kamera mirrorless dibawah 5 juta

Rekomendasi kamera Mirrorless dibawah 5 Juta

Kamera merupakan salah satu gear yang sangat dibutuhkan sekarang ini, Kamera membantu kita mengambil momen berupa foto maupun video, terlebih perkembangan teknologi saat ini yang memungkinkan kita menghasilkan uang dengan membuat video dan foto.

Contoh Pekerjaan Yang Menggunakan Kamera

Kamera bisa digunakan untuk mencari penghasilan dengan cara menjadi fotografer wedding, menjual footage foto atau video di market stok foto dan video, atau bisa juga dengan cara menjadi konten kreator di 5 media sosial baik tiktok, youtube atau instagram.

Kamera biasa vs Smartphone

Meskipun perkembangan teknologi kamera pada smartphone saat ini sudah sangat pesat namun untuk detail gambar yang dihasilkan smartphone belum bisa menghasilkan gambar sebaik kamera, hal inilah yang membuat smartphone saat ini belum bisa menggantikan peran kamera.

Sayangnya harga kamera sendiri bisa dibilang relatif cukup mahal, nah untuk itu di artikel kali ini saya sudah merangkumkan beberapa kamera mirrorless yang memiliki harga dibawah 5 juta yang cocok dibeli terutama buat pemula yang ingin mulai mempelajari fotografi dan juga baru belajar menjadi konten kreator  

Rekomendasi kamera Mirrorless dibawah 5 juta

Berikut kamera mirrorless dibawah 5 juta

Sony A5000 dan a5100

Rekomendasi pertama saya jatuh ke sony a5000 dan sony a5100, kenapa kedua kamera ini?

Alasannya karena kedua kamera ini adalah kamera termurah dan terbaik buatan sony menurut saya, dengan harga bekas 3 jutaan untuk sony a5000 dan 4 jutaan bekas untuk sony a5100 kedua kamera ini sudah sangat layak digunakan untuk membuat konten, bisa menghasilkan video hingga 1080p serta memiliki sistem auto fokus yang mumpuni, selain itu layar kadua kamera ini juga sudah bisa di flip ke depan sehingga memudahkan kita dalam proses pengambilan video karena kita bisa melihat preview langsung saat proses pengambilan video cocok untuk yang mengambil gambar sendiri.

Kekurangan kedua kamera ini hanya tidak memiliki port untuk mic external jadi kita tidak bisa menggunakan mic external seperti clip on, ataupun mic shotgun, tapi jangan kuatir kita bisa memanfaatkan mic bawaan yang sudah disediakan oleh kedua kamera ini, atau alternatifnya kita bisa membeli perekam audio secara terpisah dan menggabungkannya nanti pada saat proses editing. Kekurangan lainnya kamera ini belum ada hot shoe untuk meletakkan flash external.

Sony A6000

Sony A6000 adalah penerus dari kedua pendahulunya yaitu sony a5000 dan sony a5100.

Kelebihan utama kamera ini tentu saja adalah mampu menghasilkan gambar lebih baik dari pendahulunya, selain itu grip atau pegangan kamera juga sudah terdapat karet yang membuat genggaman tangan pada kamera menjadi lebih nyaman, tidak hanya itu build quality secara keseluruhan juga lebih kokoh, kamera ini juga ada viewfinder yang tidak dimiliki sony a5000 dan a5100 dan yang paling penting kualitas video yang dihasilkan juga terkesan lebih tajam, kamera ini juga sudah support mic external, tapi sayang nya mic yang digunakan di kamera ini adalah mic khusus yang langsung dihubungkan ke hot shoe diatas kamera jadi tidak menggunakan port 3,5 seperti kamera pada umumnya.  

Kekurangan lainnya adalah layar pada kamera sony a6000 hanya bisa di flip menghadap ke atas jadi tidak sampai ke depan seperti sony a5000 dan sony a5100. Untuk harga kamera sony a6000 biasanya dibandrol berkisar antara 5 jutaan bekas.

Canon Eos M3

Canon eos m3 adalah salah satu kamera mirrorless murah yang memiliki fitur cukup lengkap tidak seperti sony yang pelit fitur di canon eos m3 hampir semua fitur yang kita perlukan ada, mulai dari hot soe, jack 3,5 untuk mic external, flash internal dan layar bisa di flip sampai depan, bisa merekam video sampai dengan 1080p tapi sayangnya kamera ini tidak memiliki viewfinder dan kekurangan terbesar menurut saya adalah autofokusnya kadang masih hunting walaupun sangat jarang sih, jika dibandingkan fujifilm xa5 yang harganya lebih murah autofocus canon menurut saya lebih baik.

Kamera ini bisa kalian dapatkan dengan harga berkisar 3,5 jutaan bekas.

Canon eos M100

Canon m100 adalah kamera keluaran canon yang lebih baru dari m3 cocok untuk yang hobi foto dan rekam video, memiliki desain yang simpel dan kekinian cocok untuk konten kreator tiktok dan foto untuk selebgram.

Kelebihan canon m100 dibandingkan canon m3 adalah canon memiliki Autofocus lebih baik dengan Dual Pixel CMOS AF (Face+Tracking AF, 1-point AF) Kamera ini juga Disertai dengan 3-axis Digital IS yang bisa membuat hasil video menjadi lebih stabil. Sayangnya kamera ini belum memiliki port untuk mic external.

Kamera ini harganya termasuk murah karena hanya di bandrol berkisar 4 jutaan bekas.

Fujifilm XA5

Fujifilm adalah kamera dari brand fuji pertama yang saya coba, kelebihan kamera ini adalah memilki fitur yang cukup lengkap mulai dari port microphone, layar flipscreen dan sudah touchscreen. Desain kamera ini retro cukup karen, kamera ini juga memiliki banyak varian warna.

Kelemahan fujifilm xa5, sayang nya kamera ini autofokusnya kurang baik, saya pernah membuat video perbandingan antara sony a5000 vs fujifilm xa5, dan ternyata sony a5000 memilki autofokus yang lebih baik, selain itu meskipun kamera ini sudah suport 4k sayangnya untuk perekaman video tidak bisa digunakan, hal ini karena 4k yang dihasilkan oleh kamera ini hanya sampai 20fps yang mana jika di lihat akan putus putus.

Lumix G7

LUMIX G7 merupakan kamera dari brand panasonik dibekali 20,3 megapiksel dan Venus Engine untuk mencapai kualitas gambar terbaik. Kamera ini memiliki layar variangle yang mana layarnya bisa di putar sesamping dan ke atas/bawah. Fitur juga lengkap ada touchscreen, vieo yang dihasilkan juga sudah 4k, tapi Sayangnya lumix menggunakan sensor micro four third yang mana sensor ini lebih kecil di bandingkan ASPC (seperti pada kamera lainnya). Lumix G7 bisa didapatkan dengan harga 4,5 juta bekas.

Nah itu tadi beberapa kamera mirrorless dibawah 5jt yang bisa saya rekomendasikan semoga bermnafaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.