Sosok Pendiri Tokopedia

Pasti anda Sudah tidak asing lagi dong dengan Tokopedia?

Tokopedia merupakan salah satu platform jual beli online paling terkenal dan terbesar diindonesia dan sebuah startup jual beli online yang menghubungkan penjual dan pembeli di seluruh Indonesia dengan biaya gratis.

Tokopedia merupakan salah satu perusahaan teknologi Indonesia dengan misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital.

Advertisement

Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.

Sekilas Tokopedia

Tokopedia resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat.

Tokopedia memiliki bisnis marketplace terdepan di Indonesia yang memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daring. Hingga saat ini, Tokopedia menjadi marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Sejak diluncurkan, layanan dasar Tokopedia dapat digunakan oleh semua orang secara gratis.

Visi Tokopedia

Tokopedia memiliki visi “Membangun sebuah ekosistem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apapun “,

saat ini Tokopedia telah berhasil memberdayakan jutaan pedagang dan konsumen untuk berpartisipasi dalam masa depan perekonomian. Tokopedia secara konsisten mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring.

Siapa Pendiri Tokopedia?

Tokoh Pendiri tokopedia ada dua orang semuanya berjasa dibalik berdirinya salah satu marketplace paling terkenal di indonesia ini, meraka adalah William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison.


coo tokopedia leontinus alpha edison (memakai topi) dan ceo tokopedia william tanuwijaya

Biografi Singkat Wiliam Tanuwijaya

William Tanuwijaya lahir di Pematang Siantar, 18 November 1981 dari keluarga yang sederhana. Selepas SMA, Ayah dan paman William memintanya untuk melanjutkan pendidikan di Jakarta. Meski berasal dari keluarga dengan kondisi ekonomi yang pas-pasan, orangtua William sangat peduli pada pendidikan. Mereka ingin agar William memperoleh pendidikan yang lebih baik sehingga bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

William akhirnya menjalani pengalaman pertamanya keluar dari Sumatera Utara. Ia menempuh perjalanan laut selama 4 hari tiga malam dari Belawan ke Tanjung Priok. Ia kemudian berkuliah di Universitas Bina Nusantara (BINUS).

Sayangnya pada tahun kedua perkuliahan, ayah William jatuh sakit sehingga mengharuskannya untuk bekerja sampingan sebagai penjaga shift malam warnet 24 jam di dekat lokasi kampus. Saat itu ia bisa menggunakan fasilitas internet gratis setiap harinya. Hal inilah yang kemudian memunculkan kecintaannya pada internet, khususnya dunia digital.

Biografi singkat Leontinus Alpha Edison

Leontinus Alpha Edison merupakan seorang pengusaha Indonesia. Berawal dari keinginannya membangun Indonesia dengan kemampuan yang ia miliki kemudian membangun startup. Saat itulah awalnya bagaimana Leontinus Alpha Edison bertemu dengan William Tanuwidjaya. Kemudian sama sama mendirikan Tokopedia.

Ide Awal Tokopedia

Setelah selesai menempuh kuliah tahun 2003, William bekerja di beberapa perusahaan pengembang piranti lunak di beberapa perusahaan seperti TelkomSigma dan Sqiva Sistem setelah sebelumnya bekerja sebagai pengembang Game di Bolehnet. Kemudian di 2006 bekerja sebagai IT & Business Development Manager di Indocom Mediatama. Dari sini kemudian timbul idenya untuk mempunyai perusahaan internet sendiri.

Awal Terbentuknya Tokopedia

Pada tahun 2007, ide untuk membangun Tokopedia muncul. Sayangnya william terkendala modal untuk mewujudkan ide tersebut. Dia mengajak temannya Leontinus Alpha Edison untuk mendirikan Tokopedia, terinspirasi dari kebanyakan perusahaan internet dunia seperti google, William memberanikan diri untuk mulai mencari pemodal. Usaha ini terbilang sulit karena ia harus menerima penolakan dari banyak pihak. Dua tahun mencoba meyakinkan banyak orang, William harus menerima kenyataan bahwa perusahaan internet belum memiliki kepercayaan saat itu. Apalagi, saat itu ayahnya divonis penyakit kanker kronis. William pun dituntut menjadi tulang punggung keluarga.

William tidak putus asa. Ia terus berusaha meyakinkan orang-orang tentang potensi sebuah perusahaan internet. Maka pada tahun 2009, Tokopedia akhirnya dapat dijalankan setelah mendapat kepercayaan dari salah seorang pemodal. Ia mengumpulkan talenta-talenta terbaik negeri untuk bergabung di Tokopedia, meyakinkan para mahasiswa di berbagai universitas terkemuka.

Investor dan Pemodal

Berikut beberapa Investor yang mendukung tokopedia:

  • Tanggal 6 Februari 2009, Tokopedia resmi berdiri dan tanggal 17 Agustus pada tahun yang sama Tokopedia resmi diluncurkan ke publik secara online.
  • PT Tokopedia mendapatkan pendanaan awal dari PT Indonusa Dwitama pada tahun 2009.
  • Tokopedia kembali mendapat suntikan dana dari pemodal ventura global seperti East Ventures (2010)
  • Cyber Agent Ventures (2011)
  • Netprice (2012)
  • SoftBank Ventures Korea (2013).
  • Pada Oktober 2014, Tokopedia menjadi perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI).
  • Pada April 2016, Tokopedia kembali dikabarkan mendapatkan investasi sebesar USD 147 juta atau sekitar Rp 1,9 triliun.
  • Tokopedia kembali mengumumkan babak investasi baru pada 17 Agustus 2017. Pendanaan senilai USD 1,1 miliar atau sekitar Rp14,7 triliun berasal dari Alibaba Group, yang sekaligus menjadikan perusahaan asal Tiongkok tersebut sebagai pemegang saham minoritas di Tokopedia.

Kini, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah e-commerce unicorn terkemuka di tanah air dengan valuasi diatas US$ 1 miliar. Memiliki 4 juta penjual dan dikunjungi oleh lebih dari 73 juta pengunjung pada Mei 2018 lalu saat mereka meluncurkan promo bertajuk “Ramadan Ekstra”.

Jenis Bisnis

Tokopedia menghadirkan empat bisnis utama bagi para penggunanya.

  1. Bisnis pertama Tokopedia, sekaligus yang menjadi bisnis paling dikenal masyarakat adalah marketplace. Tokopedia menyediakan bisnis C2C (pelanggan kepada pelanggan) gratis untuk penjual dan pembeli. Terdapat juga toko resmi untuk beberapa merek resmi terkemuka.
  2. B2C (bisnis kepada pelanggan) yaitu dengan menyediakan produk digital seperti pulsa, pembayaran BPJS, listrik dan air, tagihan telepon, kartu kredit, tv berlangganan, tiket pesawat, tiket kereta, acara, voucher permainan video, dan produk digital lainnya.
  3. Pada tahun 2016, Tokopedia melebarkan sayap dengan menghadirkan produk teknologi finansial. Produk fintech Tokopedia terdiri dari dompet digital, investasi terjangkau, kredit modal bisnis, kartu kredit virtual, produk proteksi, skoring kredit berdasarkan data untuk produk pinjaman, investasi, serta layanan keuangan lainnya.
  4. Tahun 2018 Tokopedia menghadirkan aplikasi Mitra Tokopedia. Aplikasi ini ditujukan untuk memungkinkan semua orang khususnya pemilik warung dan usaha kecil untuk bisa berjualan produk digital Tokopedia seperti paket data, token listrik, BPJS, voucher game, dan lain sebagainya.

Apa Bahasa Pemrograman Yang digunakan Oleh Tokopedia?

Pada saat awal didirikan tahun 2009 Tokopedia dibangun menggunakan bahasa pemrograman Perl, database Oracle dan webserver Apache dengan mod_perl. Kemudian mengganti databasenya dengan PostgreSQL Pada tahun 2015 Arsitektur Tokopedia berganti dari yang sebelumnya monolitik menjadi berbasis microservices. Pemilihan bahasa program pun mengalami perubahan, walaupun belum 100%, sebagian sistem Tokopedia sudah dibangun menggunakan bahasa program Go. Selain pergantian database server, webserver Tokopedia pun belakangan berganti menggunakan Nginx.

Tokopedia juga menggunakan beberapa layanan berbasis cloud, contohnya: S3 (untuk storage/penyimpanan) dan Cloudsearch, keduanya merupakan layanan dari Amazon Web Services.

Mungkin itu saja yang bisa saya rangkum disini, jika terdapat kesalahan say terbuka untuk koreksi, kalau ada yang kurang silahkan ditambahkan saja di kolom komentar dibawah. semoga bermanfaat

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.