Ternak Jangkrik Yang Menghasilkan uang

0
46

Selamat datang di berwirausaha.net pengunjung sekalian
pada kesempatan kali ini kami ingin mengajak anda mengulas peluang usaha budidaya jangkrik yang menjanjikan, kenapa usaha ini dikatakan menguntungkan, apa kelebihannya, gambaran penghasilan dan bagaimana cara memulainya. Selamat membaca

Sering denger suata Jangkrik kan ya?? Yang bunyinya krik krik krik…
Siapa sangaka binatang yang awalnya di anggap sepele itu kini sudah berubah menjadi ladang penghasilan jika di budidaya dengan serius?
Lah kok bisa jangkrik menjadi ladang mata pencaharian? Yup pasalnya saat ini telur jangkrik sedang menjadi incaran oleh para pecinta burung untuk di jadikan sebagai makanan burung.
Tidak main main bahkan seorang pembudidaya burung berani membayar telur jangkrik kalung sampai 200 ribu perkilonya. Bahkan untuk jenis jangkrik alam atau siring madu bahkan mencapai harga 300 ribu. Waw harga yang tidak bisa di katakan murah kan??

Jangkrik atau cengkerik memiliki nama latin (gryllidea) sebenarny adalah binatang sejenis serangga yang sering kita dengarkan suaranya di malam hari, sebenarnya jangkrik ini masih sodara dengan belalang maka tak heran jika di perhatikan jangkrik memiliki kemiripan dengan belalang.

didaerah pedesaan yang masih jauh dari polusi udara biasanya dengan mudah kita bisa mendengarkan suara jangkrik ini, suara ini dihasilkan oleh jangkrik jantan yang berfungsi sebagai penarik perhatian lawan jenis dan juga sebagai penanda kekuasaan dari jangkrik jantan lainnya.
 
Jenis jenis Jangkrik

Sepengetahuan kami jangkrik itu ada banyak macamnya tapi ada beberapa jenis yang menurut saya mudah diingat cirinya yaitu :

  • Jangkrik genggong (jangkrik kalung) ciri cirinya terdapat tanda kuning disekitaran lehernya.
  • Jangkrik sliring(jangkrik alam) memiliki ukuran lebih kecil dari jangkrik kalungsering di temukan hidupo di pematang sawah.
  • Jangkrik gasir(kasir) jangkrik ini memiliki ukuran sangat besar bahkan bisa sebesar telunjuk tangan orang dewasa. Sering hidup membuat lubang dengan ciri terdapat tanah gundunkan bekas galian di lubangnya, dan biasa tinggal di lingkungan kebun dan juga sawah. Jangkrik ini terkenal sering di jadikan jangkrik aduan.
  • Jangkrik upo/upa dikaratan jangkrik upo (butir nasi) karena ukuranya kecil se[perti nasi biaa ditemukan di bawah batu batu. Memiliki gerakan sangat lincah dan gesit.
  • Jangkrik jliteng (jangkrik hitam) bentuknya hitam kecil dan gesit, karakter jangkrik inilah yang ditirukan oleh pahlawan kita waktu kecil yaitu satria baja hitam.


Fungsi jangkrik untuk kehidupan manusia :

  1. Sebagai pakan burung
  2. Sebagai pakan pancing/ pakan ikan.
  3. Bisa dijadikan campuran bahan pembuatan kosmetika.



Bagaimana Cara Mudah Budidaya Jangkrik?

1. Syarat lokasi budidaya

Jauh dari limbah air pabrik, dan asap polutan, sehingga sangat cocok jika dibudidaya paada lingkungan desa.
Lokasi yang dijadikan tempat budidaya harus yang tenang, Jauh dari kebisingan.
Teduh dan lembak, tidak terkena panas atau sinar matahari langsung.

2. Kandang

usaha ternak jangkrik
kandang jangkrik


Buatlah kandang semirip mungkin dengan habitat aslinya.
Kandang jangkrik yang  paling umum di temui adalah jenis kandang tertutup berkaki empat, dengan pintu di bagian atas.
jika di gambarkan rapat mirip seperti kandang burung tapi menggunakan dinding dinding dari jaring besi halus, itu lo jaring jaring besi yang rongkanya sangat kecil sehingga jangkrik tidak bisa kabur.
bagian kaki di beri alas mangkok berisi solar agar tidak dirambati semut, Sebaiknya kandang diletakan tidak menempel pada dinding agar semut dan predator lain tidak bisa memasuki kandang dan memakan telur jangkrik.

3. Persiapkan indukan/babonan

 Anda bisa langsung mencari jangkrik jangkrik di sekitaran anda, sebaiknya banyak agar cepat bertelur dan berperoduksi. patikan anda memilih yang jenis kelaminnya jangtan dan betina ya biar bisa menghasilkan keturunan.
Biasanya untuk jumlah jantan dan betina 1 banding lima, maksudnya begini, misalnya jantannya 2 berarti betinanya sepuluh, dst…


Ciri cirinya jangkrik jantan:

  1. Biasanya ngenthir (mengeluarkan bunyi riiiiikkkkkk)
  2. Ukuran sayapnya lebih besar dan kasar.
  3. Lebih gesit dan juga kecil.
  4. Tidak punya opivesitor di ekor.

Jika Betina sebaliknya

4. Perawatan

1. Pemberian pakan
Makanan utama Jangkrik adalah daun daunan seperti daun singkong, rumput rumputan dll,
Tapi untuk menjamin gizi jangkrik berikan juga jagung, etan hitam, kuning telur bebek, vitamin dan tepung ikan. Tapi ingat jangan sampai memberi pakannya kurang karena bisa mengakibatkan jangkrik saling mangsa (kanibal).

2. media bertelur/sarang 
Berikan juga media pasir di dalam kandang untuk mendukung peneluran.
Sering cek kandang jika jika jangkrik sudah bertelur dan segeralah pindahkan telur ke tempat lain yang medianya pasir, nantinya telur akan berubah warna dari bening menjadi sedikit keruh, oh iya agar bisa menetas telur jangkrik perlu lokasi yang lembab jadi sering lah semrot telur dengansemprotan burung sedikit saja, untuk menjaga kelembaban. Bolak balik juga agar tidak jamuran dan tidak bisa menetas.
Untuk proses penetasan biasanya berlangsung antara 5 sampai 7 hari.

Mungkin Cuma itu yang bisa berwirausaha bagikan kali ini tentang peluang bisnis ternak jangkrik yang menghasilkan semoga bermanfaat dan sukses selalu dengan usaha anda.
jangan lupa untuk berkunjung kembali
Terimakasih dan sampai jumpa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.