6 Januari 2017

Alasan Kenapa Tidak Perlu Malu Berjualan

Jualan merupakan salah satu pekerjaan  yang mampu mendatangkan penghasilan cukup besar untuk  para pelakunya, karena jualan dan dagang memberikan laba langsung berbeda dengan jika kita bekerja dengan orang lain ataupun perusahaan yang mendapat penghasilan melalui upah ataupun gaji.
Sayangnya sebuah persepsi dan pola pikir salah nampaknya banyak mempengaruhi pemikiran anak muda jaman sekarang ini khususnya dalam hal memulai usaha. 
Anak sekarang cenderung lebih pemilih dan gengsian untuk memulai suatu usaha, apalagi jika harus memulai usaha jualan kecil kecilan. Mereka lebih memilih menganggur di banding harus memulai usaha kecil kecilan atau dagang.
Padahal usaha kecil yang dianggap sepele ini sebenarnya mampu mendatangkan penghasilan yang lumayan bahkan berpotensi untuk menghasilkan keuntungan lebih besar bila dibanding bekerja dengan orang lain. Lalu kenapa harus malu?

tidak perlu malu jualan

Malu dan gengsi untuk memulai yang kecil

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya Malu dan gengsi merupakan masalah terbesar yang membuat pemuda jaman sekarang lebih memilih bekerja dengan orang lain di banding membuka usaha sendiri.
Berikut ini contoh contoh gengsi yang menurut saya salah :

  • Malu karena sudah lulusan pendidikan tinggi (sarjana) masak harus jualan atau dagang. Ingat pendidikan itu sarana pengembangan kepribadian jadi tidak ada salahnya toh sarjana dagang? Kan tidak ada peraturan yang mengharuskan sarjana harus kerja di kantoran.
  • Malu di bicarakan tetangga ijazah nya tidak berguna. Ini Cuma diawal awal saja lama kelamaan juga mereka capek dan lupa. Lagi pula tetangga itu ada apa aja ya jadi omongan jadi buat apa dipikirkan.
  • Malu di ledek teman karena pekerjaan nya Cuma jualan. Kalau ini biarkan saja, teman yang baik itu mendukung apa yang kita lakukan, jadi jika teman menjatuhkan mungkin mereka bukan benar benar teman kita.

Dan masih banyak lagi contoh persepsi gengsi yang salah lainnya.

Kanapa harus gengsi?

Saya ingin menekankan jika malu dan gengsi yang tidak pada tempatnya tidak akan memberikan keuntungan apa apa bagi kita, malah akan merugikan. Jadi kenapa harus malu?
Dan biasanya perasaan malu dan gengsi ini Cuma perasaan kita sendiri saja, padahal sebenarnya tidak ada orang yang akan mengejek profesi kita dan mengurus pekerjaan kita apa. Itu hanya efek dari kebiasaan hidup kita yang mewah dan selalu berkawan dengan orang orang yang terbiasa hidup enak dan berkecukupan. Jadi singkirkan perasaan malu itu dan mulailah membuka usaha sesuai dengan apa yang kita mampu.
jangan Cuma selalu melihat keatas, sesekali lihatlah kabawah dan lihat masih banyak yang lebih sulit dari kita.

Baca juga >>  Budidaya Ikan Mujair begini memulainya

Berikut ini ada beberapa alasan kenapa kita tidak perlu malu untuk memulai usaha kecil kecilan.

Alasan Kenapa Tidak Perlu Malu Memulai Usaha Dagang

1. Halal

Alasan pertama kenapa kita tidak perlu malu untuk memulai usaha kecil kecilan adalah karena halal.
Halal adalah salah satu syarat utama jika didalam agama saya, jadi kalau agama saja membolehkan kenapa harus malu?
Malu adalah jika kita memiliki pekerjaan bergaji besar tapi hasil yang diperoleh tidak halal.

2. Tidak Merugikan Orang Lain

Dagang dan jualan sama sekali tidak merugikan orang lain, justru sebaliknya kita membantu menyediakan apa yang di butuhkan oleh masyarakat, selain itu jika usaha kita berkembang kita akan memiliki kesempatan untuk membantu anak anak di sekitar kita dengan cara memberikan lowongan pekerjaan.
Malu lah jika kita tidak punya pekerjaan dan hanya merepotkan orang lain.

3. Membentuk Pribadi Yang Lebih Mandiri

Dagang dan jualan merupakan salah satu usaha yang akan membentuk kepribadian kita menjadi lebih mandiri, karena dengan membuka usaha jualan atau dagang setidaknya kita akan mampu memperoleh penghasilan sendiri dan tidak lagi bergantung dengan pemberian orang tua atau setidaknya membantu meringankan beban orang tua.

4. Menjadi Sarana Pengembangan Kemampuan

Memulai usaha mandiri seperti dagang dan jualan akan menjadi sarana yang tepat untuk mengasah kemampuan usaha kamu, dimulai dari hal kecil kemampuan ini adalah bekal nanti untuk kehidupan dimasa mendatang.
Banyak kok pengusaha besar yang awalnya hanya pedagang kecil kecilan.
Bahkan orang sebesar Bob Sadino saja awalnya Cuma memulai usaha dengan jualan telor ayam keliling dari rumah ke rumah.

5. Kamu akan lebih dihargai.

Jika kamu memiliki usaha sendiri orang akan lebih memandang dan menghargai kamu, berbeda dengan jika kamu menjadi karyawan mau berapa pun besarnya gaji yang kamu dapatkan, kamu masih akan dianggap remeh terutama oleh atasan kamu. tidak percaya silahkan nanti dibuktikan sendiri ya kalau sudah kerja.

6. Berpotensi memberikan penghasilan lebih besar

Dagang itu kelebihannya yaitu seberapapun besarnya pendapatan kita, kita sendiri yang menentukan. Mau seratus ribu perbulan, sejuta atau bahkan 10 juta ya kita sendiri yang menentukan.
Memang untuk mendapatkan penghasilan lebih besar dan memuaskan kita harus lebih giat dalam berusaha dan tetap jeli dan pandai dalam melihat sebuah peluang.

7. Bebas

Kelebihan lain kenapa tidak perlu malu untuk memulai usaha dagang adalah kita bebas dalam pekerjaan kita, saat pingin buka ya buka, saat pingin tutup ya tutup. Pokoknya terserah kita.
Tapi biasanya orang kalau sudah tau dagang dan tau gimana rasanya memperoleh penghasilan akan sayang untuk tutup bahkan sehari.

Nah itu dia mungkin beberapa Alasan Kenapa Tidak Perlu Malu Untuk Memulai Usaha Dagang. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa di lain kesempatan.

SHARE:
budidaya 7 Replies to “Alasan Kenapa Tidak Perlu Malu Berjualan”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

COMMENTS

7 thoughts on “Alasan Kenapa Tidak Perlu Malu Berjualan

    Author’s gravatar

    saya sarjana, saya juga bekerja di pemerintahan dengan gaji kecil.
    tapi sekarang saya memulai usaha kecil2an.
    sekarang ada dua pekerjaan saya yang harus saya lakukan.
    tapi saya mulai fokus ke usaha saya.
    menurut saya, usaha lebih cepat maju. kemenangan pengusaha adalah mempekerjakan orang lain, ini bukan hanya masalah kita membantu negara, tapi kita bisa memperbesar penghasilan kita dengan membuka banyak usaha dan memperkerjakan orang lain, orang lain akan membantu kita memperbesar penghasilan kita.
    jadi untuk para pembaca coment saya ini, kerja keras dlu, nikmati prosesnya, buat planing, dan berfikir bagaimana memulainya. percayalah, ketika kamu sukses orang yang mengejekmu akan menjadi orang munafik.

      Author’s gravatar

      terimakasih atas pendapat nya mas, semoga sukses selalu dengan usahanya

    Author’s gravatar

    Sy bru saja lulus Sarjana komputer,tp blum dpt kerjaan,dan lg memulai usaha kecil2 online shop sm dagang jajanan anak2 ,kebtulan bnyk anak2 diskitar rumah,jd knp ga memanfaatkan peluang,tp yaitu masih ada rasa gengsi,malu,sarjana tp ko dagang jajanan anak2.tp gmn klo cuma nungguin kerjaan ya kita ga punya penghasilan,smntra mlu juga klo harus nganggur cuma krn gengsi.

      Author’s gravatar

      Sayapun sarjana tapi saya kerja nya ngelola website sama bikin aplikasi Android, ya memang kadang orang berkomentar aneh2 tapi setelah mereka tau kalau penghasilan saya sama atau kadang lebih besar dari gaji karyawan mereka berhenti membicarakan daya mbak…
      Intinya jalani sqja, susah senang kita sendiri yang menentukan

    Author’s gravatar

    Tolong saya bang kasi solusi secara logika, saya punya tampang ganteng bang (bukannya saya sombong ya bang🙏), terus saya pengen buka usaha jualan , antara malu sama gengsi bang , gimana cara supaya dua pemikiran itu ilang bang, harus gimana apkah harus cuek bang , kasih masukan bang pliss 😊😊🙏🙏

    Author’s gravatar

    Sangat bermanfaat!!!

    Saya akan melawan gangsi …
    Tidak perduli dengan orang yang sebanding dengan saya yang sedang kuliah…
    Saya mau jualan keci2an berdagang Somay keliling…

    Gengsi mungkin belum dapat uang…
    Klo dah dapat uang gak tau gengsi !!!!

    Jadi Ketagihan!!!
    YaAllah limpahankanlah kami dengan Rizkimu!!!

    Author’s gravatar

    Saya masih SMP kelas sembilan rencananya kalo ada modal saya mau jualan sate keliling do’a in ya temen²

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.