Lompat ke konten
Home » tokoh » Ghozali Everyday Kaya Dari Jual Foto NFT

Ghozali Everyday Kaya Dari Jual Foto NFT

Ghozali sangat viral belakangan ini alasannya tidak lain karena dia mendadak menjadi kaya raya bak sultan hanya dari jualan NFT foto selfie miliknya di opensea. foto-foto yang dijual oleh Ghozali sudah dikumpulkan sejak 5 tahun terakhir saat gozali masih berusia 18 sampai dia berusia 22 tahun. NFT milik ghozali diketahui terjual senilai Rp 13,3 miliar dan terus bertambah. Hal ini membuat Ghozali berhasil mencuri perhatian seluruh pengguna NFT di indonesia bahkan seluruh dunia. 

Siapa Sebenarnya Ghozali

Ghozali saat ini mendapat julukan Ghozali Everyday karena dia terkenal dan kaya karena ber selfie setiap hari. Ghozali merupakan seorang mahasiswa D4 program studi animasi di Fakultas Ilmu Komputer di Udinus (Universitas Dian Nuswantoro) saat ini dia sedang menjalani masa akhir kuliahnya. Ghozali juga diketahui pernah bersekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Semarang.

Gozali Everyday
Ghozali Everyday

ghozali diketahui memiliki hobi serta mahir di bidang animasi ,dia diketahui sering membagikan karya-karya animasi dan 3D buatannya di Instagram pribadinya @ghozali_3d. Selain itu Ghozali juga kerap memamerkan hasil karya animasi 3D buatannya di platform berbagi berbagai karya seni Artstation.

Ghozali cukup dikenal di kampusnya sebagai salah satu mahasiswa berprestasi. Ia adalah salah satu mahasiswa yang mendapat beasiswa sejak semester tiga di kampusnya. Tak hanya itu, Ghozali juga pernah memenangkan sejumlah kompetisi bertaraf internasional. 

Seperti yang disampaikan pada interviewnya “Prestasi pas awal-awal semester saya suka design logo. Itu sempet di ’99designs.com’ isinya lomba semua, saya ikut 100 lebih tapi yang menang cuma beberapa saja 1 atau 2 tahun 2020,” ujarnya.

Apa itu NFT

NFT adalah singkatan dari Non-Fungible Token yang berarti aset digital yang hanya bisa dimiliki oleh satu orang. Ada banyak barang yang bisa dijual dalam bentuk NFT, mulai dari aset game, lukisan/foto, video, musik dan lain-lainya. 

Kenapa NFT mahal?

NFT di kabarkan akan menjadi salah satu bentuk seni di masa depan.

Setidaknya ada beberapa alasan yang membuat NFT ini spesia.

  • Pertama, kepemilikan NFT sangat jelas karena terekam dalam blockchain dan dapat diverifikasi. 
  • Kedua, NFT tidak dapat diduplikasi dan keasliannya dapat dengan mudah diautentikasi. Begitu mudahnya pemindahan kepemilikan dan beberapa kelebihan lain, menyebabkan NFT semakin populer bagi berbagai kalangan.
  • NFT bisa disimpan dan dijadikan sebagai investasi yang nilainya bisa terus bertambah tergantung peminat dari sebuah karya oleh artis tertentu (jadi nilainya sama seperti karya seni konvensional seperti patung, lukisan, benda bersejarah dan lain lain).

Apa itu Opensea

Opensea merupakan salah satu platform atau market place tempat anda bisa menjual dan membeli dan menyimpan ART berbentuk NFT. OpenSea sendiri menyediakan transaksi jual beli NFT dengan berbagai macam pembayaran mata uang kripto, salah satu yang paling terkenal adalah Ethereum.

Awal mula Ghozali Jualan Foto NFT

Ghozali mengatakan bahwa tujuan awalnya membuat foto selfie dirinya sendiri hanyalah untuk membuat video transformasi selama 5 tahun yang merupakan konten umum bisa kita lihat di youtube, ghozali juga menjelaskan awalnya membuat NFT dan menjual fotonya hanyalah untuk iseng iseng belaka namun siapa sangka ternyata banyak juga yang meminati karyanya bahkan beberapa artis tanah air juga membeli beberapa karyanya salah satunya adalah chef arnold juri masterchef indonesia dan Reza Arap.

“Awal-awal itu dipromosikan oleh komunitas NFT Indonesia. Terus orang luar negeri jadi ikutan beli bahkan chef Arnold juga beli. Belinya bahkan sampai 25 gitu, foto wajah saya, haha,” kata Ghozali sembari tertawa ketika ditemui di kampusnya, Semarang, Kamis (13/1/2022).

Awal Mula Ghozali Mengenal NFT

Ghozali Everyday awalnya mengenal NFT dari kampusnya dan juga internet. Saat itu ia hanya berpikir bahwa NFT hanya memuat karya 2D dan 3D saja. Namun Ghozali berpikir akan unik jika gambar wajahnya sendiri dijual dalam format NFT di marketplace.

Ghozali sengaja memasang harga cukup tinggi sebenarnya tujuannya agar tidak ada yang membeli foto selfienya. Namun siapa sangka karena keunikan dan kelucuannya fotonya yang pertama kali dimasukkan ke OpenSea pada 10 Januari 2022 justru dipromosikan di komunitas NFT, hingga viral seperti sekarang ini. Ghozali pun mengaku kaget karena fotonya laku bahkan viral.

Tajir Karena Jual Selfie

Ghozali menjual total 933 foto selfie yang diambilnya selama lima tahun sejak 2017 hingga 2021 melalui OpenSea. Siapa yang menyangka jika foto selfie Ghozali diminati dari harga 3 ETH atau sekitar Rp 14 juta sampai 11 ETH atau Rp47 miliar.

Perlu anda ketahui bahwa aset NFT yang dijual oleh Ghozali tidak langsung memiliki harga yang jual yang fantastis, awalnya justru ia menjual foto-fotonya dengan harga 0.001 ETH atau setara dengan Rp 46 ribu.

Di antara pembeli NFT Ghozali, ada dua sosok yang cukup terkenal yakni Reza Arap dan Chef Arnold. Menurut Reza Arap, ia tertarik membeli NFT Ghozali karena ingin apresiasi atas konsistensi pemuda kreatif tersebut membuat foto selfie selama lima tahun.

Total Keuntungan Ghozali

Banyak yang salah persepsi tentang penghasilan yang diperoleh oleh Ghazali Meskipun Aset NFT miliknya laku terjual hingga puluhan miliar, Namun total uang yang sebenarnya didapatkan oleh Ghozali hanya Rp1,5 miliar sejauh ini. Itu karena Ghozali hanya mendapat bagi hasil dari harga jual awal dan persenan royalti di setiap transaksi yang terjadi pada aset buatannya.

Penggunaan Uang Hasil Jualan NFT 

Ghozali menyampaikan bahwa uang hasil penjualan NFT yang ia dapatkan akan ditabung untuk mewujudkan impiannya. Cita-citanya saat ini adalah bekerja di studio animasi. Kelak ia berharap bisa memiliki studio animasinya sendiri setelah mendapatkan banyak pengalaman.

Total pendapatan saya, sudah mencapai total Rp 1,5 M lebih. Kedepan uangnya akan dibuat investasi lagi. Berharap setelah lulus bisa bekerja di studio animasi buat cari pengalaman terus bikin studio animasi sendiri,” ujarnya.

Biografi Singkat Ghozali

Ghozali everyday memiliki nama asli Sultan Gustaf Al Ghozali dia adalah seorang gamer Valorant yang juga hobi main game AOV (Arena of Valor).

Dia Putra kedua dari tiga bersaudara pasangan Bapak Heru Kamdani dan Ibu Erna Setyawati 

Sultan Gustaf Al Ghozali Makmur Sejahtera Sentosa Mulia Abadi Jaya Merakyat Adi Jaya Sentosa Mulia Agung, atau yang lebih dikenal Ghozali Everyday lahir di Semarang pada tahun 1999. Ghozali menjadi miliarder dari penjualan swafoto lewat Non Fungible Token, marketplace OpenSea. Wikipedia

  • Kelahiran: Desember 1999 (usia 22 tahun)
  • Kebangsaan: Indonesia
  • Agama: Islam
  • Lahir: 00 Desember 1999 (umur 23); Semarang
  • Pendidikan studi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Semarang, Kuliah di animasi di Fakultas Ilmu Komputer di Udinus (Universitas Dian Nuswantoro) saat ini masih berjalan.
  • Hobi Desain dan bermain game 

ghozali pun mengaku belum bercerita ke orang tuanya soal pendapatannya yang mencapai Rp 1,5 miliar. Dia khawatir orang tuanya bingung caranya mendapatkan uang.

“Jujur saya belum berani bilang ke orang tua. Nanti ditanya ini orang dapat (uang) darimana,” ujar Ghozali sambil tertawa.

Akan Terus Mengupload NFT

Ghozali pun mengaku akan terus konsisten berfoto selfie di NFT. Rencananya kegiatannya itu akan dia lakukan hingga nantinya menggunakan toga atau lulus kuliah.

“Tahun ini ingin tetap lanjut, ini saya kan semester 7 semoga aja lulus tahun ini kayaknya bakal keren kan soalnya awal foto lulus SMK terus di akhirnya bakal lulus kuliah pake toga wisuda. Biar ada awal sama endingnya,” kata Ghozali.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.