Hati Hati Saat Dapat SMS Menang Undian Hadiah Dari Shopee, tokopedia, bukalapak, lazada atau Onlineshop Lain

Hati Hati Saat Dapat SMS Menang Undian Hadiah Dari Shopee, tokopedia, bukalapak, lazada atau Onlineshop Lain - artikel

Apakah anda baru mendapat telpon atau Dapat SMS Menang Undian yang mengatakan anda mendapatkan hadiah atau memenangkan undian berhadiah dari salah satu toko online yang sudah cukup terkenal di indonesia? misalnya shopee, tokopedia, bukalapak, blibli, lazada atau toko online terkenal lainnya??

jika iya anda harus membaca informasi ini sampai selesai supaya anda tidak menjadi korban selanjutnya dan merugikan diri anda sendiri!

Apakah benar shopee atau toko online lain seperti bukalapak, lazada, tokopedia dan toko online lain sedang mengadakan lomba?

Kadang beberapa toko online memang mengadakan undian berhadiah, TAPI YANG PERLU ANDA TAU banyak juga oknum-oknum penipu yang mengatas namakan media besar itu untuk mengelabuhi calon korbannya. berikut ini sudah saya rangkum beberapa modus dan juga cara yang umum digunakan oleh penipou untuk mengelabuhi korbannya.

Modus yang biasa dilakukan dalam penipuan!

  1. menggunakan telpon, SMS, WA, ciri ciri umumnya biasaya anda akan dihubungi oleh orang yang mengatas namakan karyawan shopee atau bagian pemasaran atau pemilik toko online terkenal lainnya dan mengatakan anda “SELAMAT anda memenangkan hadiah undian” dengan nilai fantastis.
  2. Bisa menang kejutan hadiah uang tunai Rp. 125jt, 150jt, atau nominal lain yang memang sangat menggiurkan. hadiah yang diiming imingi oleh penipu juga sangat beragam dan menarik misalnya seperti voucher belanja jutaan, mobil atau motor, rumah dan jalan jalan keluar negeri dan masih banyak lagi.
  3. Selain telpon penipu juga umum menggunakan metode sms atau whatsapp (wa) isi pesannya biasanya anda akan diarahkan untuk membuka link atau diberi nomer telpon untuk anda hubungi sebagai konfirmasi pemenang. kalau iya anda hati hati dan jangan pernah menghubungi nomer itu karena anda bisa dirayu!!
  4. kalau anda nekat telusuri link atau alamat yang diberikan nantinya anda akan membuka sebuah halaman pengumuman undian yang memberikan anda nomer pin dan diharuskan konfirmasi kepada si penipu tadi, kalau anda ikuti intruksinya lebih jauh nantinya akan berujung pada anda diharuskan untuk mentransfer sebagaian uang untuk dapat mencairkan hadiah yang anda dapatkan. nominalnya biasaya tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan hadiah yang anda dapatkan misal pulsa 300 ribu, uang 1 juta atau nominal lainnya. ingat jangan sekali kali mengikuti instruksi ini apalagi kalau anda disuruh pergi ke atm atau bank!!
  5. kalau anda berhasil dituntun ke atm anda bisa saja tanpa sadar diarahkan untuk melakukan pembayaran tagihan yang dilakukan oleh sipenipu atau tanpa sengaja mentrasfer uang yang mungkin tidak anda sadari, karena kasus trasfer seperti ini sering terjadi, dan biasanya terjadi pada korban yang usianya sudah agak sepuh dan mudah diarahkan untuk sengaja melakukan pembayaran tanpa disadari.
Baca juga >>  Cara Menghabiskan Waktu Yang Berkualitas dengan Anak Anda

Ciri ciri umum kalau anda akan ditipu:

Hati Hati Saat Dapat SMS Menang Undian Hadiah Dari Shopee, tokopedia, bukalapak, lazada atau Onlineshop Lain - artikel
contoh sms penipuan
  1. Anda Mendapatkan Hadiah menggiurkan baik lewat telpon, sms ataupun whatapp (padahal anda tidak ikut program apa-apa) bahkan jarang belanja online maka anda patut curiga!
  2. Biasaya penelpon mengarahkan anda untuk menelpon bapak A, bapak B, bapak C, dan seterusnya..
  3. Si penelpon biasanya menyuruh anda mengangkat telpon sendiri atau disuruh menghindar dari orang lain misal saat diruangan sedang bersama orang lain, teman, atau orang lain anda disuruh menghindar supaya anda lebih mudah dipengaruhi.
  4. si penipu biasanya memberikan foto KTP, Alamat, Nama dan Identitas lainya untuk meyakinkan anda, tapi yang perlu anda tau KTP atau Foto yang diberikan pada anda itu adalah KTP NON Aktif/Tidak Valid atau menggunakan KTP orang lain yang tidak tau apa apa. Perlu diketahui juga saat ini manipulasi foto atau editing foto itu sudah canggih bahkan foto editan atau asli pun sulit dibedakan jadi jangan percaya hanya dari foto ktp dan foto bukti lainnya karena itu semua bisa dimanipulasi. JAdi Saat anda laporkan ke polisi KTP yang dikirim pasti tidak bisa ditemukan.

Apakah benar Telpon atau SMs Yang Hadiah mengatakan saya mendang undian berhadiah itu benar?

  • hampir 99,9% sms atau telpon yang mengatakan anda menang undian itu Tidak benar, kalaupun benar anda menang undian sudah pasti anda masuk media seperti televisi koran dll,
  • kalau anda menang tentu anda akan diminta untuk datang dan menerima hadiah langsung tanpa perlu trasfer sepeserpun,
  • umumnya pemenang undian berhadiah dilakukan di depan publik untuk bukti penyerahan dan harus didampingi oleh pihak berwajib dan kepolisian.

Beberapa contoh dan Bukti korban penipuan ada banyak, untuk lebih jelasnya sudah saya buatkan video berikut ini!

Kalau mau baca curhatan teman teman yang juga kena tipu bisa buka di link berikut ini https://www.berwirausaha.net/2019/03/siapa-pemilik-dan-pendiri-shopee-ini-jawabannya.html/

mungkin itu saja mudah mudahan video ini bermanfaat!

Diposkan oleh Riski

Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer...
Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan..
pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.