Tips Meraih Tidur yang Berkualitas

Setiap orang selalu membutuhkan istirahat. Tidur adalah salah satu istirahat yang paling utama dalam yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia.

Namun sedikit orang yang sadar bahwa tubuh sangat perlu diistirahatkan, ketika banyak sekali kegiatan sehari-hari yang cukup menguras tenaga, waktu dan pikiran. Tidur adalah waktu dimana badan atau fisik diistirahatkan dengan maksimal. Lalu bagaimana cara mendapatkan tidur yang berkualitas? Mengapa harus tidur dan bagaimana cara tidur yag benar agar dapat meraih tidur yang berkualitas?

Jawabannya anda, ada di artikel ini. Namun sebelum kita membahas tentang bagaimana meraih tidur tang berkualitas ada baiknya  kita berkenalan dengan si “tidur’ ini.

Apa itu TIdur?

Dilansir dari Harian Sehat, sebuah Penelitian yang dilakukan di Eropa Heart Journal pada tahun 2011 menunjukkan bahwa orang yang kurang waktu tidurnya memiliki resiko kurang lebih 48 % terserang penyakit jantung koroner dalam rentang waktu 7 sampai 25 tahun. Namun disisi lain, terlalu banyak tidur juga akan mengakibatkan resiko serangan jantung coroner yang sama dengan tingkat resiko yang lebih tinggi yaitu 65 %. Maka dari itu, dapat disimpulkan tidur yang sehat adalah tidur yang cukup, yaitu tidak kurang dan tidak pula berlebihan.

Sehingga munculah saran pertama kali tentang dasar waktu tidur oleh kepala NSF (National Sleep Foundation, Charles A. Czeisler , ahli bidang kesehatan tidur yang berasal dari Havard School , seperti yang dijelaskan dalam tempo.co kutipan dari Huffingtont post.

Charles mengemukakan bahwa ada beberapa waktu dasar tidur yang perlu dilakukan agar mendapatkan tidur yang berkualitas, yaitu dengan durasi ideal yang telah dikeluarkan oleh National Sleep Foundation (NSF) Amerika. Yang mana, panduan ini berhasil dibuat dan dikaji oleh baerbagai bidang ilmu kesehatan antara lain, ahli anatomi, neurologi, dokter anak, dokter kandungan, dokter ahli lansia, dan psikiatri.

Durasi Tidur Baik Yang Disarankan

Berikut adalah durasi tidur yang telah dikeluarkan oleh NSF (National Sleep Fondation) Amerika :

  • Durasi tidur untuk bayi yang baru dilahirkan (0-3 bulan) yaitu 14-17 jam per hari
  • Durasi untuk balita berusia 1-2 tahun berada pada kisaran 11- 14 jam per hari
  • Durasi untuk kategori dewasa muda (18-25 tahun) yaitu berkisar antara  7-9 jam/ hari
  • Durasi untuk kategori dewasa tua dengan rentang usia 65 tahun yaitu 7- 8 jam/ hari

Czeisler mengatakan bahwa “ Kebutuhan tidur sangatlah bervariasi, bergantung pada rentang usia yang sangat dipengaruhi factor kesehatan dan gaya hidup masing-masing individu. Sehingga disini dapat dismpulkan bahwa durasi tidur menjadi salah satu factor yang penting dalam mencapai tidur yang berkualitas dan tentu saja membuat tubuh anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Tips Agar Tidur Lebih Baik

Nah, bagaimana? Sudah taukan berapa waktu ideal yang anda butuhkan agar meraih tidur yang berkualitas. Berikut ini ada beberapa tips agar tidur lebih Nyaman:

Cuci tangan dan kaki sebelum tidur atau berwudhu

Tidur adalah saat yang saat dimana tubuh kita diistirahatkan dari segala bentuk aktivitas, sehingga kita dianjurkan untuk membasuh kedua kaki dan tangan agar bersih dari kotoran atau kuman-kuman yang mungkin mengganggu saat tidur, selain itu tidur dengan tubuh yang bersih akan membuat kita terhindar dari gangguan jin, mengingat jin suka dengan hal-hal yang tidak bersih.

Gosok gigi

Gosok gigi disini bertujuan agar gigi anda tetap sehat dan mulut terasa nyaman ketika tidur maupun bangun tidur. Hal itu disebabkan karena apabila mulut kita masih dalam keadaan kotor, maka kuman-kuman dalam mulut akan tetap bekerja, dan akan membuat gigi anda menjadi berlubang dan menyebabkan sakit gigi di lain hari. Maka hal ini perlu diperhatikan.

Buang air kecil dan besar sebelum tidur

Tidur adalah proses mengistirahatkan tubuh termasuk alat pencernaan. Tidur juga seringkali disebut bahwa kita berada antara hidup dan mati. Oleh karena itu, hal ini dianjurkan agar pencernaan kita juga turut beristirahat dan bersih saat kita tertidur, sehingga tidur kita akan lebih nyaman dan terhindar dari berbagai kemungkinan yag datang baik penyakit maupun kematian.

Tidak makan makanan berat kurang dari 2 jam sebelum tidur

Makan yang diajurkan saat malam adalah maksimal 2 jam sebelum tidur. Karena dalam kurun waktu 2 jam pencernaan sudah selesai mencerna makanan yang anda makan. Lain halnya jika anda 1 jam atau 15 menit setelah makan sudah tertidur. Bisa anda bayangkan bagaimana kerasnya pencernaan anda bekerja. Maka tidak jarang jika seseorang yang sering makan malam dan langsung tertidur mengalami masalah perut buncit atau kegemukan karena proses pencernaannya belum sempurna memproses makananan dalam perut.

Bersihkan tempat tidur (kibas-kibas sebanyak 3 kali)

Membersihkan tempat tidur terlebih dahulu dapt menghindarkan kita dari  debu, dan gigitan serangga yang mungkin sempat melintas di atas tempat tidur.

Gunakan bantal dan selimut yang nyaman

Bantal dan selimut seringkali mempengaruhi kenyamanan tidur seseorang. Tidak jarang jika seseorang sering terbangun karena bantal yang dipakainya terlalu keras atau terlalu tipis, selimut yang tidak memiliki bahan yang halus dan lain sebagainya. Maka dari itu, sebelum anda tidur pastikanuntuk memilih bantal yang sesuai agar kepala anda terasa nyaman dan tidur anda lebih nyaman pula.

Matikan lampu

Mematikan lampu adalah salah satu factor yang dapat membuat tubuh anda akan terasa lebih nyaman dan rileks ketika tidur, menstabilkan emosi, meningkatkan kerja otak, menhgurangi resiko kanker payudara, leukemia, mengurangi berat badan, dan rusaknya DNA. Hal ini disebabkan karena ketika gelap tubuh akan menghasilkan hormone melatonin yang berfungsi untuk mematikan sel kanker , selain itu tidur dalam kegelapan juga terbukti dapat membakar kalori sehingga akan mengrangi berat badan anda.

Membaca do’a

Membaca do’a adalah salah satu hal yang paling penting sebelum tidur. Karena do’a adalah permohonan kepada Tuhan agar dirikita selalu terjaga dalam keaadaan baik dari segala macam gangguan, bahaya, maupun yang lainya. Tidur adalah saat-saat antara nyawa kita diambil sementara waktu dan dikembalikan lagi saat kita terbangun. Namun, do’a disini adaklah salah satu kerelaan hati kita apabila suatu saat kita diambil nyawanya oleh Tuhan, kita sudah mempersiapkan diri dengan baik dan do’a yang baik pula.

Tidur dengan posisi miring ke sebelah kanan

Posisi tidur miring disini dianggap lebih efektif untuk membuat tidur lebih nyaman, karena posisi tidur yang memudahkan seseorang untuk bernafas, mendapat lebih banyak oksigen yang mengalir dalam darah karena posisi jantung berada diatas atau tidak tertekan oleh anggota badan yang lain, sehingga tubuh kita akan terasa lebih sehat dan bugar saat terbangun dari tidur.

Demikian tips-tips yang sejauh ini telah terbukti mampu membuat tidur anda lebih nyaman. Semoga tips-tips tersebut dapat bermanfaat dalam membantu meraih kenyamanan dalam tidur anda. Salam Sehat !

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.