Budidaya Burung Puyuh untuk usaha rumahan

0
76

Selamat datang di berwirausaha kesempatan kali ini kami akan mengajak anda mengulas mengenai peluang usaha budidaya burung puyuh, kelebihan usaha ini, modal dan apa saja yang di perlukan dan bagaimana cara memulainya.
Selamat membaca.

 

Apakan anda pernah makan telur puyuh?
Sama saja seperti aam, puyuh juga merupakan salah satu hewan yang banyak di ternak oleh masyarakat terutama untuk dikonsumsi daging dan juga telurnya.

Burung puyuh sebenarnya merupakan salah satu hewan unggas daratan yang memiliki tubuh kecil biasanya tinggal disemak semak, bertelur dan membuat sarang di tanah, makanan utama burung puyuh adalah biji bijian dan juga serangga kecil seperti belalang.

Ciri ciri burung puyuh :

  • Berukuran kecil seukuran anakan ayam.
  • Terdapat bintik bintik/lurik pada bulunya.
  • Memiliki kemampuan lari yang sangat cepat.
  • Bisa terbang tapi hanya pada saat terdesak dan juga dalam jarak pendek.

Kenapa usaha budidaya burung puyuh ini layak dikerjakan?
Ada beberapa hal yang patut menjadi pertimbangan kenapa usaha budidaya burung puyuh ini sangat baik untuk dikerjakan, diantaranya :

  • Modal tidak terlalu besar.
  • Biaya perawatan yang terjangkau.
  • Tidak membutuhkan lokasi yang luas untuk proses budidayanya.
  • Masa produksi yang tergolong cepat (6 sampai 7 minggu sudah mulai bertelur).
  • Relatif tahan terhadap penyakit.

Gambaran peluang usaha dari burung putuh.
Permintaan akan telur dan daging puyuh ini terus meningkan dari waktu ke waktu, bahkan Saat ini diperkirakan permintaan telur puyuh untuk wilayah jawa saja sudah mencapai 25 juta perminggunya, bahkan ada beberapa peternak mengaku mendapakan pesanan mencapai 3000 butir perhari, meskipun demikian ternyata peternak burung puyuh baru mampu memenuhi sekitar 15 persen dari kebutuhan total pasar.

Berapa sih perkiraan penghasilan peternak burung puyuh?
Burung puyuh terkenal mampu bereproduksi dengan sangat cepat dan jumlah telur telur yang sangat banyak pada setiap kali produksi. Satu indukan mampu menghasilkan telur sampai lebih dari 5 butir perhari, belum lagi daging puyuh dijualnya bijian dengan harga kisaran 10 ribu.
Misalkan anda memiliki 300 induk burung puyuh dan satu indukan bisa menghasilkan sampai lebih dari 5 butir telur setiap minggunya, berarti 3 x 900 = 2700 butir perminggu.

ketika anaknya sudah cukup besar anda bisa jual sebagian indukannya untuk dimanfaatkan dagingnya dengan harga 10 ribu perbiji, silahkan perkirakan sendiri penghasilan yang bisa di peroleh dari rata rata penjualan yang dilakukan.

Bagaimana cara budidaya burung puyuh?

 

1. Syarat budidaya :

  • Lokasi jauh dari keramaian dan pemukiman penduduk.
  • Lokasi tidak bising.
  • Lokasi terbebas dari wabah penyakit.
  • Bukan merupakan daerah sering banjir.
  • mendapatkan sirkulasi udara yang baik.
  • Lokasi yang stategis untuk pemasaran telur itu sendiri

*catatan :
tempat budidaya harus terpisah jauh dari lingkungan penduduk karena puyuh itu mudah strees di daerah saya bahkan orang baru di larang memasuki kandang karena akan membuat burung stres dan juga berhenti bertelur dan juga biasanya orang dari luar membawa penyakit.

 

2. Peralatan yang mungkin di perlukan

 

Peralatan : Fungsi
kandang tempat budidaya
wadah telur tempat menampung hasil telur
wadah Pakan dan minum tempat pakan dan minum
Listrik dan lampu penghangat kandang
Lain lain sesuai dengan keperluan


3. Pembibitan dan indukan

Dalam mempersiapkan indukan puyuh harus yang unggul, serta memperhatikan dulu tujuan dalam pemeliharaan  puyuh tersebut.

  1. tujuan dalam memelihara burung puyuh, pertama untuk produksi telur konsumsi maka dibutuhkan bubut ketam betina yang sehat, bebas dari penyakit. Untuk itu pilihlah bibit puyuh betina yang baik produksi
    telurnya, dan puyuh jantan yang siap membuahi puyuh betina agar menjamin
    hasil telur tetas yang baik dan berkualitas tinggi.
  2. Kedua untuk produksi daging puyuh maka harus dipilih bibit puyuh jantan dan betina petelur yang unggul dalam ukuran dan bentuk tubuh.

 

4. Pemberian pakan 

Pemberian pakan (makan) dan minum, pemberian pakan pada burung puyuh dapat berupa bentuk pallet, remah-remah dan tepung. Pada puyuh anakan sebaiknya diberi pakan 2 kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore. Sedangkan untuk puyuh remaja/dewasa sebaiknya diberikan satu kali dalam sehari yaitu pada pagi hari

5. Perawatan

Sanitasi dan pencegahan, untuk mencegah timbulnya penyakit ternak pada burung puyuh, sebaiknya sanitasi lingkungan kandang harus dijaga dengan baik dan agar tidak menyebabkan penyakit yang tidak di inginkan.
Penerangan kandang dan sirkulasi kandang dalam pemeliharaan burung puyuh maka yang harus diperhatikan adalah memperhatikan ketersediaan cahaya matahari yang cukup supaya puyuh mendapat vitamin D yang cukup dan alami dari sinar matahari tersebut.

 

6. Panen

Panen bisa disesuaikan dengan tujuan budidaya anda, bila untuk telur maka saat burung bertelur anda bisa langsung ambil dan kumpulkan telurnya untuk di jual, tapi jika untuk pedaging usahakan memelihara agar burung cepat besar.

perhatikan juga untuk memperhatikan kelanjutan dan pembanyakan jumlah burung puyuh, agar produksi semakin membesar dan tidak kekurangan induk penerus.

mungkin cumaitu dulu yang bisa berwirausaha bagikan kali ini tentnang peluang bisnis budidaya burung puyung yang menjanjikan untuk dikerjakan semoga bermanfaat dan sukses selalu dengan usaha anda, terimakasih telah berkunjung.
sampai jumpa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.