Siapa Pemilik dan Pendiri Blibli, ini Jawabannya

Apakah anda pernah mendengar toko online  Blibli.com? Nah tapi pernahkan anda bertanya dalam hati siapa toko pendiri dan pemilik toko online blibli.

Apa itu blibli?

Bllibli merupakan salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia yang menyediakan sarana adalah platform perdagangan elektronik.  

Kapan Blibli didirikan

Blibli.com didirikan sejak 2010 dan resmi diluncurkan pada tanggal 25 juli 2011. Blibli didirikan oleh PT.Global Digital Niaga(GDN) yang merupakan anak perusahaan dari PT.Global Digital Prima(GDP) yang merupakan bagian dari salah satu produsen rokok terbesar di Indonesia Djarum Group. Selain blibli Djarum Group juga memegang beberapa bisnis online terkemuka seperti litasberita.com, krazymarket.com, dailysocoal.net, serta perusahaan incubator bisnis online bernama Merah Putih Inc.

apakah pendiri dan pemilik blibli adalah orang yang sama?

Tidak pendiri dan pemilik blibli merupakan dua orang yang berbeda.

Siapa Pemilik Toko Online Blibli?

Pemilik blibli yaitu Martin Hartono. Martin Hartono yang merupakan putra dari pemilik Djarum Group, Budi Hartono.

Seperti yang sudah kita singgung diawal Blibli merupakan salah satu bagian dari Djarum Group, yang berada pada naungan PT Global Digital Prima.  


Foto Martin Hartono

Siapa Pendiri Blibli.com?

Salah satu nama tokoh dibalik berdirinya blibli yaitu kusumo martono, yang merupakan lulusan S2 Teknik Industri dari Georgia Institute of technology, Amerika Serikat. Saat ini Kusumo martono  juga menjabat sebagai CEO PT.Global Digital Niaga(GDN).


Kusumo martono CEo dan pendiri BLIBLI

Bagaimana Awal Berdirinya Blibli?

Sebelum memulai karir dan membantu kesuksesan blibli.com, Kusuma Martanto sempat bekerja di Amerika Serikat pada perusahaan Intel Corporation dan i2 Technologies dan jabatan terakhir yang ia pegang saat itu adalah sebagai Senior Manajer Produk.

Berbekal pengalaman bekerja di luar negeri itulah di tahun 2009 Djarum Group berani meminang Kusuma Martanto untuk membantu mereka menyukseskan blibli.com dibawah naungan PT Global Digital Prima.

Lebih jauh tentang blibli

Kantor pusat Blibli bermarkas di Jakarta Barat dengan biaya infrastruktur seperti server dan jaringan hampir mencapai Rp 100 miliar.

Blibli bekerja sama dengan penyedia jasa teknologi, mitra logistik, perbankan serta mitra dagang dengan standar tertentu untuk menciptakan sistem back-end yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna blibli

Model bisnis Blibli

Berbeda dengan toko online lainnya seperti bukalapak dan tokopedia yang menggunakan model C2C (pelanggan untuk pelanggan) nampaknya blibli menggunakan model bisnis hibrid C2C (pelanggan ke pelanggan) dan B2C (Bisnis untuk Pelanggan), artinya blibli selain menyediakan lapak untuk para pedagang juga menjual produk sendiri. Bahkan untuk pengiriman biasanya dilakukan oleh pihak blibli. Penggambaran prosedurnya seperti ini, saat penjual mendapatkan order blibli akan mengirimkan notifikasi kepada seller untuk mengirimkan produk yang akan dikirimkan ke pelanggan ke kantor blibli, setelah itu pihak blibli yang akan mengirimkannya langsung kealamat pembeli.

Keuntungan Dan Kekurangan Belanja Diblibli

Arena proses pengirman dilakukan oleh pihak blibli hal ini memberikan belanja diblibli memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan diantanyanya:

Kelebihan

  • Gratis ongkos kirim. Keuntungan yang menurut saya paling utama dari blibli adalah gratis untung sesuai jumlah nominal transaksi, jadi Semakin besar jumlah transaksi yang dilakukan diblibli kita diberikan biaya gratis kirim yng juga semakin besar. Berbeda dengan toko online lainnya.
  • Barang pasti dikirim.
  • Lebih aman

Kekurangan

  • Proses pengiriman menjadi lebih lama
  • Kita tidak bisa langsung chet ke penjual terkait barang dagangan, tetapi bisa bertanya tentang detail produk di bagian diskusi produk.

Kesimpulan

blibli merupakan salah satu marketplace berasal dari indonesia yang cukup diminati saat ini, blibli juga merupakan salah satu online shop yang menawarkan gratis ongkos kirim keseluruh idonesia.

Mungkin cuma itu yang bisa saya bagikan mengenai blibli, saya terbuka untuk koreksi jika terdapat kesalahan, dan jika ada yang terlewat silahkan di tambahkan saja di kolom komentar. Semoga bermanfaat

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.