8 Peluang Usaha Ramadhan yang Sangat Menjanjikan

Usaha Ramadhan – Ramadhan sebentar lagi. Ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu – tunggu oleh para umat islam. Seperti ada kerinduan tersendiri yang sudah pasti akan dirasakan oleh setiap orang yang merayakannya. Selain membuka banyak pintu berkah dan pahala, bulan ramadhan juga seakan menjadi salah satu sasaran para pedagang musiman yang ingin mencari rezeki dan memanfaatkan bulan yang penuh dengan berkah ini sebagai ladang rezeki.

Usaha yang Sangat Menjanjikan saat Ramadhan Tiba

Kali ini, saya akan membahas tentang usaha apa saja yang sering kali muncul atau hadir pada bulan ramadhan. Nih buat kamu, yang juga ingin menjadi penyumbang terbesar amal, sekaligus investasi pendapatan untuk dirimu sendiri, boleh dicoba untuk ikut meramaikan bulan ramadhan dengan membuka usaha – usaha berikut ini, yang tenting niatkan karena Allah SWT semata ya…

Tidak hanya pedagang muslim, bulan ini bahkan seakan – akan membuka pundi- pundi rezeki untuk semua kalangan termasuk masyarakat non-muslim. Seluruh pedagang, baik yang permanen ataupun dadakan turut berlomba-lomba dalam bazar makanan, toko pakaian, aksesoris, alat sholat, dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa peluang usaha yang bisa anda jadikan referensi usaha dibulan ramadhan :

Makanan ringan dan Minuman

Meskipun bulan ramadhan adalah bulan dimana seluruh umat muslim harus menahan diri dari makanan dan minuman, namun tidak menutup kemungkinan bagi para pedagang untuk mendapat banyak keuntungan.

Tidak boleh berkecil hati. Biasanya banyak masyarakat pada bulan ini akan berbondong-bondong mendatangi bazar-bazar makanan dan minuman sebagai menu spesial buka puasa. Seringkali, mereka mencari atau membeli apa saja sebagai ganti atau hadiah karena telah berpuasa atau menahan lapar dan haus sehlama seharian penuh.

Menu yang biasa dicari contohnya, sup buah, aneka minuman segar, makanan ringan seperti buah kurma, gorengan, martabak, makanan berat, makanan unik, dan lain sebagainya. Untuk memenuhi tuntutan masyarakat yang sangat senang dengan berbagai menu makanan dan minuman yang berbeda-beda, hal ini akan sangat tepat dan menguntungkan sekali jika anda bergabung dalam kelompok berdagang maupun individu.

Catering dan rumah makan

Selain makanan dan minuman tadi, rumah makan juga tidak kalah ramainya dengan bazar makanan dan minuman. Jika bulan ramadhan tiba, biasanya dari semua kalangan baik anak-anak, remaja, orang tua, kelompok organisasi maupun umum akan berbondog-bondong datang kerumah makan, memesan tempat yang cukup banyak untuk acara buka bersama, sehingga sering kali membuat karyawan rumah makan menjadi sedikit kuwalahan.

Selain itu, untuk mereka yang tidak ingin keluar dari rumah dan bergelut dengan padatnya kendaraan disore hari, memilih untuk memesan catering dalam jumlah yang banyak untuk berbuka bersama keluarga, teman kerja maupun sahabat terdekatnya.

Ditambah lagi, serentetan organisasi seringkali mengadakan sahur on the road untuk para anak jalanan atau mereka yang kurang mampu secara finansial untuk berbagi rezeki dan kebahagiaan. So, peluang usaha ini sangatlah cocok dan sangat diminati dimasyarakat saat bulan ramadhan maupun diluar bualn ramadhan.

Kue lebaran

Siapa yang tidak suka dengan kue lebaran? Tentu saja semuanya suka bukan? Dengan berbagai macam bentuk, nama dan aneka rasa yang beragam. Para pedagang kue lebaran seakan-akan menjadi incaran yang sangat pas untuk para ibu yang ingin mencari persiapan kue hari raya.

Biasanya ibu-ibu akan membeli kue jauh-jauh hari sebelum hari raya tiba. Hal ini disebabkan karena mengingat kebutuhan masyarakat akan kue sangatlah banyak. Sehingga ibu –ibu akan dengan sigapnya memesan dan memilih kue lebaran incaran mereka sebelum stoknya habis terjual.

Seringkali banyaknya pesanan dan ibu-ibu yang berebut tempat membuat pedagang agak kuwalahan dalam menghadapinya. Namun menjadi tantangan tersendiri dan tentunya akan sangat membahagiakan kedua belah pihak, baik penjual maupun pembeli. Itulah alasannya mengapa usaha ini sangatlah menjanjikan ketika ramadhan tiba.

Pakaian

Pakaian adalah kebutuhan utama, sebelum makanan. Setiap orang memerlukan pakaian untuk melindungi tubuhnya. Namun, saat ini pakaian tidak hanya menjadi sebuah kebutuhan sandang tapi juga, menjadi trend yang sangat diagung-agungkan dimasyarakat.

Saat ini, penjual pakaian baik offline maupun online sudah sangat banyak, hal ini terjadi karena mereka sadar bahwa target market pakaian sangatlah luas. Maka dari itu, tak jarang para mahasiswi yang senang bermain smartphone memilih untuk memaksimalkan kemampuan media sosialnyanya untuk menjajakan dagangannya secara online sebagai dasar untuk menarik minat masyarakat atau remaja agar tertarik dengan pakaian tersebut.

Terlebih lagi saat ramadhan, mereka akuan berlomba-lomba mencari pakaian muslim yang bagus dan menarik untuk dipakai dihari raya. Nah, dari fenomena tersebut dapat kita sipulkan bahwa usaha ini merupakan salah satu usaha yang paling diminati masyarakat dan digandrungi banyak pembeli.

Alat shalat

Selanjutnya adalah alat shalat. Ya, alat shalat seakan-akan menjadi buruan utama bagi para muslimah untuk mengganti mukena lamanya dengan yang baru atau para ayah yang mencari peci, sarung, dan koko baru untuk hari raya. Bagi mereka, apa yang dipakai akan mencerminkan apa yang ada dalam hati kita, sehingga ibadah akan lebih khusyuk.

Sepatu dan Sandal

Mendekati hari raya, tentunya para penjual berbagai jenis sepatu dan sandal dari berbagai macam merk akan kebanjiran pesanan dan biasanya ludes terjual. Masyarakat berlomba-lomba memilih pasangan sepau ataupun sandal untuk disesuaikan dengan baju yang sudah mereka beli sebelumnya.

Sepatu dan sandal juga merupakan saah satu kebutuhan fashion yang tidak bisa dilupakan begitu saja, maka dari itu, banyak masyarakat yang rela berhimpitan di mall atau bahkan di pasar untuk menemukan padanan sepatu dan sandal yang mereka cari. Hal ini lah yang membuat usaha ini sangat diinati ketika bulan ramadhan. baca juga
https://www.berwirausaha.net/2016/06/peluang-usaha-menjelang-lebaran-paling.html/

Aksesoris

Selain pakaian, sepatu, sandal dan aneka makanan, aksesoris adalah penyempurna penampilan baik dari kalangan pria maupun wanita. Aksesories yang sangat diminati biasanya adalah gelang, kalung dan jam tangan.

Hal ini disebabkan karena, benda-benda tersebutlah yang secara langsung dapat dilihat oleh masarakat atau lingkungan sekitarnya. Beberapa orang beranggapa, bahwa aksesoris- aksosoris tersebut akan menambah keindahan dan kepercayaan diri mereka didepan khalayak ramai atau sank family. Sehingga tidak jarang mereka membeli aksesoris dengan harga yang cukup menggiurkan.

Sewa Kendaraan atau supir sateran

Mendekati hari raya, banyak sekali permintaan Sewa Kendaraan atau supir sateran khususnya kendaraan beroda empat. Kerinduan dengan sanak family diluar kota atau dikampung tidak menyurutkan niat mereka, yang pada akhirnya menuntut masyarakat utuk mencari kendaraan atau sopir sateran agar dapat mencapai tempat tujuan berjumpa dengan sanak keluarga.

Tidak hanya itu, sebagian mereka juga sengaja membeli kendaraan baru sebagai salah satu standard kelengkapan dalam menyambut hari raya yang akan datang. Hal ini mengakibatkan omset penjual kendaraan atau dealer menjadi melonjak pesat saat bulan ramadhan atau mendekati hari raya.

Itu lah 8 peluang usaha yang dinilai sangat menjanjikan ketika ramadhan tiba, semoga bisa dijadikan referensi untuk mengembangkan usaha anda, terutama saat ramadhan tiba. Persaingan tentu saja tidak dapat dihindarkan, namun setiap orang pasti sudah meiliki jalan rezekinya masing- masing. So, tetaplah bersemangat dalam meraih pundi-pundi rezeki anda. Terimakasih.

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.