Skip to content

Cara Menjadi Blogger kreatif

kali ini saya akan menulis sedikit tips tentang cara menjadi blogger kreatif

cara menjadi blogger creative

sebelum terlalu jauh saya akan menjelaskan dulu apa itu
kreatif atau kreatif atau kreatip ?? 😀

Pengertian blogger kreatif

kreatifitu memiliki makna yang intinya adalah menciptakan sesuatu yang baru, atau re-create (menciptakan ulang) sesuatu yang sudah ada tapi dengan teknik yang berbeda cara penyampaian, penggambaran, dan penulisan nya. contoh: kalian menulis tentang cara membuat email,
disini kalian menerangkan langkah langkahnya dengan bahasa kalian sendiri dan menuangkannya dalam sebuah postingan, disini kalian sudah bisa disebut kreatif.

Menjadi penulis blog kreatif memerlukan beberapa langkah dan pendekatan yang dapat membantu Anda mengeksplorasi ide, mengasah keterampilan menulis, dan menarik pembaca. Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi penulis blog kreatif:

  1. Temukan Passion Anda: Pilih topik atau bidang yang Anda benar-benar minati dan kuasai. Ketika Anda menulis tentang hal-hal yang membuat Anda bersemangat, kreativitas akan mengalir lebih lancar.
  2. Kenali Target Audiens Anda: Pahami siapa target audiens Anda. Mengetahui siapa yang akan membaca blog Anda akan membantu Anda menyajikan konten yang relevan dan menarik bagi mereka.
  3. Eksplorasi Ide: Selalu mencari inspirasi dari berbagai sumber. Baca buku, artikel, atau blog lain, ikuti tren terbaru, atau amati kehidupan sehari-hari untuk menemukan ide-ide menarik untuk ditulis.
  4. Ciptakan Judul yang Menarik: Judul blog yang menarik akan mengundang pembaca untuk membaca lebih lanjut. Cobalah untuk menciptakan judul yang kreatif, informatif, dan menggugah rasa ingin tahu.
  5. Menulis dengan Suara Anda Sendiri: Cari gaya penulisan Anda yang unik dan pribadi. Menulis dengan suara Anda sendiri akan membuat blog Anda lebih autentik dan mengundang pembaca merasa terhubung dengan Anda.
  6. Gunakan Gambar dan Media Visual: Gunakan gambar, grafik, atau video untuk meningkatkan daya tarik visual blog Anda. Media visual dapat membantu menyampaikan pesan dengan lebih kuat dan menarik perhatian pembaca.
  7. Gunakan Metode Narasi: Gunakan gaya penulisan narasi untuk menghidupkan cerita dan pengalaman. Jelaskan ide-ide Anda dengan cara yang menarik dan mudah dipahami.
  8. Gunakan Bahasa yang Menarik: Pilih kata-kata dengan cermat dan gunakan bahasa yang menarik dan menggugah emosi. Hindari penggunaan kata-kata yang terlalu formal atau kaku, kecuali sesuai dengan konteks blog Anda.
  9. Tetap Konsisten: Upayakan untuk teratur dalam menulis dan mempublikasikan posting blog. Konsistensi akan membantu Anda membangun audiens setia dan meningkatkan popularitas blog Anda.
  10. Terbuka terhadap Umpan Balik: Terima masukan dari pembaca Anda dan belajar dari kritik konstruktif. Menggunakan umpan balik untuk meningkatkan kualitas konten Anda.
  11. Jangan Takut Bereksperimen: Cobalah berbagai gaya penulisan, format, atau topik. Jangan takut untuk berinovasi dan mencoba hal-hal baru untuk menjaga kreativitas tetap segar.
  12. Selalu Perbarui Pengetahuan: Tetaplah belajar dan mengembangkan keterampilan menulis Anda. Bacalah buku tentang menulis, ikuti kursus, atau ikuti sumber daya online untuk terus meningkatkan kualitas konten Anda.

Dengan konsistensi, ketekunan, dan eksplorasi kreatif, Anda dapat menjadi penulis blog kreatif yang berhasil dan menarik pembaca yang antusias ke blog Anda. Ingatlah bahwa menjadi kreatif memerlukan waktu dan usaha, tetapi semakin Anda berlatih, semakin baik Anda akan menjadi dalam mengekspresikan ide-ide Anda dengan tulisan.

Cara Menjadi blogger kreatif

perbanyak referesi

referensi itu bisa di ibaratkan seperti pedoman awal, referensi bisa berupa pengalaman, pemahaman, bacaan, dan sumber ilmu lain yang bisa di jadikan referensi. Semakin banyak referensi kalian semakin banyak ilmu yang kalian miliki, semakin banyak ilmu tentu akan membuat kalian kaya akan creatifitas. referensi itu berbeda dengan menjiplak, referensi hanya sebagai pedoman, tapi ilmu yang kalian bagikan tetat harus sesuai dengan pengertian kalian sendiri

Cobalah dan lakukan sebelum menyampaikan

Misal untuk dapat menjelaskan sesuatu tentu kalian harus terlebih dahulu mengetahui tentang sesuatu tersebut. Tidak mungkin kalian bisa menulis cara membuat email jika kalian sendiri tidak pernah membuat email.

Apa yang kita sampaikan dipercaya dan di praktekan oleh pembaca jadi usahakan sampaikan sesuatu yang benar, atau setidaknya kalian pernah melakukan nya. 

Berbagi ilmu melalui forum 

banyak manfaaat dan keuntungan yang didapat dengan masuk ke sebuah forum, beberapa diantaranya adalah:

  • kalian bisa saling bertukar pendapat sesama blogger
  • memperbanyak membaca dengan men share tulisan kalian
  • sebagai tempat bertanya
  • mendapat ide yang kreatif

Peka terhadap lingkungan sekitar

ini faktor yang menurut saya paling dominan yaitu peka
amati apa yang terjadi di lingkungan perhatikan trend dan update informasi sebanyak banyaknya. inti dan tugas utama dari blogger adalah sharing ilmu dan menyampaikan pengetahuan, serta membagikan informasi terkini.

Cari apa yang banyak dicari oleh orang dan sediakan

yang terakhir adalah menyediakan yang banyak di cari oleh orang, semakin banyak yang mencari apa yang kalian buat berarti semakin kreatif kalian. dengan menyediakan yang di cari kalian akan mendatangkan pembaca sendiri tanpa susah payah mencari.

semooga artikel ini bermanfaat dan semoga kita smua menjadi orang yang kreative, amin!!

Komentar yuk!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.