga mudah melarutkan lemak. Dengan kata lain, buah dan sayur ini baik dikonsumsi setiap hari agar dapat mengontrol lemak dan sebagai asupan nutrisi untuk tubuh anda.

Memperbanyak aktivitas fisik/ olahraga

Hal yang terpenting dalam hidup adalah sehat, karena “sehat itu mahal harganya”. Salah satu cara untuk mengatasi perut buncit yaitu dengan secara rutin berolahraga. Usahakan berolahraga pembentukan perut yang dikususkan untuk membakar lemak dan kalori diperut, seperti sit up, back up, dan sebagainya.

Sit up

Sit up merupakan salah satu jenis olahraga yang bertmpu pada perut, agar lemak perut dapat terbakar. Cara yang dapat dilakukan saat sit up adalah sebagai berikut :

  1. Sikap awal berbaring terlentang diatas matras dengan kaki diluruskan.
  2. Tempatkan kedua tangan di samping atau belakang kepala.
  3. Berusahalah untuk mengangkat tubuh bagian atas hingga mencapai posisi duduk sempurna dengan kaki yang tetap dipertahankan dalam posisi lurus. (jika anda kesuitan melakukannya, anda dapat meminta bantuan pada seseorang untuk menahan lutut anda)
  4. Untuk para wanita dianjurkan untuk sit up dengan posisi lutut ditekuk untuk mencegah adanya cidera pada Rahim.

Back up

Selain sit up, back up juga merupakan salah satu olahraga yang menitik beratkan pada kekuatan perut, yaitu kebalikan dari sit up. Jika sit up kita gerakan delam posisi tubuh terlentang, maka back up dilakukan dalam posisi tengkurap. Cara yang dapat diterapkan adalah sebagai berikut :

  1. Berbaringlah dengan posisi lurus tengkurap diatas matras.
  2. Letakkan kedua tangan dibelakang atau sampig kepala;
  3. Kemudian, berusahalah mengankat tubuh bagian atas anda tanpa bantuan tangan, dengan tetap mempertahankan posisi perut dan kaki tetap menempel pada matras. Lakukan setiap gerakan dengan cara menahan nafas anda, sehingga kekuatan anda tetap stabil.

Nah, itu saja cara- cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah perut buncit yang sering kali mengganggu. Jika anda ingin mendapat hasil yang maksimal, maka hal- hal tersebut baiknya dilakukan secara konstan dan terus menerus. Semoga bermanfaat !

SHARE:
tips 0 Replies to “Cara mengatasi Perut Buncit”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.