24 Juni 2016

ini dia usaha yang tidak mengadalkan pendidikan

Peluang usaha yang tidak mengadalkan pendidikan

Jaman sekarang ini mainset alias pemikiran orang orang sudah berubah dan menganggap bahwa pendidikan adalah segalanya, sehingga orang tidak memperdulikan dengan kemampuan dan hanya mengandalkan ijazah.
Hal ini yang mengakibatkan setiap lulusan pasti bertujuan mencari pekerjaan bukan mencari ide bagaimana caranya membuka usaha sendiri.

Bukan berarti saya mengatakan pendidikan itu tidak penting, pendidikan memang sangat penting tapi mental sukses jauh lebih penting dimiliki dibandingkan sekedar gelar.

Hitung berapa banyak sarjana pengangguran diluar sana, kenapa banyak? Jawabannya Cuma satu, karena mereka mencari pekerjaan yang aman tanpa menanggung resiko.
Dan bandingkan berapa banyak bos bos besar yang sebenarnya Cuma lulusan smp?atau sma? Banyak juga kan.

Itu merupakan salah satu tanda jika pendidikan memang penting tapi kecerdasan dan mental jauh lebih penting.
Nah berkaitan dengan pendidikan kali ini berwirausaha akan mencoba memberikan gambaran ide peluang bisnis apa yang bisa dilakukan bakan tanpa mengandalkan pendidikan, tetapi lebih kepada kejelian dan keuletan.

Berikut Peluang usaha yang tidak mengadalkan pendidikan :

1. Membuka usaha steam kendaran.

Untuk membuka steam kendaraan anda tidak perlu ijaza atau lulusan apa, yang terpenting adalah anda berani memulai usaha ini. apakah bisnis ini bisa membuat seseorang sukses, insyaallah bisa jika dikelola dengan tepat, diimbangi dengan strategi dan pemasaran yang tepat pula.

2. Laundry pakaian

Apakah anda membutuhkan ijazah untuk mencuci baju seseorang? Tidak anda hanya harus menguasai teknik mencuci baju yang baik agar pelanggan selalu datang dan berlangganan mencuci pakaian di tempat anda.

3. Bengkel kendaraan

Apakah harus lulusan teknik untuk bisa menjadi mekanik handal? Jawabannya tidak selalu benar dan tidak selalu salah, kenapa?
Karena banyak sekali mekanik handal yang sukses bukan karena mereka memiliki pendidikan, tetapi karena asam garam dan pengalaman yang pernah didapatkan seseorang itu sehingga meskpun tidak berpendidikan seorang mekanik yang handal memiliki peluang untuk maju jika berani mengambil keputusan.

Baca juga >>  Tips menjadi Youtuber pemula Agar Sukses

4. Penjaja Kuliner atau makanan

Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia setiap harinya, fitrahnya setiap hari seluruh manusia dibumi ini pasti membutuhkan makanan. Apakah menjajakan makanan membutuhkan pendidikan tinggi? Tidak setiap orang berhak menjual dan menjajakan makanan atau hasil kreasinya kepada orang lain yang membutuhkan.

5. Seniman

Seniman itu luas, bisa dari melukis, penari, penyanyi, pembawa acara dan lain sebagainya termasuk artis. Apakah menjadi seniman dan menjadi artis harus selalu berpendidikan tinggi? Tidak yang penting anda memiliki atitude yang baik, dan bisa dicontoh oleh orang banyak.
Seniman dan Dunia hiburan merupakan dunia yang dipenuhi dengan ketidak pastian, karena secara tiba tiba ana bisa menjadi sangat terkenal begitu juga sebaliknya. Tidak mudah untuk meraih kesuksesan tapi sekali nya sukses buuummm…
Semua orang akan mengenal anda uang mengalir.

Tips memulai usaha jika tanpa pendidikan

  1. Berdiskusilah dengan seseorang yang anda percaya seperti orang tua, istri atau saudara yang anda percaya sebelum memutuskan untuk memulai sesuatu apapun dan mintalah masukan dari mereka.
  2. Jangan terlalu percaya diri dan jangan terlalu percaya kepada orang lain karena dunia ini kadang kejam.
  3. Terus belajar, ulet, dan konsisten karena sukses itu tidak semudah yang saya tuliskan.
  4. Cobalah untuk mencari sejeli mungkin peluang yang bisa anda jadikan sebagai kesempatan untuk meraih kesuksesan, karena kesuksesan bisa diraih oleh siapa saja tidak perduli dengan derajat serta pendidikan.

Tapi meskipun begitu alangkah lebih baiknya jika anda sukses tetapi juga dengan tidak mengesampingkan pendidikan, ingat lmu adalah jendela dunia, dengan ilmu kesuksesan akan lebih mudah untuk didapatkan.

ingat “pendidikan adalah salah satu cara memutuskan rantai kemiskinan”

Mungkin hanya itu saja tips tentang peluang usaha yang bisa sukses tanpa hanya mengandalakan pendidikan. Jika anda ingin sukses meski tanpa dibantu oleh pendidikan maka harus lebih kreatif dan lebih bekerja keras, karena yang berpendidikan saja belum bisa menjamin kesuksesan..

Sekian tulisan saya kali ini semoga sedikit memberikan manfaat.
Dan semoga sukses dengan segala usaha anda. Sampai jumpa
  

SHARE:
tips 0 Replies to “ini dia usaha yang tidak mengadalkan pendidikan”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.