Tips Sukses Daftar Google Adsense Bagi Pemula

Tips Sukses Daftar Google Adsense Bagi Pemula

adsense adalah tantangan tersendiri bagi seorang blogger karena selain bayaran PPC(pay per clik) yang di tawarkan oleh adsense masih menjadi yang tertinggi, adsense juga merupakan pengiklan terpercaya dengan iklan relevan sehingga sama sama menguntungkan bahkan untuk pengunjung, yang mengklik iklan anda. Selain itu menjadi kepuasan tersendiri bagi blogger, jika lamaran bisa di terima sepenuhnya oleh google adsense

Untuk meningkatkan peluang agar lamaran Anda diterima oleh Google AdSense, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan persiapkan sebelum mendaftar. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda:

  1. Buat Konten Berkualitas: Pastikan situs atau platform Anda memiliki konten yang unik, berkualitas, dan orisinal saat daftar google adsense. Hindari menyalin atau mengambil konten dari situs lain. Konten harus informatif, menarik, dan relevan untuk audiens target Anda.
  2. Tingkatkan Tampilan Situs: Pastikan situs Anda memiliki tampilan yang profesional dan responsif. Desain yang baik dan tata letak yang mudah dinavigasi akan meningkatkan pengalaman pengguna dan kesan positif pada pengunjung.
  3. Patuhi Pedoman Google AdSense: Teliti dan patuhi pedoman dan kebijakan Google AdSense. Pastikan situs Anda memenuhi syarat sebelum mendaftar. Jika ada masalah dengan konten Anda, selesaikan terlebih dahulu sebelum mengajukan permohonan.
  4. Usia Domain: Beberapa negara memerlukan bahwa situs Anda harus berusia minimal 6 bulan sebelum dapat mendaftar untuk AdSense. Pastikan untuk memeriksa persyaratan di negara tempat Anda tinggal.
  5. Periksa Halaman Tentang dan Kontak: Pastikan situs Anda memiliki halaman “Tentang Kami” dan “Kontak Kami” yang lengkap dan valid. Ini menunjukkan bahwa situs Anda memiliki identitas yang jelas dan dapat dihubungi.
  6. Konten Berbahasa: Pastikan situs Anda memiliki konten yang sesuai dengan bahasa yang didukung oleh Google AdSense. Jika Anda ingin menggunakan AdSense untuk situs berbahasa tertentu, pastikan konten dalam bahasa tersebut.
  7. Periksa Aturan Google Lainnya: Selain kebijakan AdSense, pastikan situs Anda mematuhi aturan umum Google seperti Panda dan Penguin. Hindari praktik yang melanggar aturan SEO atau manipulasi mesin pencari.
  8. Kurangi Iklan Eksternal: Jika Anda telah menggunakan iklan dari jaringan iklan lain sebelumnya, pertimbangkan untuk mengurangi atau menghapusnya dari situs Anda sebelum mendaftar ke AdSense.
  9. Tingkatkan Lalu Lintas: Meskipun ini bukan syarat resmi, memiliki lalu lintas yang lebih tinggi dapat membantu mengesankan Google AdSense. Berfokus pada strategi pemasaran digital untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke situs Anda.
  10. Jangan Berlebihan: Jangan terlalu memaksakan iklan di situs Anda. Pastikan iklan ditempatkan dengan teratur dan tidak mengganggu pengalaman pengguna. Terlalu banyak iklan bisa merugikan pengalaman pengunjung dan membuat Google ragu untuk memberikan persetujuan.

Ingatlah bahwa proses persetujuan AdSense adalah proses yang otomatis, dan keputusan akhir ada pada Google. Jika Anda ditolak, perbaiki masalah yang ada dan Anda dapat mencoba mendaftar kembali setelah situs Anda memenuhi semua persyaratan.

Selain tips diatas kamu juga bisa melakukan langkah tambahan berikut agar situs layak di monetisasi

  • Membuat halaman resmi seperti sitemap, privacy policy, disclaimer, contact us dan about us dan laman pendukung lainnya. Membuat halaman seperti yang saya sebutkan di atas adalah wajib hukumnyasebelum anda mendaftarkan blog anda ke google adsense.
  • Publish setidaknya 100 artikel, Jumlah artikel juga menjadi salah satu pertimbangan tersendiri jika anda hendak mendaftar google adsense jangan berharap di terima jika artikel yang anda miliki saja baru 2 buah.
    maka buatlah artikel sebanyak banyaknya sebelum anda mendaftarkan situs anda.
  • Tunggu pengunjung diatas 100 unik visitor perhari (beda IP), Ini adalah faktor penting lain karena adsense adalah situs pengiklan maka syarat mutlak agar situs kita di terima menjadi pengiklan tentu saja pengunjung situs kita harus ramai atau lebih dari 100 perhari, atau lebih banyak lebih baik.
    silahkan baca cara mendatangkan pengunjung
  • Artikel orisinil dan bukan hasil copas (copy paste) atau spin artikel. Artikel copas adalah salah satu penyebab di tolaknya lamaran oleh pihak adsense, karena adsense sangat menyukai situs atau blog yang unik serta memberikan manfaat bagi pembacanya.
    dan google membenci artikel hasil copasan maka artikel menjadi salah satu pertimbangan google adsense menerima lamaran anda.
    silahkan baca cara cek artikel anda lolos copas atau tidak
  • Pastikan usia blog anda minimal 1 tahun sebelum daftar google adsense, usia menjadi faktor penting karena semakin tua usia situs anda maka semakin mungkin situs anda telah dikenal oleh banyak orang, sehingga usia sedikit membantu anda dalam pendaftaran adsense.
  • Pastikan blog memiliki navigasi yang sederhana dan mudah digunakan, dari beberapa email penolakan yang pernah di sampaikan oleh pihak google kepada saya, salah satu penyebab ditolaknya lamaran adsense disebabkan oleh navigasi situs yang susah sehingga menyulitkan pembaca.
  • Usahakan menggunakan template blog yang anda ringan dan mudah di navigasi. Pengunjung sangat menyukai kecepatan, bayangkan berapa lama pengunjung ang meninggalkan nblog anda saat menunggu waktu loading yang terlalu lama. anda juga disarankan mengurangi gedget pada situs anda untuk memaksimalkan situs anda.
  • Jangan terlalu sering mengganti template, terlalu sering mengganti template juga menjadi penyebab adsense menolak lamaran anda, alasannya sederhana karena situs anda di anggap belum rampung atau sedang masa pengembangan.
  • Jangan melakukan hal yang di larang hukum, membuat posting berbau sara atau konten pornografi
    TOS google mengatur tentang apa saja yang boleh di lakukan dan tidak boleh dilakukan oleh seorang webmaster, melanggar hukum termasuk di dalamnya, jadi jangan menulis artikel atau membuat post yang melanggar hukum, berbau sara atau hal dilarang lainnya.
  • berdoa sebelum daftar google adsense, berusaha sudah, hal terakhir yang harus anda lakukan adalah berdoa. Semoga situs anda masuk kedalam kriteria yang dicari google adsense, dan semua keputusan kembali lagi berada pihak google.

    tambahan domain tld 

    adsense mah tidak terlalu mementingkan domain tld buktinya banyak blogger yang masih menggunkan domain bawaan blogspot yang sudah pasang iklan adsense dan di aprove,  hanya saja google akan lebih cepet mengindeks kontent dari domain tld karena lebih ramah terhadap search engine
    dan lebih kualitas seo  yang lebih baik.

tadi itu adalah 10 cara agar sukses daftar google adsense, semoga lamaran anda lekas di terima oleh adsensen, amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.