Penyebab Virus Corona Dan Cara Mencegahnya

Virus corona menjadi salah satu permasalah yang belakangan muncul dan meresahkan di berbagai negara termasuk di Indonesia.

Diduga penyebaran penyebarab Virus corona ini pertama kali berasal dari China. Gejala yang ditimbulkan Virus corona mirip dengan SARS. berikut kita akan bahas beberapa hal yang perlu Anda tahu tentang virus corona, mulai dari gejala hingga cara mencegah virus corona.

Apa Itu Virus Corona?

Corona virus merupakan jenis virus yang pertama kali di identifikasi pada tahun 1960 dan belum di ketahui asal usul pasti virusnya. Nama corona di ambil dari bentuknya yang menyerupai mahkota. berbagai sumber menyebutkan Corona virus ini mampu menyerang baik manusia maupun hewan. Menurut Xiunhuanet, asal mula kemunculan virus corona yaitu di pasar ikan lokal Wuhan, Tiongkok 12 hingga 29 Desember.

Seberapa berbahayakah Virus Corona?

Menurut laporan dari Sin Chew Daily, hingga Kamis 23 Januari 2020, tercatat setidaknya ada 548 kasus virus Corona Wuhan ini dan 17 orang yang meninggal akibat virus corona.

ditiongkok pada tahun 2002-2003 silam, corona dikabarkan telah menjangkiti lebih dari 8000 orang dan menyebabkan kurang lebih 800 kematian akibat Severe Acute Respiratory Syndrome atau SARS yaitu penyakit pernapasan yang sangat menular. Sedangkan Middle East Respiratory Syndrome atau MERS merupakan wabah serupa di wilayah Timur Tengah yang terjadi pada tahun 2012. mengakibatkan 585 kematian di Arab Saudi.

Advertisement

Keduanya merupakan penyakit yang disebabkan oleh coronavirus, tetapi dari jenis yang berbeda jika dibandingkan dengan wabah pneumonia saat ini.

Ciri ciri dan gejala virus corona

Virus corona dapat menyebabkan gejala berikut :

  • merasakan sakit pernapasan
  • demam yang berkelanjutan
  • batuk
  • sakit kepala
  • kesulitan untuk bernapas

(Dilansir dari MedicineNet)

Bagaimana Cara Mengatasi Virus Corona?

Penyebab Virus Corona Dan Cara Mencegahnya
Virus Corona Dan Cara Mencegahnya

Sebenarnya untuk saat ini belum ditemukan vaksin untuk mengobati Virus corona. Pemberian antibiotik pada pasien tidak akan bekerja sehingga dokter akan melakukan rawat inap di rumah sakit. Proses pemulihanpun sangat bergantung kepada sistem kekebalan (imun) pasien. hal inilah yang menyebabkan banyaknya kematian akibat virus corona.

Kita doakan saja vaksin untuk virus ini bisa segera ditemukan.

Cara pencegahan Agar Tidak Tertular Firus Corona

Mengutip dari berbagai sumber Ada beberapa tips cara mudah yang bisa dilakukan untuk terhindar dari virus corona dan mencegah penyebarannya tidak meluas, yaitu sebagai berikut:

  1. hindari untuk melakukan kontak langsung dengan hewan.
  2. Mencuci dan membilas tangan Anda dengan sabun dan air serta pastikan tangan, jari, dan kuku bersih dari kuman
  3. Hindari menyentuh mata, mulut, atau hidung Anda dengan tangan yang tidak bersih.
  4. Menghindari kontak dengan orang yang sakit memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan dan di tempat-tempat umum.
  5. Perbanyak minum air putih dan Selalu jalankan pola hidup sehat.
  6. Menghindari tempat ramai, jika tidak ada keperluan mendesak.
  7. Menjaga tubuh tetap vit dan serta tercukupi asupan nutrisi agar dan terhindar dari wabah virus corona.

Cara melindungi orang lain agar tidak tertular

Jika Anda merasa terjangkiti penyakit atau gejala corona, berusahalah untuk tidak menularkan virus kepada orang. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  • Sebisa mungkin Hindari kontak dekat dengan orang lain agar tidak menulari.
  • Tutup mulut dan hidung dengan masker atau tisu saat batuk dan bersin.
  • Segera mungkin segera periksa diri Anda

semoga bermanfaat

Advertisement

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.