Peluang Usaha Cafe Tongkrongan Pinggir Jalan

Peluang Usaha Cafe Tongkrongan Pinggir Jalan

Usaha Cafe Tongkrongan Pinggir Jalan

Tinggal di lingkungan kota pelajar seperti jogja, bandung, jakarta dan deaerah kota pendidikan sejenisnya tentu bukan hal yang asing lagi saat anda mendengar istilah caffe atau mungkin lebih tepatnya tempat nongkrong/tongkrongan.

Dengan lingkungan yang kebanyakan di tinggali oleh anak muda, kota pelajar memang sangat menjanjikan untuk berbagai macam usaha dan caffe ini adalah salah satunya.

Apa sih usaha caffe ini?

Singkat saja sebagai gambaran Caffe atau tongrongan merupakan sebuah tempat yang disediakan untuk berbagai keperluan termasuk makan, minum dan yang paling menonjol adalah tempat berbincang-bincang.

Caffe biasanya didirikan dengan nuansa yang menyenangkan, ceria dan ringan.

Tidak seperti restoran yang kesannya semua pengunjungnya serius dan konsentrasi hanya untuk makan.

Selain suasana, menu makanan dan minuman yang di hidangkan di caffe juga porsinya tidaklah sebesar dan selengkap restoran. Biasanya baik harga, rasa maupun ukurannya jauh lebih kecil, minimalis dan murah meriah.

Gambaran Caffe Di Kota Kota Pelajar.

Meskipun kebiasaan nongkrong di mulai dari kebiasaan berkumpul oleh anak muda yang notabene belajar dan tinggal di kota nyatanya cafe minimalis mudah kita jumpai di berbagai sudut kota sekarang bahkan sudah merambah sampai ke beberapa daerah di Indonesia.

kebiasaan nongkrong sekarang ini seperti menjamur dimana-mana, sehingga kebiasaan nongkorng di caffe yang tadinya identik dengan kaum mahasiswa, sekarang sudah menjadi tempat yang sangat dminati oleh semua orang .

Tidak terkecuali untuk berbagai keperluan seperti hiburan, bahkan tidak jarang caffe juga di jadika sebagai tempat meeting, rapat membicarakan pekerjaan, ataupun sekedar tempat berkumpul bersama dengan teman –teman sepekerjaan.

Cafee menjadi tempat ideal karena suasananya yang nyaman dan fleksibel untuk berbagai keperluan. Mungkin ini yang membuat usaha ini sangat booming di tanah air saat ini.

Warung Tongkrongan/caffe Memiliki Prospek Yang sangat menjanjikan

Usaha tongkrongan atau usaha cafe pinggir jalan ternyata memiliki prospek lumayan cerah dan sangat menjanjikan kedepan.

Hal ini dikarenakan caffe merupakan tempat yang menyediakan berbagai keperluan manusia yang sangat penting, yaitu sebagai tempat mencari hiburan dan juga sekaligus tempat bersantai dan mengisi saat senggang di waktu malam.

Bisnis cafe minimalis merupakan salah satu pilihan usaha yang tepat dan menjanjikan
Ditengah menjamurnya usaha modal besar di berbagai sudut kota di tanah air.

Warung nongkrong terbukti cukup tahan banting dan mampu bersaing tidak kalah dengan warung dengan modal besar sejenisnya.

Hal ini karena caffe itu cocok untuk siapa saja, mulai dari kalangan elit dan anak-anak berkantong tebal hingga para mahasiswa dan pelajar dengan kantong yang pas-pasan.

Hal ini tak terlepas dari keuangan para pelajar dan mahasiswa cenderung mencukupi untuk makan di kafe kecil.

Tempat cafe bagi kalangan ini biasanya dijadikan tempat nongkrong, bercengkerama dengan teman, berdiskusi diluar jam sekolah / kuliah, sekaligus tempat main.

Oleh karenanya, dalam memulai usaha kafe secara kecil-kecilan sangat dibutuhkan kejelian dalam memilih tempat usaha yang tepat yakni yang berada di sekitar lingkungan para mahasiswa dan pelajar.

Tips Sukses Membuka Usaha Cafe Kecil -Kecilan

Meskipun usaha kecil-kecilan tapi jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam menjalankan bisnis ini tentu membutuhkan beberapa tips, nah berikut ini beberapa yang perlu diperhatikan dalam membuka usaha cafe sederhana, antara lain:

1. Tempat usaha.

Tempat usaha merupakan sesuatu yang mutlak untuk mendukung keberhasilan sebuah usaha apapun terlebih usaha cafe. Karena pemilihan Tempat Usaha Cafe sangat menentukan perkembangan bisnis cafe selanjutnya. Tanpa adanya tempat usaha yang strategis dan bagus usaha apapun pasti sangat sulit untuk berkembang .

Ada dua pilihan yang bisa dilakukan dalam memilih tempat dagang.

  1. Yang pertama, menyewa lokasi usaha yang jelas -jelas strategis. Untuk mengetahuinya anda bisa lakukan survey sendiri , perhitungan dan keakuratan untung rugi sangat di perlukan disini, sehingga untuk sewa lokasi ini sebaiknya hanya dilakukan oleh mereka yang memang memiliki pengalaman, minimal sudah pernah tau bagaimana rasanya sendiri jualan.
  2. Kedua, memanfaatkan lahan milik sendiri yang ada. Lebih bagu kalau tempatnya memang strategis, sehingga bisa dimanfaatkan untuk lokasi buka usaha cafe.

Saya sendiri menganjurkan kepada para pemula untuk memulai usaha cafe menggunakan lahan milik sendiri misal di depan kosan pinggir jalan (untuk yang tinggal disamping jalan raya).

Hal ini tentu Untuk mencegah terjadinya kerugian dan tidak perlu membayar uang sewa.

Beberapa tempat strategis untuk warung tongkrongan dan caffe misalnya seperti:

  • Dekat dengan taman atau di lingkungan taman/tempat hiburan.
  • Sekitar lingkungan kampus yang ramai dilalui oleh banyak kalangan mahasiswa dan pelajar.
  • Dekat perempatan atau Pinggir jalan raya Sehingga kemungkinan besar dikunjungi para konsumen.

2. Daftar menu, Harga makanan dan minuman terjangkau

Para mahasiswa dan pelajar yang datang ke warung caffe bervariasi dan bermacam alasan.

Ada yang sekedar ingin menikmati secangkir kopi. Ada pula yang mau minum minuman dingin menyegarkan semisal aneka jus buah-buahan.

Mereka menikmati hidangan menu kuliner di kafe minimalis sambil berbincang-bincang santai dengan teman-teman. Ada juga yang ingin berbicara serius terkait pekerjaan.

Karena itu, usaha cafe sebaiknya menyediakan aneka snackmakanan ringan dengan harga murah meriah.

contoh menu cafe pinggir jalan

Misalnya pisang goreng, roti bakar, ice cream dan menu apa saja yang mungkin untuk di sediakan.

3. Consep

Konsep cafe yang menarik, unik dan modern dengan pelayanan ramah dan asik.

Hal ini wajib dilakukan untuk menarik minat kaum muda untuk makan di cafe minimalis sobat. Karena kalau kafe sama dengan cafe lainnya maka tak ada kelebihan yang menonjol sehingga saingannya menjadi berat.

Oleh sebab itu, buatlah nuansa dan dekorasi cafe kecil-kecilan yang modern, unik dan menarik sesuai perkembangan jaman sekarang ini dan sesuai gaya anak muda kini.

Misalnya gaya lesehan, dengan tenda menyediakan lampu lampu kelap-kelip, dan lebih bagus lagi kalau tembok-tembok di sulap supaya bagus untuk selfie yang jelas tempatnya menarik dan nyaman.

4. Promosi usaha yang gencar.

Misalnya melalui pemberian voucher potongan harga untuk makan dan minum jika membagikan foto dan video di instagram.

Bisa juga mempromosikan usaha cafe minimalis sobat dengan cara beriklan di koran, radio, pasang pamflet, membagikan brosur di kampus-kampus, promosi di internet, medsos twitter, google plus, facebook, bbm, path, whatsapp, line dll.

4. Sering mengadakan Acara.

Salah satu tips yang mungkin kelewat teman teman lakukan saat membuka suaha tongkrongan adalah mengadakan event atau acara. Acara apa saja contohnya, Misal:

  • Nonton Bareng (Nobar)
  • live musik (cukup sewa teman yang bisa man musik saja biar murah, kalau bisa gratis ).
  • Ajak kawan kawan club untuk menggunakan dan mengadakan acara di tempat kalian. Misal open mic (standup comedy).
  • club bahasa inggris, club motor, blogger, game, dan lain lain.

bagaimana sudah mendapatkan gambaran?.

mungkin cuma itu dulu yang bisa berwirausaha bagikan pada kesempatan kali ini, semoga yang sudah kami tuliskan disini bisa bermanfaat untuk anda.

sampai jumpa

One Response

  1. Hadhiar

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.