Review Tema Astra Alasan Kenapa Kamu Harus Coba

Review Tema Astra Alasan Kenapa Kamu Harus Coba

Posted on

Astra adalah salah satu tema paling populer di pasaran, dengan lebih dari 1,6 juta pengguna aktif dan lebih dari 5.600 ulasan bintang lima. Tema ini dinobatkan sebagai tema nomor satu selama 3 tahun berturut-turut, yaitu pada tahun 2021, 2022, dan 2023 oleh The WP Weekly dan Monster Awards. Saya Sudah Pernah pakai tema Astra Sebelum menggunakan Tema saya Yang sekarang.

Siapa Yang Membuat Astra Theme?

Produk Astra merupakan hasil karya Brainstorm Force. Brainstorm Force telah menciptakan banyak produk dan solusi populer, termasuk Spectra, Schema Pro, Convert Pro, Ultimate Addons for Elementor, dan Beaver Builder.

Banyak merek ternama seperti NASA, Universitas Stanford, Bob Jones University, Liquid Web, LearnDash, dan masih banyak lagi yang mempercayai Astra dan Brainstorm Force.

Kenapa Harus Coba Tema Astra

Tema WordPress Astra telah menjadi salah satu pilihan utama bagi para pengguna WordPress yang ingin membuat website yang menarik dan fungsional. Dalam review ini, kami akan membahas mengapa Astra menjadi salah satu tema terpopuler dan mengapa Anda harus mempertimbangkannya untuk proyek website Anda.

Kelebihan Dan Kekurangan

Seperti yang sudah saya tulis di awal Saya telah menggunakan tema WordPress Astra untuk beberapa proyek website saya, dan saya ingin berbagi pengalaman saya dengan Anda. Berikut adalah pendapat saya tentang kelebihan wordpress theme Astra:

Kelebihan Tema Astra

Astra Sangat Mudah Disesuaikan

Salah satu keunggulan utama Astra adalah kemampuannya untuk disesuaikan secara ekstensif. Dengan alat-alat kustomisasi tanpa kode yang ditawarkan, Anda bisa dengan mudah mengubah tampilan dan struktur halaman produk, halaman checkout, dan halaman katalog. Mengedit tema lain tanpa alat-alat ini bisa menjadi pekerjaan yang melelahkan! Astra memudahkan kita untuk melakukan perubahan yang diinginkan tanpa harus menghabiskan waktu dan usaha yang berlebihan.

Kecepatan

Kecepatan adalah kunci untuk memberikan pengalaman pengguna yang mulus dan memuaskan. Astra dirancang untuk memuat dengan cepat di berbagai perangkat, memberikan pengalaman pengguna yang lancar sejak saat mereka mengakses halaman Anda. Selain itu, Astra juga merupakan tema yang ramah SEO, dengan dukungan schema bawaan yang membantu meningkatkan peringkat SERP Anda. Jadi tidak hanya pengalaman pengguna yang ditingkatkan, tetapi juga kemungkinan untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian.

Responsif & Mudah Terjemahan

Penting untuk memastikan bahwa blog kita bisa diakses dengan mudah dari berbagai perangkat. Astra adalah tema yang ramah pengguna mobile dan sepenuhnya responsif, artinya blog Anda akan terlihat sempurna baik di desktop maupun perangkat seluler. Selain itu, Astra juga siap terjemahan, memungkinkan Anda untuk menjangkau audiens global dengan menerjemahkan situs Anda ke dalam berbagai bahasa. Astra dilengkapi dengan sejumlah templat awal yang telah siap pakai, memungkinkan Anda untuk meluncurkan toko online Anda dengan cepat dan tanpa kesulitan.

Dengan kombinasi fitur-fitur hebat ini, tidak mengherankan bahwa Astra menjadi pilihan utama bagi banyak pemilik blog.

Kekurangan Tema Astra

Tema WordPress Astra memang memiliki banyak keunggulan, tetapi seperti halnya produk atau layanan lainnya, juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Berikut beberapa kekurangan yang dapat ditemui pada tema Astra:

  1. Fitur Terbatas pada Versi Gratis: Versi gratis Astra memiliki fitur yang terbatas dibandingkan dengan versi premiumnya. Beberapa fitur canggih seperti integrasi dengan WooCommerce atau pembuat header dan footer yang canggih hanya tersedia pada versi berbayar, yang mungkin menjadi kendala bagi pengguna yang mengandalkan versi gratis.
  2. Kustomisasi yang Terbatas dalam Versi Gratis: Meskipun Astra menawarkan alat kustomisasi yang cukup baik, beberapa opsi kustomisasi yang lebih mendalam hanya tersedia dalam versi premium. Pengguna versi gratis mungkin merasa terbatas dalam mengubah beberapa aspek desain atau tata letak situs mereka.
  3. Memerlukan Plugin Tambahan untuk Beberapa Fitur: Untuk mengakses beberapa fitur tambahan seperti integrasi dengan pembuat halaman tertentu atau dukungan penuh untuk plugin eCommerce, Anda mungkin perlu menginstal plugin tambahan. Ini dapat menambah kompleksitas dan mempengaruhi kinerja situs jika tidak dikelola dengan baik.
  4. Kurangnya Dukungan untuk Pengguna Pemula: Meskipun Astra menawarkan dokumentasi yang lengkap dan forum dukungan, pengguna pemula mungkin mengalami kesulitan dalam mengatasi masalah teknis yang kompleks. Kurangnya panduan langkah-demi-langkah atau tutorial video yang komprehensif dapat menjadi hambatan bagi mereka yang baru mengenal WordPress.
  5. Risiko Tergantung pada Ekosistem Eksternal: Dengan mengandalkan plugin tambahan dan integrasi dengan alat pihak ketiga, pengguna Astra harus menyadari bahwa mereka menjadi tergantung pada ekosistem eksternal. Ini berarti bahwa jika ada perubahan pada plugin atau alat tersebut di masa mendatang, mungkin ada risiko kompatibilitas atau fungsionalitas yang tidak diinginkan pada situs mereka.

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa kekurangan-kekurangan ini mungkin tidak menjadi masalah bagi semua pengguna, tergantung pada kebutuhan dan keinginan spesifik mereka dalam membangun situs WordPress. Sebelum memilih tema Astra atau tema WordPress lainnya, disarankan untuk melakukan penelitian mendalam dan mempertimbangkan dengan cermat kebutuhan Anda serta kekurangan yang mungkin terjadi.

Dari pengalaman pribadi saya, saya bisa merekomendasikan tema WordPress Astra kalau temen temen ingin coba ganti tampilan blognya. Astra punya banyak kelebihan seperti: fleksibel, dan mudah digunakan. kinerjanya optimal, desainnya clean & profesional, selain itu harganya juga nggak terlalu mahal untuk sekelas tema premium, buat temen temen yang penasaran bisa langsung kunjungi aja link tema astra

Gravatar Image
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan sekarang sedang membangun channel YouTube... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. Senang mendengar, membaca, menulis, dan memasak...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.