28 September 2016

Peluang dari Budidaya Mangga menghasilkan

Selamat datang di berwirausaha.net pengunjung sekalian, pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda mencoba mengulas mengenai peluang usaha budidaya mangga agar menghasilkan.
Selamat membaca!

Peluang Usaha Budidaya Mangga

Mangga merupakan salah satu buah buahan paling banyak diminati saat ini, buah yang satu ini mudah sekali didapatkan karena hampir disemua tempat dan daerah di indonesia bisa ditumbuhi mangga.

Mangga atau mempelam atau pelem(bahasa jawa )adalah nama sejenis buah yang banyak terdapat di indonesia. mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, mangga umumnya memiliki kulit berwarna kehijauan, memiliki daging berserat berwarna kekuning atau kemerahan, dan memiliki rasa yang manis dan ada juga yang sedikit asam.

Manfaat buah mangga :

Mangga memiliki banyak sekali manfaat yang baik dari tubuh, diantaranya :

  • Sumber fitamin C, vitamin A, folat, vitamin B-6, vitamin K dan potassium, tembaga, kalsium, zat besi, serta antioksidan seperti zeaxanthin dan beta karoten.
  • Bagus untuk Tulang.
  • Membantu Proses Pencernaan.
  • Bagus untuk kesehatan Mata.
  • Mampu membantu menjaga Kadar Kolesterol
  • Mencegah Penyakit Jantung, Pencegahan Kanker, Mengurangi Diabetes, Pencegahan Degenerasi Makula, dan pencegahan Asma.

Jenis Jenis Buah Mangga

Selain banyak sekali manfaat mangga juga memiliki banyak sekali jenis, berikut ini beberapa jenis mangga yang paling terkenal dan paling sering di budidaya di indonesia, diantaranya :

  • Mangga Indramayu.
  • Mangga kuweni/kweni.
  • Mangga Malgova.
  • Mangga Manalagi.
  • Mangga Harumanis.
  • Mangga Golek India.
  • Mangga Gedong Gincu.
  • Mangga Falan.
  • Mangga Madu Anggur.
  • Mangga Endog.
  • Mangga Chokanan.



Kenapa Usaha Budidaya mangga Layak untuk dikerjakan?

Mangga merupakan buah paling mudah di jual karena hampir semua orang suka dengan mangga, Jikapun ternyata sulit mencari pembeli anda bisa menjajakan sendiri mangga hasil panen anda ke pasar tradisional langsung, atau jika rumah anda didekat jalan raya anda bisa menjualnya sendiri, atau alternatif lain anda bisa menjual mangga anda dalam bentuk manisan, atau petisan.
selain itu mangga memiliki harga yang luamayan dipasaran Mangga Manalagi misalnya dipasar tradisional daerah tempat saya Rp 15.000/kg, sedangkan Mangga Harum Manis Rp 14.000/kg (isi biasanya 3biji/kg).
Sedangkan untuk satu pohon yang benar benar sehat normalnya bisa menghasilkan mangga antara 30 sampai  50 kilo. (dengan catatan tertentu)

Target Pasar dan Pembeli.

Untuk target konsumen yang anda tuju adalah para pedagang buah baik yang berjualan di pasar tradisional ataupun di pinggir jalan, selain itu penjual manisan dan juga rumah makan yang menjual jus buah juga bisa menjadi pelanggan yang menjanjikan untuk anda.

Bagaimana Cara Budidaya Buah Mangga?

1. Persiapan Bibit

Bibit mangga bisa anda beli dari penjual bibit, ataupun anda dapat membuatnya sendri dengan cara mencangkok dari pohon mangga yang benar benar bagus agar menghasilkan keturunan yang sama bagusnya dengan indukan nya.
Jika membeli dari penjual bibit pastikan anda memilih bibit yang unggul dan tidak terdapat bercak pada daunnya, serta memilki daun yang hijau dan lebat.

2. Lahan

Lahan apa saja sebenarnya bisa ditanami dengan pohon mangga, namun anda harus memperhatikan persiapan tanah sebelum ditanam, anda bisa mebersihkan dahulu tanah calon temapat anda menanam dari rumput ataupun gulma, jangan lupa tanah di gemburkan dengan cara d cangkul baru kemudian di tambahkan pupuk sebelum ditanami.

3. Penanaman

Pastikan anda membuat lubang tanam yang sesuai jara perpohonya jangan terlalu dekat atau terlalu jauh, untuk kedalaman biasanya lubang tanam yaitu sekitar 30 cm, pindahkan bibit dari polibek atau cangkokan kedalam lubang tanam, kemudian uruk dengan tanah gembur lalu padatkan tapi jangan terlalu padat karena akan mempengaruhi proses pertumbuhan.

4. Pemupukan

Pemupukan dapat dilakukan apabila pohon sudah berusia antara 2 sampai 3 bulanan, jangan memupuk jika tanaman masih terlalu kecil karena pupuk bersifat panas dan bis mengakibatkan daun pohon rontok dan akhirnya mati. Jarak antara pupuk dan pohon juga harus diperhatikan, sebaiknya pupuk di tabur melingkari pohon dengan jarak beberapa jengkal.

5. Perawatan.

1. Penyiraman.

Penyiraman sebaiknya dilakukan secara berkala pagi atau sore hari, perhatikan juga cuaca pada saat menyiram, jika dirasa cuaca terlalu panas mungkin penyiraman bisa dilakukan 2 kali, jika tidak cukup satu kali saja.

2. Pemangkasan/penyiangan

Pemangkasan dilakukan apabila masa pertumbuhan pohon mengeluarkan ranting terlalu banyak, sebaiknya dipilih satu yang paling besar dan kurangi yang lain agar mangga cepat berbuah.

3. Peremajaan tanah.

Lakukan penggemburan dengan cara mencangkul ulang sekitar pohon karena semakin lama tanah disekirat pohon pasti akan mengalami peadatan, hal ini juga membantu proses peremajaan nutrisi tanah.

4. Pengendalian hama dan penyakit

Hama bisa diakibatkan oleh berbagai hal salah satu nya cuaca, untuk pencegahannya anda bisa melakukan pengontolan secara rutin dan menggunakan bantuan pestisida apabila diperlukan, untuk jenis nya anda harus diskusikan dahulu dengan yang lebih mengerti atau bisa langsung bertanya kepada penjual obat obat yang sesuai karena hama bisa bermacam macam begitu juga dengan penyakit yang diderita pohon mangga. 

6. Panen.

Panen bisa dilakukan tertantung dengan buah pada mangga anda, jika mangga sudah mulai berbuah lebat dan mulai nyadam (memasuki mtang) anda bisa langung memanenya untuk dilakukan pematangan secara manual, karena mangga yang terlalu matang justru akan sulit untuk dijual karena mudah sekali busuk.

Mungkin hanya itu dulu yang bisa berwirausaha.net bagikan kali ini tentang peluang bisnis budidaya buah mangga yang menguntungkan, semoga bermanfaat dan sukses selalu dengan usaha anda.
Sampai jumpa ! 

 

Baca juga >>  Cara Bertani Singkong Lengkap Manfaat Serta Tips Budidaya
SHARE:
budidaya 0 Replies to “Peluang dari Budidaya Mangga menghasilkan”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.