28 Maret 2016

Cara Menentukan Niche Blog

Apa Niche blog anda? apakah anda tau apa itu yang dimaksud niche khususnya dalam dunia blogging? pengertian niche adalah pemilihan sebuah topik tertentu yang menentukan target pengunjung anda dan juga menentukan siapa pembaca anda nantinya.

niche blog dan cara membuat content niche

Penargetan atau niche dibuat agar pembaca anda lebih terarah,  jadi jika niche anda adalah pendidikan maka pengunjung anda biasanya adalah orang orang yang mencari informasi tentang pendidikan.

misalnya anda membuat niche tentang pendidikan maka target anda adalah siswa sekolah, mahasiswa, serta seluruh komponen yang berkitan dengan pendidikan.
niche atau topik bahasan anda haruslah seputar pendidikan, seperti pembelajaran, informasi seputar pendidikan, materi dan lain lain.

niche blog dan cara membuat content niche?

Kenapa blog harus memiliki niche??

jika anda bertanya kenapa harus membuat niche blog, sekarang kembalikan pertanyaan kediri anda sendiri, kenapa membuat blog??
jika alasan anda hanya sebagai hobby maka sah sah saja dan anda tidak perlu memusingkan tentang kontent niche atau bukan.

Tapi jika alasan anda karen ingin serius menekuni dunia blogging, dan berakhir dengan mendapatkan penghasilan maka niche kontent adalah bekal yang akan sangat menentukan perkembangan situs anda kedepannya. bahkan layanan pengiklan terbesar yaitu google adsense pun dalam salah satu persayaratannya mencantumkan bahwa kontent yang anda bagikan harus memiliki nilai spesifik dan bermanfaat bagi orang lain.

Berikut ini adalah gambaran penolakan adsense yang pernah saya alami terkait dengan niche kontent, yang akhirnya membuat saya sadar tentang pentingnya niche kontent

penolakan adsense karena niche

Pemilihan niche

Sebelum anda memilih niche atau topik utama situs/blog anda ada beberapa hal yang bisa anda jadikan landasan

  1. apakah anda menguasai topik yang anda pilih?
    memilih niche yang anda kuasai akan menguntungkan anda karena semakin anda menguasai niche anda maka semakin banyak ilmu bermanfaat yang bisa anda bagikan.
    jangan membahas sesuatu yang sebenarnya tidak anda kuasai.
  2. apakah anda menyukai topik atau niche yang anda pilih?
    memilih niche dari topik yang benar benar anda sukai akan membantu anda tetap konsisten dan tidak mudah melenceng dari niche utama.
  3. apakah niche anda banyak dicari/dibutuhkan?
    memilih niche yang banyak dicari akan membantu anda mendapatkan trafik dari pengunjung yang mencari sama dengan topik yang anda pilih.
Baca juga >>  cara membuat navigasi sederhana asli bawaan blog

Cara memilih niche yang banyak dicari

memperhatikan diri anda sendiri

cara paling mudah untuk memilih niche yang paling banyak dicari adalah dengan memperhatikan diri anda sendiri! apa yang sering anda cari saat berselancar diinternet?? apakah anda mencari informasi tentang berita? kesehatan? keuangan? hiburan? dari sana saja anda sudah dapat menentukan niche anda sendiri dan sekaligus mengetahui minat anda.

lihat google trend

niche blog dan cara membuat content niche adword
google trand

Cara kedua adalah dengan mengunakan bantuan dari google trend, disana anda dapat melihat riwayat penelusuran yang pernah dilakukan oleh semua pengguna google, silahkan anda cari tau apa tren dan gunakan sebagai pedoman dalam menentukan niche anda.

Lihat recomendasi dari situs atau blog lain

silahkan anda googling dan cari tentang artikel yang banyak diminati mungkin dari sana anda akan mendapatkan ide untuk memilih niche yang sesuai dengan anda.

Perhatikan dan ikuti trend yang sedang terjadi

yang ini biasanya adalah kecenderungan sifat dari pembaca yaitu selalu mencari tentang hal baru, maka saya sarankan anda juga mengupdate informasi sebanyak banyak nya sehingga mendapat ide untuk menentukan niche anda.

Apakah situs atau blog harus selalu niche??

Sebenarnya tidak ada ketentuan yang mengharuskan anda membuat konten niche pada situs atau blog, tapi konten niche itu akan membuat situs anda lebih memiliki ciri khas, dan berbeda dengan blog lain, dan terlihat profesional dimata pengunjung dan yang pasti memiliki berdampak pada pengunjung apalagi jika umur blog anda sudah lumayan lama semakin baik artikel niche anda maka akan semakin banya pula pengunjung setia situs anda.

Sangat sulit rasanya mendapatkan pengunjung setia jika anda hanya mengandalkan blog yang memiliki banyak artikel saja tapi tidak memiliki niche khusus alias blog gado gado (campur campur).

Lalu apa keuntungan menentukan niche blog?

Berapa keuntungan membuat conten niche pada blog sebenarnya sebagian sudah kita bahas pada tulian diatas tapi saya akan mencoba merangkumnya menjadi point point untuk memudahkan anda.

  1. nice konten menjadikan blog anda memilki ciri khas, berbeda dengan blog lain 
  2. memiliki tujuan dan visi yang jelas
  3. jika target jangka panjang adalah penghasilan maka niche kontent adalah persyaratan
  4. blog anda menunjukan profesionalisme
  5. disukai pembaca
  6. masih banyak lagi

mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagikan kali ini,semoga artkel saya tentang pengertian niche blog dan cara membuat konten niche kali ini bisa bermanfaat bagi anda. happy blogging

SHARE:
blog 0 Replies to “Cara Menentukan Niche Blog”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

COMMENTS

0 thoughts on “Cara Menentukan Niche Blog

    Author’s gravatar

    Saya kalau ngeblog jarang liat niche dari google trend nih, rata-rata cuman inisiatif sendiri aja. Seharusnya saya lebih liat yang di mau pengunjung nih, thanks buat infonya .. sekarang ane lebih paham tentang niche dalam blog 🙂

    Author’s gravatar

    google trend itu cuma tools atau alat bantu untuk melihat tren yang sedang in, tapi kalo anda punya ini siatif sendir mlah bagus donk berarti anda bisa menetukan niche blog yang sesuai dengan diri anda sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.