15 Website Terbaik Untuk Menjadi Freelance 2021

15 Website Terbaik Untuk Menjadi Freelance 2021

Freelance merupakan salah satu jenis pekerjaan yang paling cocok dengan keadaan pandemi seperti sekarang ini di mana kita tetap bisa bekerja dan menghasilkan uang tanpa meninggalkan rumah. Memang di zaman yang serba modern ini segala sesuatu mungkin untuk dilakukan secara online termasuk dalam mencari pekerjaan dan mencari uang.

Apa itu freelance dan freelancer

Freelance adalah salah satu jenis pekerjaan yang dilakukan secara mandiri dan tidak terikat kontrak dalam jangka waktu yang lama pada suatu perusahaan, freelance juga bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan karena bisa dilakukan dimana saja dan dikerjakan kapan saja.

Sedangkan freelancer adalah orang yang bekerja secara freelance. Freelancer Bisa juga diartikan sebagai tenaga lepas.

Contoh freelencer dan Cara kerja freelance itu seperti apa

Berikut adalah Cara bekerja secara freelance dalam kehidupan kita sehari-hari, misalkan si Budi bekerja sebagai seorang guru, dimalam hari Budi juga bekerja sebagai penulis lepas artikel untuk sebuah website berita. Di sini bisa dikatakan jika Budi juga seorang freelancer di bidang penulisan.

Kelebihan bekerja menjadi freelancer

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan bekerja secara freelence

Kelebihan menajdi Freelance

  • Fleksibel bisa menyesuaikan dengan keinginan kita
  • Bebas dan tidak terikat tempat dan juga waktu
  • Sarana untuk mengasah kemampuan
  • Bisa menentukan klien yang ingin kita ajak untuk kerjasama
  • Bisa menentukan sendiri harga dan bayaran yang kita peroleh dengan menysesuaikan kemampuan yang kita miliki dan kesulitan projek yang akan dikerjakan
  • Mengasah kemampuan dibidang yang dikerjakan
  • Bisa mengolah pengalaman bekerja secara mandiri

Kekurangan saat menjadi freelancer

Beberapa kelemahan yang juga harus kamu ketahui jika menjadi seorang freelancer:

  • Penghasilan yang kita peroleh itu tidak menentu
  • Pekerjaan dan juga project juga tidak selalu ada
  • Tidak memperoleh fasilitas yang didapatkan oleh pegawai umum
  • Resiko untuk berhadapan dengan kain yang kurang menyenangkan
  • Harus mampu menyelesaikan tugas sesuai dengan deadline dan juga perjanjian
  • Mau melakuakan revisi berkali kali

Berapakah Gaji freelance online

Tidak ada patokan khusus yang menentukan berapa penghasilan seorang freelancer yang jelas semakin profesional jasa yang ditawarkan, semakin tinggi jam kerja semakin banyak juga hasil yang bisa diperoleh, saya contohkan saya sebagai seorang penulis artikel saya bisa dibayar sampai Rp100.000 per artikel untuk membuat tulisan yang sesuai dengan kriteria klien saya. Padahal untuk satu artikel bisa saya selesaikan dalam waktu kurang dari 2 jam.

Jenis pembayaran juga berbeda beda Kadang saya dibayar perprojek ada juga yang dibayar per tulisan. Ada saatnya jasa saya dihargai lebih rendah dari yang saya minta kadang juga ada yang membayar saya jauh lebih besar dari yang saya sebutkan sebagai imbalan…

jadi tidak menentu dan bisa berubah-ubah sesuai dengan jenis pekerjaan, kesulitan project, keahlian yang dibutuhkan dan juga perjanjian yang telah disepakati bersama klien.

Satu yang pasti profil dan nama baik kita sebagai seorang freelancer juga sangat menentukan, seorang freelancer yang memiliki jam kerja yang sudah sangat tinggi, memiliki banyak pelanggan dan juga memiliki reputasi baik biasanya akan lebih diminati dan semakin terkenal jasanya semakin meningkat juga tarif untuk jasa yang ditawarkan.

Anggapan bahwa Freelance adalah pengangguran?

Banyak yang beranggapan kalau freelance itu merupakan orang pengangguran, pandangan ini tentu saja salah freelance itu bekerja tetapi pekerjaan mereka itu tidak terikat kepada perusahaan. Depan monitor dan tidak pergi kemana-manasehingga orang yang melihatnya itu mengira mereka itu orang yang menganggur dan tidak melakukan apa-apa jadi tidak salah jika banyak yang menyangka mereka hanyalah seorang pengangguran.

Contoh Pekerjaan Freelance

Lowongan freelance/Job freelance online Contoh freelance dan Jenis-jenis pekerjaan freelance yang paling dibutuhkan

  • Penulis artikel
  • Programmer
  • Illustrator
  • Designer
  • Translator
  • Fotografer
  • Video editor dan masih banyak lagi

Untuk ulasan mendetail mengenai jenis-jenis pekerjaan freelance yang paling dibutuhkan diatas bisa kalian baca artikelnya di link berikut ini

15 Website Terbaik Untuk Menjadi Freelance 2021

15 Website Terbaik Untuk Menjadi Freelance 2021

Setelah mengetahui jenis-jenis pekerjaan yang bisa kalian lakukan sebagai seorang finance selanjutnya kita akan membahas tempat dimana kita bisa memperoleh pekerjaan sebagai seorang freelancer tersebut dan berikut merupakan rekomendasi tempat tempat yang cocok digunakan untuk mencari lowongan kerja sebagai seorang freelance. Beriku rekomendasi tempat-tempat mencari kerja freelance:

Freelance untuk global

Toptal

Toptal memberi penghargaan yang tinggi berupa predikat layanan Anda sebagai “the top 3% of global talent” jika Anda mengembangkan portofolio Anda dengan baik. Toptal adalah freelance yang berusaha membantu perusahaan menemukan (3%) dari Top freelancer kelas dunia. Menawarkan berbagai kategori pekerjaan mulai dari desainer, ahli keuangan, manajer proyek hingga manajer produk. Digunakan oleh perusahaan seperti Motorola dan perusahaan Hewlett-Packard, Toptal bekerja dengan mempekerjakan pakar industri yang cocok dengan perusahaan dengan freelancer untuk memastikan bahwa keduanya mendapatkan kecocokan yang tepat.

GUru.com

Guru adalah sebuah platform yang dirancang untuk membantu perusahaan menemukan dan mempekerjakan freelancer ahli dari seluruh dunia. Platformnya sangat fleksibel dan hemat biaya memungkinkan orang mempekerjakan freelancer dalam segala hal mulai dari pemrograman dan pengembangan hingga penulisan dan terjemahan, desain dan seni, penjualan, pemasaran, dan banyak lagi.

Upwork

adalah situs freelance berbasis cloud yang dikenal memiliki jumlah klien dan freelancer terbesar. UpWork sebelumnya bernama oDesk adalah marketplace yang mempertemukan antara Client dengan Freelancer dari berbagai belahan dunia. UpWork merupakan hasil merger antara oDesk dan situs freelancing lainnya.Digunakan oleh perusahaan seperti Microsoft, Airbnb, dan GE. Kelebihan di Upwork adalah memiliki dukungan tool untuk perkembangan karir

Freelancer.com

Sebuah platform gratis untuk membuat proyek dan mencari pekerjaan mulai dari pengembangan situs web dan desain logo hingga penulisan dan pemasaran. Cara kerjanya sama dengan situs freelance lainnya dimana saat seseorang menerbitkan proyek mana otomotis akan mulai menerima penawaran dari para freelancer. Atau, jika Anda seorang freelencer bisa menelusuri projek yang tersedia di situs dan membuat tawaran langsung kepada pemilik proyek.
Freelancer.com mengaku pernah digunakan oleh perusahaan seperti Microsoft, SAP dan Intel.

99designs

99designs adalah platform yang menampung freelancer yang ingin menawarkan layanan desain mereka. 99designs, yang melihat desain baru yang dibuat untuk kliennya setiap dua detik, menampilkan pekerjaan freelance di lebih dari 90 kategori. Dengan demikian, apakah Anda mahir dalam membuat logo, situs web, sampul buku, atau yang lainnya, kemungkinan itu akan memenuhi bidang keahlian Anda.

Aquent

Bergabunglah dengan Aquent jika Anda merupakan pekerja yang berpengalaman karena platform ini dibuat untuk pekerja profesional. Aquent adalah Situs web freelancing kreatif dan pemasaran, Aquent mengatakan bahwa web ini mampu memberikan wawasan yang lebih dalam untuk menemukan kecocokan yang lebih baik untuk pekerjaan atau proyek, termasuk aspek seperti lokasi bakat, tarif dan ketersediaan. Aquent mampu memberi tag otomatis pada portofolio dengan lebih dari 24 juta label objek dan gambar menggunakan klasifikasi gambar dan deteksi objek, sehingga anda bisa menemukan freelencer dengan requirement yang di inginkan projek yang anda miliki dengan lebih akurat.

TaskRabbit

TaskRabbit membuka kesempatan untuk profesi yang bergerak dalam bidang pekerjaan rumah.
TaskRabbit adalah situs online dan seluler Amerika yang mencocokkan tenaga freelance dengan permintaan lokal, memungkinkan konsumen untuk menemukan bantuan langsung dengan tugas sehari-hari, termasuk pembersihan, pemindahan, pengiriman, dan pekerjaan tukang.

Writer Access

Writer Access adalah salah satu situs freelance terbaik untuk penulis lepas (freelance writer). WriterAccess mempermudah akses kerja bagi orang-orang yang mencari uang tambahan dengan membuat tulisan. Di Writer Access Anda bisa menemukan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan dunia tulis menulis. Beberapa di antaranya seperti menulis artikel, studi kasus, laporan ilmiah dan masih banyak lainnya.
Writer Access juga menawarkan berbagai tools seperti optimasi keyword, content planner, dan analytics. Berbagai tools ini bisa membantu pekerjaan Anda sebagai penulis untuk efisien dan lebih berkualitas.

Crowdsource

Crowdsource disebut sebagai salah satu website freelance terbesar yang tersedia. Website ini cocok bagi Anda yang mencari pekerjaan dalam bidang pembuatan konten, editing, perusahaan media, dan penerbit.
Yang unik adalah CrowdSource memecah tugas-tugas besar menjadi tugas-tugas yang lebih kecil yang lebih mudah dikelola. Kalau Anda dianggap memenuhi syarat, Anda dapat mengerjakan pekerjaannya melalui platform terintegrasi. Jika pekerjaan freelancer dianggap baik, mereka akan menerima kompensasi yang lebih besar dan mendapatkan akses ke pekerjaan yang lebih banyak.

Fiverr

Fiverr adalah layanan yang menawarkan berbagai jenis pekerjaan meliputi penulisan, terjemahan, desain grafis, pengeditan video dan pemrograman. Dengan Fiverr, Anda dapat mencari kerja sembari meningkatkan kemampuan yang Anda miliki dengan pelatihan yang disediakan.

Freelance untuk pasar Indonesia

Projects.co.id

Projects.co.id adalah salah satu website freelance yang cukup terkenal di Indonesia. Di Projects, Anda bisa menemukan freelance untuk banyak pilihan pekerjaan mulai dari programmer, content writer, SEO, dan lainnya. Anda juga bisa melakukan transaksi jual-beli produk digital disini mulai dari Produk-produk eBook, design kaos, template website, dan lain sebagainya. Projects sudah sangat terkenal di kalangan pekerja online dan internet marketing indonesia, saya sendiri sudah beberapa kali menggunakan projek untuk mengerjakan projek saya.

Sribulancer

Sama seperti di project.co.id di sribulancer Anda juga bisa mencari Pekerjaan yang cocok dengan kriteria anda, Sribulancer adalah salah satu website freelance yang cukup popular di Indonesia. Sribulancer ini dulu juga termasuk situs freelance pertama yang menawarkan pembayaran melalui transfer bank. Jadi, sangat cocok bagi warga Indonesia yang sebagaian belum memiliki kartu kredit.

Sribu

Bukan hanya namanya yang mirip sribu memang merupakan anak perusahaan sribulancer. Situs ini cocok Bagi Anda para graphic designer karena situs ini fokus kepada freelance yang berhubungan dengan bgraphic designer. Jenis design yang mereka tawarkan mulai dari desain logo, website, aplikasi mobile, sampai dengan interior. Uniknya Sribu memakai sistem kontes dimana para graphic designer akan memasukkan karya mereka. Nantinya pemilik proyek akan memilih karya yang lebih disuka sebagai pemenang proyek.

Freelancer Indonesia

Freelancer Indonesia adalah salah satu website freelance terbesar di Indonesia. Website ini memang merupakan versi Indonesia dari website Freelance yang merupakan sebuah startup dari Australia. Disini kita bisa menemukan berbagai proyek mulai dari IT, design, marketing, penerjemahan, sampai jurnalistik.

Gobann

Salah satu website freelance yang juga cukup terkenal di Indonesia adalah Gobann. Seperti namanya situs freelance yang satu ini memiliki sistem yang sedikit berbeda. Semua jasa yang ditawarkan di website ini memiliki harga yang sama rata yaitu Rp. 50,000.
Gobann memiliki dua menu utama, yaitu Kangtao yaitu freelancer yang ingin menawarkan jasa merekadan Demand yang merupakan permintaan jasa dari klien.

1 tanggapan pada “15 Website Terbaik Untuk Menjadi Freelance 2021”

  1. Pingback: Contoh Pekerjaan Freelance Terbaik Saat Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.