pembagian zona waktu

Pembagian Zona Waktu Yang Ada Di Indonesia

Zona Waktu Yang Ada Di Indonesia dibagi menjadi 3 yaitu: Waktu Indonesia Barat atau WIB yang mencakup pulau Sumatra, Jawa, Madura, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Waktu Indonesia Tengah atau WITA yang mencakup Sulawesi, Kepulauan Sunda Kecil, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Kenapa Terjadi Perbedaan Zona Waktu 

Penyebab perbedaan waktu di dunia terjadi karena bentuk bumi yang bulat, Perbedaan letak astronomis di setiap wilayah yang ada di dunia dan juga bumi yang berotasi menjadi penyebab terjadinya perbedaan saat siang dan malam.

Sama halnya di indonesia, Wilayah Indonesia yang luas membuat adanya selisih garis bujur di beberapa tempat, sehingga membuat adanya perbedaan zona waktu.

Mudahnya begini jika di bumi A sedang siang hari, permukaan bumi yang berlawanan mungkin sedang dalam keadaan malam hari.

Rotasi Bumi adalah gerakan perputaran atau peredaran Bumi pada porosnya.

Perbedaan Waktu Indonesia: WIB, WITA dan WIT

Wilayah indonesia dibagi menjadi 3 pembagian waktu dengan selisih masing-masing daerah 1 jam, yaitu:

  • Waktu indonesia Barat (WIB)
  • Waktu indonesia Tengah (WITA)
  • Waktu indonesia Timur (WIT)

Dimana selisih masing masing waktu adalah sebagai berikut:

  • WIB dengan WITA selisih 1 jam
  • WITA Dengan WIT selisih 1 jam 
  • WIT dengan WIB selisih 2 jam

Contohnya misalnya di aceh pukul 05.00 WIB maka di Palu pukul 06.00 WITA, dan di Papua pukul 07.00 WIT.

Tabel Pembagian Waktu di Indonesia

Berikut ini adalah tabel pembagian waktu yang ada di Indonesia

Pembagian Zona Waktu Yang Ada Di Indonesia
Pembagian Zona Waktu Yang Ada Di Indonesia
Waktu Indonesia Barat atau WIBSumatra, Jawa, Madura, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah
Waktu Indonesia Tengah atau WITA Sulawesi, Kepulauan Sunda Kecil (Nusa Tenggara), Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara
Waktu Indonesia Timur atau WIT Kepulauan Maluku dan Papua

Greenwich

Para ilmuwan dan ahli perbintangan percaya bahwa Kota Greenwich terletak di garis meridian utama. Garis meridian utama, yaitu di derajat 0 yang disebut sebagai garis meridian utama. Greenwich atau GMT bujur geografis 0 derajat yang menjadi waktu matahari, terletak di garis meridian Greenwich, Inggris dan menjadi patokan pembagian waktu di Bumi.

Itulah kenapa waktu yang kita gunakan sekarang ini berdasarkan standar meridian utama yaitu Kota Greenwich.

Mengapa kota Greenwich?

Lokasi ini dipilih karena adanya observatorium penting di Inggris dan kemudian diikuti sebagai acuan oleh para astronom seluruh dunia dalam Konferensi Meridian Internasional pada tahun 1884.

Selisih antara GMT dengan WIB, WITA, WIT

Selisih Perbedaan Waktu indonesia dengan waktu greenwich adalah 7 jam, wita 8 jam dan wit adalah 9 jam

itulah kenapa saat menyetel HP baru kita memilih GMT+7 adalah wilayah dengan zona waktu yang memiliki perbedaan waktu lebih maju (lebih cepat) sebesar 7 jam dari waktu GMT (Greenwich Mean Time), atau waktu standar yang berada di Greenwich, London.

Format Waktu AM dan PM

Jika di indonesia kita menggunakan format waktu 24 jam di beberapa negara diantaranya Amerika Serikat, Kanada, Selandia Baru, dan Australia menggunakan waktu dengan format 12 jam yang dikenal dengan AM dan PM. Apa arti dari format waktu AM dan PM ini?

AM dan PM berasal dari bahasa latin. AM berarti Ante Meridiem atau sebelum noon sedangkan PM adalah post meridiem yang berarti setelah siang.

AM sendiri merupakan waktu dari tengah malam hingga siang.

PM merupakan Waktu terdiri dari 12 jam dari siang hingga tengah malam.

Kekurangan dari penggunaan waktu 12 jam adalah singkatan mana yang harus digunakan untuk siang dan tengah malam. terutama untuk orang dengan format waktu 24 jam akan sulit mengidentifikasi waktu sebelum tengah hari (AM) atau setelah tengah hari (PM).

Misalnya adalah saat tengah malam yang terjadi tepat 12 jam setelah tengah hari pada hari sebelumnya dan 12 jam sebelum tengah hari pada hari berikutnya.

Namun, sebagian besar kelompok berpendapat, menetapkan tengah malam sebagai pukul 12 pagi dan siang sebagai pukul 12 siang. Meskipun saat tengah hari yang tepat tidak termasuk dalam kategori, jam setelahnya, dari 12:00:01 hingga 12:59:59, jelas setelah tengah hari.

Sehingga untuk menghindari kebingungan pada saat tengah hari atau tengah malam, digunakan penunjuk 12 siang dan 12 tengah malam sebagai gantinya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *