Cara Memulai Usaha Franchise atau Waralaba Bagi Pemula

Cara Mudah Memulai Usaha Franchise buat Pemula

 

Sekarang ini usaha dengan sistem waralaba atau franchise tengah diminati oleh masyarakat ditanah air. Tingginya minat masyarakat akan usaha mandiri tidak lepas dari sulitnya persaingan dalam mencai pekerjaan, akibatnya sebagian orang lebih memilih untuk membuka usaha.

Hal inilah salah satu pernyabab bisnis franchise sangat diminati, karena menawarkan bisnis yang menjanjikan serta relatif lebih mudah dimulai daripada harus memulai sebuah usaha baru dari awal.

Alasan kenapa membuka sebuha usaha baru sulit bagi pemula

Kita tidak dapat memungkiri jika membuat sebuah produk baru itu tidaklah mudah, kurangnya pengetahuan masyarakat akan suatu produk, menyebabkan minat beli masyarakat tidak seantusias jika suatu produk sudah dikenal.

Selain itu bagi pemula jika membuka usaha dari nol sangat rawan dari kebangkrutan karena kurangnya pengalaman dan pengetahuandalam bisnis.

Seperti sebuah penelitian asal ilmuan Inggris menyatakan bahwa 90 persen percobaan untuk memulai usaha baru gagal. Sedangkan hanya 10 persen sisanya yang bisa berhasil bertahan dan berkembang.

Jadi untuk menghindarkan dari kerugian bisnis sejak buka pertama maka langkah tepat adalah memilih jenis usaha waralaba yang sudah terbukti diminati masyarakat, sehingga bisa menguntungkan dan terlaris dipasaran.

Kelebihan Memilih Usaha Francise atau Waralaba

Usaha waralaba memiliki beberapa kelebihan yang menjadikannya ideal baik untuk usaha pemula maupun untuk yang sudah berpengalaman, diantaranya sebagai berikut:

  1.  Kita selaku pembeli/penyewa merek akan mendapatkan pelatihan dasar terkait pembuatan, proses penyajian, serta strategi penjualan yang akan diberikan langsung oleh pihak waralaba. Hal ini tentu dapat menjadi sebuah kesempatan yang bagus untuk kita belajar.
  2.  Kedua bahan serta produk yang di perlukan seperti bahan, gerobak serta keperluan lain umumnya sudah dipersiapkan oleh pemilik usaha waralaba.
  3.  Produk waralaba umumnya sudah banyak dikenal oleh masyarakat sehingga kita tidak perlu susah payah untuk memperkenalkan usaha tersebut dari awal.
  4.  Lebih efisien waktu, tenaga dan mudah dimulai. Dll

Kekurangan usaha waralaba

Meskipun diatas banyak sekali kelebihan usaha waralaba tetapi tetap saya harus mengingatkan anda terkait kekurangan akan usaha waralaba, berikut ini:

  1.  Usaha waralaba bukan usaha anda sendiri, karena anda meminjam merek serta produk dagang milik orang lain maka bisa dikatakan usaha yang anda jalankan sejatinya bukan sepenuhnya milik anda sendiri.
  2.  Anda tidak dapat menjual kembali/mengoper dan memindah tangankan usaha yang anda kelola kepada orang lain.
  3.  Anda terikat dan tetap harus mengikuti semua peraturan yang di tetapkan oleh waralaba.
  4.  Sejatinaya dengan membeli dari waralaba, waralaba tersebut akan mengambil beberapa keuntungan dari anda.

Tips Memilih dan Membuka Usaha Franchise buat Pemula

Sebelum memilih dan membeli waralaba atau franchise agar menguntungkan, laris dan diminati berikut ini ada beberapa tips yang harus diperhatikan oleh pemula dalam memilih dan membuka usaha franchise agar sukses dan berkembang pesat, antara lain :

Teliti sebelum membeli

Anda selaku pembeli sebaiknya melakukan riset terkait suatu produk yang anda minati.
Carilah informasi secara onjektif jangan hanya mengandalkan informasi yang diberikan dari pihak franchisor sendiri.

Karena seringkali mereka melebihkan nama dan franchisenya secara subyektif agar lebih diminati. Hal ini tak terlepas mereka ingin laku terhadap produknya dan laris manis terhadap bisnis waralabanya.

Anda bisa mengetahui bagus tidaknya sebuah franchis dengan meneliti sendiri, bisa dengan cara bertanya langsung kepada pihak para pembeli waralaba tersebut, dan masyarakat umum selaku calon konsumen.

Hal ini baik dilakukan agar anda sebagai pengusaha pemula bisa tepat dalam memilih jenis usaha franchise dan sukses menjalankannya.

Jangan Memilih Waralaba Karena Murah

Sebaiknya Jangan menentukan untuk membeli waralaba hanya disebabkan oleh harga yang murah. Takutnya waralaba yang harganya murah tidak didukung oleh sistem manajemen, pelatihan dan promosi yang kuat.

Karena Kita tau untuk memulai sebuah usaha memerlukan dana besar untuk mengembangkan usaha dan bisnisnya. Oleh sebab itu, pihak franchisor mengambil royalty dan fee dari pihak franchisee untuk membangun bisnis lebih besar lagi.

Pendek kata, apabila anda hendak menentukan sebuah usaha waralaba maka jangan pernah sekali-kali memilih waralaba hanya karena dibanderol dengan harga sangat murah, karena kita tau umumnya harga berbanding lurus dengan kuwalitas yang ditawarkan.

Mengetahui Tujuan Usaha Waralaba

Tujuan sama seperti sebuah peta yang akan menggambarkan ke mana arah bisnis dan tujuan anda hendak dibawa.

Begitu penting sebuah tujuan sampai sampai Steven Covey dalam bukunya “Seven Habits” memasukkan sikap yang memiliki tujuan yang jelas dalam daftar kebiasaan orang sukses.

Jika anda tidak mempunyai tujuan maka hidup anda akan berputar-putar tanpa arah. Begitupula dalam usaha waralaba yang hendak dijalani, anda harus mempunyai tujuan yang jelas.

Tujuan dalam bisnis waralaba mungkin berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang memasuki usaha franchise dikarenakan mau mencoba usaha baru.

Atau ada orang yang mau memulai sebuah bisnis waralaba yang kelak ia harapkan jika usaha sudah mapan dapat keluar dari pekerjaan di kantornya. Selain itu, ada juga orang yang membuka usaha waralaba karena murni ia mau banting stir berprofesi sebagai pengusaha. Dll.

Sekarang yang menjadi pertanyaan yang harus anda jawab adalah apa tujuan anda memulai usaha waralaba? Yang perlu diperhatikan adalah jangan pernah memilih memulai sebuah bisnis waralaba disebabkan untuk memperoleh uang semata.

Disebabkan menjalankan sebuah usaha ada resiko untung dan rugi. Ada saatnya mengalami kerugian dan saatnya untung besar. Tidak seperti seorang karyawan yang mendapatkan gaji bulanan secara tetap walaupun perusahaan sedang mengalami kerugian.

Oleh karena itu, jika anda hendak berbisnis maka mulailah memilih usaha waralaba karena passion dan niat yang baik.

Jangan Cuma Mau Cepat Kaya

Bisnis waralaba bukan usaha yang bisa menjadikan andacepat kaya dalam waktu singkat.
Bukan…Tidak ada sesuatu yang instant di dunia ini, semuanya butuh proses.

Begitu pula dalam usaha franchise tidak bisa cepat kaya dengan melakukan usaha ini.
Semuanya tetap memerlukan proses, Iming-iming iklan sebuah waralaba dengan cepat balik modal atau cepat kaya adalah janji semua.

Untuk sukses dan kaya raya dalam bisnis franchise memerlukan proses waktu, kesabaran dan kerja keras.

Mengetahui dan Memahami Resiko Bisnis Waralaba

Penting sekali untuk melihat dengan seksama resiko yang muangkin bisa dihadapi oleh sebuah usaha waralaba. Ya kita tau dalam hidup ini tidak terlepas dari yang namanya resiko. Begitupula dalam bisnis waralaba memiliki resikonya tersendiri.

Seseorang yang mengambil usaha waralaba sama dengan membeli sebuah usaha yang mempunyai resiko untung atau rugi.

Memilih waralaba baru yang belum dikenal orang akan memiliki resiko gagal lebih besar ketimbang bisnis franchise yang telah lama mapan, laris manis dan dikenali oleh banyak orang.

Oleh sebab itu, sebelum memulai sebuah usaha waralaba hendaknya ia mencari informasi secara rinci mengenai waralaba tersebut.

Seperti berapa persen orang yang gagal setiap tahun dalam bisnis franchise tersebut. Apabila orang yang membeli waralaba itu gagal lebih dari 20 persen pertahun maka bis dipastikan kalau ada yang salah dengan franchise itu. Maka tinggalkanlah usaha waralaba itu karena sulit bagi seorang pemula untuk sukses dan coba riset waralaba lainnya.

Jangan Membeli Waralaba karena Emosional

Pesan bijak dalam membeli waralaba adalah jangan hanya membeli franchise disebabkan faktor emosional dan subjektifitas.

Misalnya anda menggemari makanan donat kemudian secara cepat tanpa perhitungan apapun membeli waralaba donat tanpa memperhatikan perkembangan situasi industri kuliner donat sekarang ini.

Selain itu, anda perlu menghindarkan diri dari waralaba yang cuma mempunyai satu barang atau produk. Sebab hal ini menimbulkan ketergantungan kita pada satu barang.
Dan itu riskan sekali melihat sangat tinggi tingkat persaingan usaha belakangan ini.

Jangan Pilih Waralaba yang Butuh Banyak Karyawan

Jangan membeli waralaba yang memerlukan banyak karyawan. Karena hal itu ak

an memakan dana operasional untk usaha, keuntungan tetap dan dana produksi menjadi tinggi.

Usaha yang baik adalah usaha yang ramping dan tak terlalu butuh banyak karyawan.
Apabila banyak karyawan selain resiko biaya tetap membengkak juga bisa mengakibatkan tingginya kemungkinan humman error.

Jangan Membeli Waralaba yang Tersangkut Hukum

Tidak membeli waralaba yang sedang bermasalah dengan hukum. Untuk mengetahuinya anda bisa menyelidikinya dari berbagai informasi yang ada baik di internet mauun sumber lain mengenai reputasi waralaba tersebut.

Memilih usaha waralaba yang tepat dan terbaik yakni yang mapan dan laris manis diserbu para pembeli. Kalau bisa cari yang biaya investasi yang ditawarkan terjangkau dan cukup murah untuk anda.

Daftar Usaha Waralaba Yang Sudah sangat Terkenal

Berikut ini beberapa waralaba yang terbukti dan laku keras yang bisa anda pilih, antara lain :

Cara Memulai Usaha Franchise atau Waralaba Bagi Pemula

Franchise Pizza Hut

Anda tentu sudah mengenal kuliner pizza ? Dan anda juga pastinya sudah familiar dengan waralaba Pizza Hut? Pizza hut merupakan Waralaba yang menyediakan piza dengan rasa enak, lezat dan membuat banyak orang yang mencicipinya jadi ketagihan.

Pizza Hut merupakan merek dagang yang sangat kuat dan tersohor di Indonesia bahkan seluruh dunia.  Jika kebanyakan orang di Indonesia disuruh memikirkan pizza, maka yang terlintas dalam benak mereka pastilah Pizza Hut. Hal itu membuktikan begitu kuatnya brand Pizza Hut.

Jika anda tertarik untuk membuka usaha waralaba Pizza Hut, modal investasi yang dibutuhkan sekitar 297.000 US Dolar.

KFC Corp

Waralaba ayam goreng yang telah mapan dan sukses serta sudah terkenal ke seluruh dunia ini didirikan oleh Harland Sanders di daerah Kentucky USA pada tahun 1930 silam.

Dalam waktu singkat, waralaba KFC telah tersebar di 80 negara di dunia termasuk Indonesia.
Menu andalan yang disajikan direstoran KFC adalah serba ayam semisal fried chicken dengan rasa nikmat, lezat, enak dan renyah.

Jika anda berminat untuk membuka usaha franchise KFC di Indonesia maka modal usaha yang dibutuhkan sekitar $1.300.000.

Minimarket Circle K

Usaha minimarket merupakan jenis usaha yang menguntungkan termasuk Circle K.
Telah banyak brand minimarket yang terkenal di tanah air yang semuanya laris manis seperti alfamart, indomart, yomart, dan yang terakhir circle k yang buka secara non stop 24 jam.
Untuk memperluas pangsa pasar Waralaba Circle K menawarkan paket kemitraan usaha dengan sistem waralaba.

Apabila anda tertarik membuka usaha minimarket Circle K maka modal usaha yang dibutuhkan meliputi tempat atau lokasi usaha yang strategis, dan modal awal yang harus dipersiapkan sekitar 211.000 US dolar.

Dunkin’ Donuts

Semua orang sudah pasti mengenalnya minimal mendengarnya sebagai sebuah waralaba yang khusus menyediakan kuliner donat yang sangat enak, empuk dan nikmat dengan berbagai toping rasa dan warna serta variasinya yang sangat lengkap. Ada donat berukuran mini yang diperuntukkan bagi anak-anak. Dan ada juga donat ukuran besar bagi orang dewasa.

Donat merupakan salah satu jenis makanan yang mempunyai ciri khas tengahnya bolong dan sangat disukai anak-anak hingga orang dewasa.

Dengan pangsa pasar yang besar perusahaan yang didirikan tahun 1950 ini semakin berkembang pesat hingga sekarang. Jika anda selama ini menjadi konsumen Dunkin Donuts,

Untuk menjadi mitra waralaba dunkin donuts, anda diharuskan mempunyai lokasi usaha yang strategis serta menyiapkan modal investasi sekitar 989 ribu US dolar.

 

Kok Waralaba diatas waralaba besar semua?

Dari daftar daftar diatas semuanya modalnya sangat besar, bagaimana jika saya ingin memulai dengan harga yang kecil?

Sebenanya di indonesia banyak juga yang menawarkan waralaba dengan harga dan modal kecil wara laba ini umumny cocok dilakukan untuk usaha pinggir jalan.

Untuk anda yang penasaran silahkan bisa dibaca disini :
Peluang usaha franchise atau waralaba palng diminati saat ini

Kesimpulan

Waralaba merupakan salah satu alternatif dalam memulai sebuah usaha.

Waralaba masih sangat menjanjikan untuk dilakukan karena memiliki beberapa kelebihan yang sangat dibutuhkan oleh pemula.

Waralaba dapat menjadi pilihan yang tepat saat anda hendak mendirikan sbuah usaha, tapi hal ini tentu memerlukan perjuangan, kerja keras dan juga kesabaran.

One Response

  1. Asta Protek Jiarsi

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.