Cara Menikmati Hidup dengan Cara yang Paling Sederhana.

Hidup merupakan kesempatan satu- satunya yang diberikan Tuhan untuk memperbaiki diri, berkolaborasi, berekspresi dan lain sebagainya. Namun, banyak diantara kita yang sering merasa bosan dengan apa yang telah kita miliki. Tidak bersyukur, merupakan salah satu hal  dengan menghalalkan segala cara. Sedangkan,yang kita tahu, ada banyak cara, untuk dapat menikmati dan memanfaatkan hidup kita dengan cara yang paling sederhana.

Bahagia. Tidak sedikit orang selalu mengait- ngaitkan bahagia dengan uang. Uang memberikan segalanya.

“Asal ada uang semuanya beres, asal ada uang apapun bisa dilakukan. Uang adalah kebahagiaan dan lain-lain.” katanya

Lalu bagaimana kalau kita tidak memiliki uang? Apakah lantas kita bisa disebut dengan tidak bahagia? Para pembaca yang budiman, bahagia dalah apa yang kita pilih, dengan kata lain, bahagia adalah pilihan. Aitu pilihan yang kita tetapkan. Apakah kita mau bahagia atau tidak? Dengan cara apa kita bisa bahagia dan lain sebagainya. Maka, apa saja yag dapat kita lakukan untuk mencapai kebahagiaan hidup itu sendiri tanpa menghawatirkan soal uang  dan sebagainya?

Penyebab tidak bahagia

Apa saja factor yang menyebabkan seseorang sulit untuk menikmati hidup?

Tidak pernah merasa puas

Seseorang yang tidak pernah merasa puas dengan dirinya sendiri dan apa yang dimilikinya, mereka akan cenderung selalu sedih dan gelisah. Mereka akan selalu berfikir bagaimana caranya untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Padahal, jika seseorang itu sadar, betapa beruntungnya dirinya dengan apa yang telah dimiliki. Akan sangatlah menyenangkan dalam hatinya.

Tidak bersyukur dengan apa yang telah dimiliki.

Tidak bersyukur adalah salah satu factor yang sangat mempengaruhi bahagia seseorang. Ketka seseorang tidak pernah bersyukur dengan apa yang dimilikinya, dia akan selalu berfikir bahwa dirinya tak memiliki apapun, padahal kesempurnaan dalam hidup atau bahagia yang sempurna adalah bahagia yang kita ciptakan sendiri. Jika disadari, semua yang kita miliki adalah nikmat dari Tuhan yang patut kita syukuri, contohnya, kesehatan, bernafas, berjalan, berbicara dan lain-lain. Jadi, bahagiaitu tidak ditentukan dengan banyaknya materi yang kita miliki , melainkan seberapa besar rasa syukur yang dapat kita panjatkan kepada Tuhan.

Sombong

Sombong, sombong merupakan sifat yang paling berbahaya yang dimiliki oleh manusia. Sombong bisa menghancurkan diri sendiri. Mengapa demikian? Karena sombong hanya akan merendahkan dirimu dimata Tuhan dan manusia. Jika sombong, maka orang lain tidak akan nyaman berteman denganmu, jika sombong kepada Tuhan, dan tidak pernah berdoa, memang apa yang sudah kamu lakukan? Dari mana asalnya rezeki? Ya dari Tuhan. Lantas apa yang perlu kita sombongkan. Sombong hanya akan membuat diri kita semakin jatuh dan tidak bahagia dalam menikmati hidup.

Membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Yang kamu miliki adalah hal yang teristimewa dalam hidupmu. Membanding-bandingkan apa yang kamu miliki dengan apa yang dimiliki orag lain, hanya akan membuatmu semakin sedih. Tuhan memberikan porsi rezeki yang berbeda-beda dengan orang lain, maka nikmatilah apa yang kamu miliki. Dan capailah sesuatu yang ingin kamu capai dengan caramu sendiri. Membanding- bandingkan dirimu dengan orang lain hanya akan menimbulkan kegelisahan dalam hati, karena setiap orang memiliki keistimewaan masing-masing dalam dirinya. Maka jadilah dirimu sendiri, untuk mencapai kebhagiaan dalam hidup dengan cara yang kamu miliki.

Cara Menikmati Hidup

Berikut adalah beberapa cara untuk menikmati hidup dengan cara yang paling sederhana yang dapat anda lakukan.

Cintai diri anda sendiri.

Cintai diri sendiri merupakan cara yang paling efektif dalam menikmati hidup. Dengan mencintai diri sendiri, semua yang kita miliki akan terasa indah dan berharga. Mencintai diri sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti melakukan hal- hal positif yang kita sukai, memperbanyak melakukan kebaikan atau menolong, menghargai orang lain, dan selalu bersyukur kepada Tuhan. Dengan mencintai diri sendiri, anda dapat merasakan kebahagiaan tersendiri dalam diri anda. Hal ini juga termasuk cara yang paling mudah untuk menikmati hidup anda, karena anda tidak perlu apapun, hanya perlu mencintai diri anda dengan sesederhana mungkin.

Ikhlas

Ikhlas merupakan hal yang cukup sulit dilakukan oleh manusia namun harus dilakukan. Sifat ini wajib dimiliki setiap orang. Mengapa? Kaena ikhlas adalah cara melepaskan beban yang paling sederhana. Cara menikmati hidup yang satu ini, memang memerlukan hati yang lapang, karena anda harus memiliki cukup mental untuk mengikhlaskan segala hal yang telah terlewat dalam hidup anda, misalnya masa lalu yang buruk, dan orang orang yang menyakiti anda. Untuk menikmati hidup anda, anda harus mengikhlaskan semua itu, ikhlas untuk memaafkan, dan ikhlas untuk merelakan semuanya berlalu dari hidup anda. Apabila anda telah berhasil ikhlas, maka kebahagiaan dan ketenangan akan menghampiri anda dengan sendirinya.

Mensyukuri apa yang anda miliki

Bersyukur adalah cara tepat untuk menikmati hidup anda tanpa materi apapun.bersyukur membuat setiap orang tenang menghadapi hidupnya. Bersyukur dengan apa yang anda miliki akan membuat anda selalu merasa cukup dengan apa yang telah diberikan Tuhan, namun tetap berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai apa yang mampu untuk dicapai. Bersyukur adalah tanda seseorang memiliki hati yang tangguh, karena dia mampu menerima setiap hasil yang didapatkannya dengan lapang dada dan tanpa mengeluh.

Maafkan diri anda sendiri dan orang lain yang pernah menyakiti anda

Untuk dapat menikmati hidup,  maka maafkanlah diri anda sendiri. Berusahalah untuk dapat keluar dari zona masalalu anda, dimana anda hanya diselimuti dengan rasa bersalah dimasalalu, dan focus dengan kesalahan-kesalahan yang telah anda lakukan. Mulailah kembali hidup anda dengan diri anda yang baru, anda yang yang telah memaafkan diri anda. Setelah anda berasil memaafkan dirianda, selanjutnya adalah, maafkanlah orang-orang yang dahulu pernah menyakiti anda. Andai anda tau, bahwa memaafkan adalah hal yang paling indah yang dapat anda lakukan. Memaafkan semua kesalahan yang ada dimasalalu akan melepaskan diri anda dari jeratan- jeratan kesalahan anda. Hal ini akan membuat anda lega dalam menjalani hidup dimasa yang akan datang.

Mendekatkan diri kepada Tuhan

Hal yang terpenting dalam hidup adalah, selalu mendekatkandiri kepada Tuhan. Tuhan adalah peberi segala sesuatu dan keindahan yang ada dalam hidup kita. Tuhan memberikan semua nikmat tanpa syarat. Maka, taka da alasan untuk jauh dari Tuhan. Mendekatkan diri kepada Tuhan akan memberikan ketenangan dan rasa aman yang haqiqi, karena jika kita selalu dekat dengan Tuhan. Maka rahmat Tuhan akan selalu dapat kita rasakan.

Nah, sahabat. Hal- hal diatas merupakan cara yang paling seerhana yang dapat kita lakukan. Jadi, tidak benar apabila menikmati hidup harus berdasarkan dengan materi. Kita memang perlu memiliki banyak uang, namun yang terpenting adalah, lakukan hal- hal kecil dahulu untuk membahagiakan diri anda. Dan materi adalah pelengkap atau bonus yang akan kita dapatkan apabila kita tekun dalam berusaha. Selamat mencoba..!

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.