Jualan Nasi Kucing Pinggir Jalan Begini cara memulainya

3
143

Selamat datang di berwirausaha, Kesempatan kali ini kami ingin mangajak anda mengulas peluang usaha angringan nasi kucing, kenapa usaha ini layak dikerjakan, bagaimana gambaran peluang usahanya, bagaimana gambaran keuntungan yang di dapatkan, dan lain lain. Selamat membaca.

Peluang Usaha Nasi Kucing Pinggir Jalan

Nasi kucing apakah anda sudah pernah mengkonsumsi makanan unik yang satu ini?

Nasi kucing atau “sego kucing” juga sebagian orang menyebutnya dengan angkringan nasi kucing yaitu sebuah makanan yang porsi nasinya yang hanya sedikit dan lauknya kebanyakan yang asin atau amis- amis seperti kalau kita kasih makan hewan kucing, maka munculah isttilah nasi kucing.

Sedangkan pengertian dari angkringan sendiri yaitu sebuah tempat makan khas asli yang berasal  dari Jogja. kata angkringan berasal dari kebiasaan penikmat kuliner ini yang sering makan sambil menaikkan 1 kakinya ke kursi atau disebutnya nangkring. Ciri khas lain angkringan nasi kucing adalah tempat nongkrong, berkumpulnya para pemuda.



Apa Saja Menu Yang Ada di kuliner Angkringan Nasi Kucing ?

pada dasarnya hidangan nasi kucing adalah hidangan makanan sederhana yang disajikan pada malam hari di pinggir jalan raya, menu yang biasa disajikan antara lain :

Nama: Contoh
aneka lauk teri, ikan asin, ikan bandeng, orek tempe, bakmi, dll
Berbagai jenis gorengan tempe mendoan, tahu bunting, bakwan, tape goreng, pisang goreng.
berbagai kuliner bacem tahu, tempe, tempe gembus
Berbagai jenis sate sate telor puyuh, sate ampela ati, sate usus ayam, sate kerang, sate cakar ayam, sate kulit ayam, sate paru sapi, kepala ayam
Aneka minuman Teh hangat, es teh, Jeruk hangat, es jeruk, kopi hitam, kopi instan, kopi jos, jahe susu, jahe original, teh jahe, wedang uwuh, wedang sekoteng, dll.

Kenapa Usaha Nasi Kucing ini Layak Dikerjakan
Ada banyak alasan kenapa anda lebih aman memilih usaha angkringan nasi kucing, antara lain karena :

  • Usaha ini sudah lumayan dikenal oleh masyarakat.
  • nasi kucing terkenal denganrasa lezat & nikmat serta dibandrol dengan harga yang murah.
  • pilihan menu makanan dan minuman nya beragam
  • Sebagian besar penikmat sajian angkringan nasi kucing adalah kalangan mahasiswa.
  • Saat ini usaha angkringan nasi kucing sudah mulai merambah kota-kota besar di Indonesia, salah satunya adalah JABODETABEK.
  • Usaha Angkringan nasi kucing tidak memerlukan modal usaha yang besar, sehingga siapa saja bisa memulai usaha ini.
  • Lokasi jualannya bisa dimana saja seperti di pinggir jalan, emperan ruko, dan di tempat lain di lokasi jalan yang ramai sampai tengah malam.

Resiko rugi usaha angkringan nasi kucing tetap ada, namun ini bisa disiasati dengan tekhnik promosi, kematangan skil& kerahaman penjual, serta kualitas & keanekaragaman makanan & minuman yang harus selalu ditingkatkan.




Cara memulai Usaha Angringan Sego kuceng

Berapa Perkiraan Modal Untuk Membuka Usaha Angkringan

gambaran modal usaha angkringan

Detail: Pengeluaran
gerobak 1.500.000
biaya untuk masak + minuman per bulan 2.500.000 sampai 3.000.000
peralatan memasak sesuai penggunaan
sewa tempat (jika menggunakan) sesuai harga sewa
karyawan (jika menggunakan) sesuai standard gaji karyawan daerah anda
kebersihan dan keamanan 50.000
operasional sesuai keperluan
lain lian sesuai kebutuhan

Gambaaran Pendapatan perbulan

Perhitungan omset harian  :
perkirakan saja pengunjung  dalam satu hari adalah 30 orang, dengan rata rata jajan/belanja tiap orang menghabiskan uang 10.000 untuk sekali makan dan minum, berarti perhitungannya adalah :
30 x 10.000 = 300.000, pedapatan perhari..
kalikan selama satu bulan x 30 har = 9.000.000 (ini adalah omset perbulan)

Catatan : *perlu di perhatikan gambaran di atas adalah gambaran perhitungan mentahnya, sedangkan untuk kemungkinan di praktej realitasnya tentu bisa saja jauh berbeda, tergantung  dengan beberapa gfaktor lain yang juga ikut mendukung dan menentukan.

Tips Memulai Usaha Nasi Kucing (angkringan) :

1.Menentukan Lokasi Dagang

Lokasi selalu menjadi salah satu faktor penentu untuk kemajuan usaha makanan, untuk itu sangat penting kami tekankan sebelum anda membuka usaha nasi goreng alangkah baiknya anda mempertimbangkan dengan seksama lokasi anda berdagang nantinya, usahakan carilah lokasi yang ramai dana banyak di lewati orang. Atau jika memang tempat tinggal anda berada di pinggir jalan raya mungkin akan bisa mengurangi pengeluaran dan modal jika anda berdagang di depan rumah anda.

2. Ciri khas dan rasa

Salah satu kelemahan terbesar usaha nasi kucing ini adalah banyaknya saingan, untuk itu anda perlu mempertimbangkan ciri khas produk dagang anda dan juga variasilah rasa agar berbeda dengan nasi goreng lainnya. 

3. Pertimbangkan harga

nasi kucing merupakan makanan untuk semua kalangan untuk itu sebaiknya anda menetapkan harga yang sesuai untuk semua kalangan, buatlah sebuah promosi yang menarik misalnya diskon, terutama untuk anak kos karena kebanyakan anak kos akan tergiur dan jika mereka puas mereka akan mengajak teman temannya, dan juga tidak segan menjadi pelanggan anda.


4. penyajian

 inilah yang menjadikan nasi kucing itu merupakan makanan yang sangat digemari karena penyajiannya yang kental dengan kejawaan, yaitu selalu ramah kepada pengunjung dan menjunjung tinggi persaudaraan.

mungkin cuma itu yang bisa berwirausaha.net bagikan pada kesempatan kali ini, tentang peluang usaha kuliner nasi kucing pinggir jalan yang menjanjikan, semoga bermanfaat dan sukses selalu dengan usaha anda.
sampai jumpa

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.