Skip to content

Mengenal fitur & Menu Blogger

Blogger adalah platform blogging yang dimiliki oleh Google. Ini adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola blog secara gratis. Pengguna dapat menulis, mengedit, dan mempublikasikan posting blog, serta mengatur tampilan dan tata letak blog sesuai keinginan mereka. Blogger menyediakan berbagai fitur, termasuk statistik blog, komentar, dan integrasi dengan program monetisasi seperti Google AdSense. Platform ini relatif mudah digunakan, menjadikannya pilihan populer bagi pemula yang ingin memulai blog dengan cepat dan sederhana.

Mengenal fitur & Menu Blogger | blog

Berikut adalah Menu Blogger yang biasanya ada dalam pengaturan Blogger:

  1. Dashboard: Halaman utama Blogger yang berisi ringkasan blog Anda, posting terbaru, statistik, dan pengumuman terkini.
  2. Post: Bagian ini memungkinkan Anda menulis, mengedit, dan mengelola posting blog Anda. Anda dapat membuat, mengedit, atau menghapus posting serta melihat daftar semua posting yang telah dipublikasikan atau disimpan sebagai draf.
  3. Stats: Bagian ini menyajikan statistik blog Anda, termasuk tampilan halaman, jumlah pengunjung, dan sumber lalu lintas.
  4. Comments: Di sini Anda dapat melihat, menyetujui, atau menghapus komentar yang ditinggalkan oleh pembaca di posting blog Anda.
  5. Earnings: Jika Anda telah mengaktifkan monetisasi melalui program iklan seperti Google AdSense, bagian ini akan memberikan informasi tentang penghasilan Anda.
  6. Pages: Menu ini memungkinkan Anda membuat halaman statis seperti “Tentang Kami,” “Kontak,” atau “Kebijakan Privasi.”
  7. Layout: Bagian ini memungkinkan Anda mengelola tata letak blog Anda, termasuk menambah atau menghapus widget di sidebar atau bagian lain dari blog Anda.
  8. Themes: Di sini Anda dapat mengganti tema blog Anda, mengubah warna, font, dan tampilan secara keseluruhan.
  9. Settings: Bagian ini adalah tempat Anda mengatur berbagai pengaturan penting untuk blog Anda, seperti deskripsi blog, pengaturan pencarian, pengaturan publikasi, dan keamanan.
  10. Mobile: Jika Anda ingin mengoptimalkan tampilan blog Anda untuk perangkat seluler, bagian ini menyediakan opsi untuk mengedit tampilan khusus untuk perangkat mobile.
  11. Language and Formatting: Anda dapat mengatur bahasa dan format tanggal dan waktu yang digunakan di blog Anda.
  12. Search Preferences: Di sini Anda dapat mengatur preferensi pencarian untuk membantu meningkatkan visibilitas blog Anda di mesin pencari.
  13. Users: Jika Anda ingin mengizinkan orang lain untuk berkontribusi pada blog Anda, Anda dapat mengundang pengguna lain untuk menjadi anggota blog dengan tingkat akses tertentu.

Tampilan Menu Blogger

Perlu diingat bahwa tampilan dan opsi menu Blogger dapat berubah dari waktu ke waktu karena pembaruan atau penambahan fitur. Oleh karena itu, selalu disarankan untuk masuk ke akun Blogger Anda dan menjelajahi menu secara langsung untuk mendapatkan informasi terbaru dan paling relevan.

berikut adalah gambar tampilan blogger saat artikel ini di buat


Mengenal fitur & Menu Blogger | blog

iktisar : review seluruh blog anda, disini anda bisa melihat berapa banyak pengunjung anda, komentar, pos dan masih banyak lagi

Mengenal fitur & Menu Blogger | blog

pos : pos itu adalah kumpulan artikel yang anda buat

Mengenal fitur & Menu Blogger | blog

Laman : seperti namanya laman adalah halaman, yang dapat anda manfaatkan untuk membuat lembar penting seperti daftar isi, home, dan lain lain, usahakan jangan membuat postingan artikel disini, karena lama disini dimasudkan sebagai lembar khusus. jika diistilahkan pada buku, pos adalah kertas tempat anda menulis, dan laman diibaratkan sebagai sampul nya.

Mengenal fitur & Menu Blogger | blog

komentar : disini anda akan di berikan informasi jika ada pengunjung/pembaca ada yang mengomentari artikel anda

Mengenal fitur & Menu Blogger | blog

google + : adalah goolge plus anda (sama saja dengan email google anda)

Mengenal fitur & Menu Blogger | blog

statistik : informasi yang berhubungan dengan statistik aktivitas blog anda, mulai dari pengunjung perhari, sumber lalu lintas pemirsa, postingan dll

Mengenal fitur & Menu Blogger | blog

kampanye : menu tambahan blog yang dapat anda gunakan nanti untuk mengiklan kan blog anda/ bloger menawarkan bantuan untuk mempromosikan blog anda (berbayar)

Mengenal fitur & Menu Blogger | blog

tata letak : disini anda mengatur letak letak menu yang terdapat pada blog anda

Mengenal fitur & Menu Blogger | blog

templete : tempat anda merubah template/tampilan blog anda.anda juga dapat mendownload template dari google karena sudah banyak template keren di bagikan secara gratis

Mengenal fitur & Menu Blogger | blog

setelah : pengaturan yang ada di dalam blog, anda dapat mengatur setelan blog sesuai dengan keinginan anda disini

Mengenal fitur & Menu Blogger | blog

penghasilan : yaitu google adsense biasanya akan muncul jika blog anda sudah lebih dari 6 bulan, dan memiliki pengunjung yang cukup.
jika blog anda sudah berumur lebih dari 6 bulan tapi menu penghasilan belum keluar anda dapat mengatur cara nya disini

sekian postingan saya tentang menu apa saja yang ada di dalam daskbord blogger, semoga bermanfaat see you soon

Komentar yuk!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tags: