Kelebihan Dan Kekurangan Ryzen 3 2200 G

Seperti yang kita tau bersama amd membuat gebrakan cukup menghebohkan dengan mengeluarkan CPU keluarga ryzen. nah salah satu yang akan saya ulas disini adalah Ryzen 3 2200G.

Apa sih Ryzen 3 2200G itu?

Ryzen 3 adalah salah satu produk prosesor buatan AMD, memiliki kode nama “Raven Ridge” Selain harganya yang murah, senjata rahasia Ryzen 3 2200G adalah prosesor ini sudah dibekali dengan VGA onboard-nya yaitu vega 8. oh iya tidak semua ryzen itu terintegrasi dengan vega,

Apa Kelebihan Prosesor Yang memiliki VGA on-board?

Dengan VEGA 8 Ini kita bisa menjalankan aplikasi dan game tanpa memerlukan VGA tambahan(GPU diskrit).

Strategi AMD ini dirasa cukup tepat karena mampu menawarkan sebuah solusi bagi kita yang ingin merakit komputer khususnya saat harga VGA sedang tinggi-tingginya, menurut rumor yang beredar tingginya harga VGA bisa jadi disebabkan oleh fenomena mining digital currency seperti bitcoin, alt coin dan digital currency lain yang saat ini sedang marak.

Apakah Ryzen 3 2200G Mampu Digunakan Untuk Bermain Game?

AMD memang sangat cocok untuk gamer kasual yang membangun PC dengan anggaran terbatas, karena kita sudah mendapatkan CPU yang tidak mahal dengan prosesor grafis bawaan yang memberikan kinerja gaming yang jauh lebih tinggi daripada produk dengan harga setara kompetitornya.

Dengan VEGA 8 AMD menargetkan Ryzen 3 2200G-nya pada gamer eSports dan juga game-game baru tentunya dengan settingan tertentu.

apa saja kelebihan dan kekurangan AMD Ryzen 3 2200G

Kelebihan AMD Ryzen 3 2200G

  • Harga Sangat terjangkau, kita bisa memperoleh powerfull prosesor dengan harga yang cukup murah, jika dibandingkan dengan harga sama untuk produk kompetitor.
  • Mengusung Grafik Vega yang kuat, saya banyak melihat dan membandingkan performa yang dihasilkan oleh vega 8, VGA onboard ini udah bisa melibas game game umum seperti dota 2, GTA 5, pubg, dan masih banyak lagi.
  • Full Support Over Clocking.

Kekurangan AMD Ryzen 3 2200G

  • Membutuhkan memori dual channel untuk bekerja secara maximal, pengujian yang dilakukan oleh sebuah website yang saya baca menunjukan peningkatan performa hingga 2x lipat dengan menggunakan memory dual channel, jadi disarankan membeli memory dengan dual configurasi misal 4×4, 8×8 dst.
  • Membutuhkan heatsink yang lebih baik untuk overclocking. sebenarnya ini relatif untuk penggunakan kasual tanpa overclocking sebenarnya headsing bawaan pun sudah cukup untuk mengatasi panas yang dikeluarkan oleh prosesor, tapi untuk gaming hardcore dan OC sangat disarankan menggunakan case dan fan tambahan atau membeli headsing aftermarket yang memadai agar tidak terjadi overhead prosesor dan menurunkan umur prosesor.
  • Perlu memastikan kompatibilitas BIOS motherboard, beberapa motherboard harus melakukan upgrade bios jika memang ingin menggunkan ryzen 3, jadi sebaiknya sebelum membeli motherboard mintalah penjual menjelaskan apakah motherboard tersebut sudah diupdate ke bios yang kopatible dengan ryzen 3 anda.
  • harus update OS ke windows 10 yang terbaru, karena saya menemui beberapa kasus terjadi sebelum mengupdate windows 10 ke versi terbaru. tapi masalah ini bisa diatasi dengan mengupdate windows 10 ke versi terbaru.

Spesifikasi AMD Ryzen 3 2200G

CPU Cores/Threads4/4
GraphicsVega 8
Base Cpu Frequency3,5 GHz
Turbo CPU Frequency3,7 GHz
L2 Cache512 KB/Core
L3 Cache4MB
Gpu Cores12 SPs @1100MHz
Compute Units8CUs
Ram SupportDDR4-2933
TDP46-65 Watt

mungkin itu saja, kalau ada salah saya terbuka untuk koreksi dan jika ada kekurangan silahkan ditambahkan dikomentar.

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.