Skip to content

Cara Memilih Niche Blog Yang Menguntungkan

Apa Niche blog anda? apakah anda tau apa itu yang dimaksud niche khususnya dalam dunia blogging? pengertian niche adalah pemilihan sebuah topik tertentu yang menentukan target pengunjung anda dan juga menentukan siapa pembaca anda nantinya.

niche blog dan cara membuat content niche

Penargetan atau niche dibuat agar pembaca anda lebih terarah,  jadi jika niche anda adalah pendidikan maka pengunjung anda biasanya adalah orang orang yang mencari informasi tentang pendidikan.

misalnya anda membuat niche tentang pendidikan maka target anda adalah siswa sekolah, mahasiswa, serta seluruh komponen yang berkitan dengan pendidikan.
niche atau topik bahasan anda haruslah seputar pendidikan, seperti pembelajaran, informasi seputar pendidikan, materi dan lain lain.

niche blog dan cara membuat content niche?

Kenapa blog harus memiliki niche??

jika anda bertanya kenapa harus membuat niche blog, sekarang kembalikan pertanyaan kepada diri anda sendiri, kenapa membuat blog??
jika alasan anda hanya sebagai hobi maka sah sah saja dan anda tidak perlu memusingkan tentang konten niche atau bukan.

Tapi jika alasan anda karena ingin serius menekuni dunia blogging, dan berakhir dengan mendapatkan penghasilan maka niche konten adalah bekal yang akan sangat menentukan perkembangan situs anda kedepannya. bahkan layanan pengiklan terbesar yaitu google adsense pun dalam salah satu pwesyaratan mencantumkan bahwa konten yang anda bagikan harus memiliki nilai spesifik dan bermanfaat bagi orang lain.

Berikut ini adalah gambaran penolakan adsense yang pernah saya alami terkait dengan niche konten, yang akhirnya membuat saya sadar tentang pentingnya niche konten

penolakan adsense karena niche

Pemilihan niche

Sebelum anda memilih niche atau topik utama situs/blog anda ada beberapa hal yang bisa anda jadikan landasan

  1. apakah anda menguasai topik yang anda pilih?
    memilih niche yang anda kuasai akan menguntungkan anda karena semakin anda menguasai niche anda maka semakin banyak ilmu bermanfaat yang bisa anda bagikan.
    jangan membahas sesuatu yang sebenarnya tidak anda kuasai.
  2. apakah anda menyukai topik atau niche yang anda pilih?
    memilih niche dari topik yang benar benar anda sukai akan membantu anda tetap konsisten dan tidak mudah keluar dari niche utama.
  3. fapakah niche anda banyak dicari/dibutuhkan?
    memilih niche yang banyak dicari akan membantu anda mendapatkan traffik dari pengunjung yang mencari sama dengan topik yang anda pilih.

Cara Menentukan Niche Blog

Menentukan niche blog yang tepat merupakan langkah penting dalam membangun blog yang sukses. Niche blog adalah topik atau tema spesifik yang akan menjadi fokus konten blog Anda. Berikut adalah beberapa langkah untuk membantu Anda menentukan niche blog yang cocok:

  1. Kenali Minat dan Passion Anda: Pilihlah topik yang sesuai dengan minat, hobi, atau passion Anda. Ketika Anda menulis tentang sesuatu yang Anda sukai, Anda akan lebih termotivasi untuk terus berkembang dan berkontribusi dalam jangka panjang.
  2. Penelitian Pasar: Lakukan riset pasar untuk mengidentifikasi tren populer, permintaan, dan kesenjangan yang belum terpenuhi dalam industri atau topik tertentu. Anda bisa menggunakan alat pencari kata kunci seperti Google Keyword Planner untuk mengetahui seberapa banyak orang mencari topik tertentu.
  3. Perhatikan Keahlian Anda: Tinjau keahlian atau pengalaman yang Anda miliki. Blog yang berfokus pada topik yang Anda kuasai akan membuat konten Anda lebih kredibel dan bermanfaat bagi pembaca.
  4. Pertimbangkan Potensi Monetisasi: Selain menulis tentang sesuatu yang Anda nikmati, pertimbangkan juga potensi monetisasi dari niche yang Anda pilih. Pertimbangkan apakah topik tersebut memiliki peluang untuk menarik pengiklan, produk afiliasi, atau penjualan produk Anda sendiri.
  5. Tentukan Target Audiens: Pahami siapa target audiens Anda dan apa kebutuhan serta masalah mereka. Memahami audiens potensial akan membantu Anda menyusun konten yang relevan dan menarik bagi mereka.
  6. Evaluasi Persaingan: Tinjau blog atau situs web lain yang berfokus pada topik yang Anda pertimbangkan. Perhatikan apa yang sudah ada di pasaran dan cari cara untuk menyajikan konten Anda dengan pendekatan yang berbeda atau lebih unik.
  7. Keberlanjutan: Pastikan topik yang Anda pilih memiliki potensi untuk menghasilkan konten secara konsisten dalam jangka panjang. Niche yang terlalu sempit atau terlalu spesifik mungkin memiliki batasan dalam hal konten yang dapat Anda ciptakan.
  8. Tinjau Analitik: Jika Anda sudah memiliki blog atau situs web, periksa analitik untuk melihat konten mana yang paling populer atau mendapatkan respons positif dari pengunjung. Hal ini bisa memberi Anda gambaran tentang apa yang menarik minat pembaca Anda.
  9. Fokus pada Kombinasi Unik: Cari niche yang merupakan kombinasi unik dari minat Anda, pengetahuan, dan potensi pasar. Misalnya, jika Anda memiliki minat dalam memasak dan kesehatan, Anda dapat membuat blog tentang resep makanan sehat.

Ingatlah bahwa menentukan niche blog adalah langkah penting, tetapi tidak mengikat selamanya. Setelah Anda memulai blog, Anda dapat mengukur respons pembaca dan melihat apakah Anda perlu menyesuaikan atau berkembang ke arah lain. Fleksibilitas adalah kunci untuk menciptakan blog yang sukses dan relevan.

memperhatikan diri anda sendiri

cara paling mudah untuk memilih niche yang paling banyak dicari adalah dengan memperhatikan diri anda sendiri! apa yang sering anda cari saat berselancar di internet?? apakah anda mencari informasi tentang berita? kesehatan? keuangan? hiburan? dari sana saja anda sudah dapat menentukan niche anda sendiri dan sekaligus mengetahui minat anda.

lihat google trend

niche blog dan cara membuat content niche adword
google trand

Cara kedua adalah dengan mengunakan bantuan dari google trend, disana anda dapat melihat riwayat penelusuran yang pernah dilakukan oleh semua pengguna google, silahkan anda cari tau apa tren dan gunakan sebagai pedoman dalam menentukan niche anda.

Lihat rekomendasi dari situs atau blog lain

silahkan anda gunakan google dan cari tentang artikel yang banyak diminati mungkin dari sana anda akan mendapatkan ide untuk memilih niche yang sesuai dengan anda.

Perhatikan dan ikuti trend yang sedang terjadi

yang ini biasanya adalah kecenderungan sifat dari pembaca yaitu selalu mencari tentang hal baru, maka saya sarankan anda juga mengupdate informasi sebanyak banyak nya sehingga mendapat ide untuk menentukan niche anda.

Apakah situs atau blog harus selalu niche??

Sebenarnya tidak ada ketentuan yang mengharuskan anda membuat konten niche pada situs atau blog, tapi konten niche itu akan membuat situs anda lebih memiliki ciri khas, dan berbeda dengan blog lain, dan terlihat profesional di mata pengunjung dan yang pasti memiliki berdampak pada pengunjung apalagi jika umur blog anda sudah lumayan lama semakin baik artikel niche anda maka akan semakin banyak pula pengunjung setia situs anda.

Sangat sulit rasanya mendapatkan pengunjung setia jika anda hanya mengandalkan blog yang memiliki banyak artikel saja tapi tidak memiliki niche khusus alias blog gado gado (campur campur).

Lalu apa keuntungan menentukan niche blog?

Berapa keuntungan membuat konten niche pada blog sebenarnya sebagian sudah kita bahas pada tulisan diatas tapi saya akan mencoba merangkumnya menjadi poin poin untuk memudahkan anda.

  1. niche konten menjadikan blog anda memiliki ciri khas, berbeda dengan blog lain 
  2. memiliki tujuan dan visi yang jelas
  3. jika target jangka panjang adalah penghasilan maka niche kontent adalah persyaratan
  4. blog anda menunjukan profesionalisme
  5. disukai pembaca
  6. masih banyak lagi

mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagikan kali ini,semoga artikel saya tentang pengertian niche blog dan cara membuat konten niche kali ini bisa bermanfaat bagi anda. happy blogging

0 thoughts on “Cara Memilih Niche Blog Yang Menguntungkan”

  1. Saya kalau ngeblog jarang liat niche dari google trend nih, rata-rata cuman inisiatif sendiri aja. Seharusnya saya lebih liat yang di mau pengunjung nih, thanks buat infonya .. sekarang ane lebih paham tentang niche dalam blog 🙂

  2. google trend itu cuma tools atau alat bantu untuk melihat tren yang sedang in, tapi kalo anda punya ini siatif sendir mlah bagus donk berarti anda bisa menetukan niche blog yang sesuai dengan diri anda sendiri

Komentar yuk!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.