Siapa Penemu HandPhone, Ini Jawabannya

Handphone mungkin bukan hal yang asing lagi bagi kita. Hampir setiap orang memiliki handphone. Tapi taukah kamu siapa penemu handphone pertama kali? Yuk kita ulas Bersama!

Kapan Handphone Pertama Ditemukan?

Hp pertama di temukan pada 03 April 1973, ide utamanya adalah untuk menciptakan sebuah alat komunikasi baru yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel.

Siapa Penemu Handphone?

Penemu HP pertama adalah Martin Cooper walau banyak yang menyebutkan penemu Hp merupakan sebuah tim dari salah satu divisi Motorola tempat Cooper bekerja dan model HP pertama adalah DynaTAC

Ide Awal Diciptakannya HP

Ide utama kenapa diciptakannya Telepon genggam atau HP (Handphone) yaitu suatu perangkat telekomunikasi elektronik dua arah yang dapat dibawa kemana-mana (portable) dan tidak perlu menggunakan kabel (nirkabel/wireless)

Siapa Penemu HP
ilustrasi hp

Selain untuk media komunikasi dalam perkembangannya handphone juga sudah bisa disebut computer mini karena hampir semua fungsi dasar yang bisa dilakukan dikomputer dapat dilakukan di handphone.

Misalnya seperti:

  • Bermain game
  • Mendengarkan music
  • Menonton video
  • Mengambil gambar dan Merekam Video
  • Menjelajah internet dan masih banyak lagi kemampuan yang terus bertambah seiring dengan perkembangan smartphone dari waktu ke waktu.

Kenapa Hp disebut juga dengan istilah Ponsel Cerdas(smartphone)

Semakin hari ponsel yang dikeluarkan oleh pengembang semakin canggih dan pintar bahkan hampir mampu menggantikan computer, dengan kemampuan yang sangat banyak serta mampu memudahkan pekerjaan manusia inilah Handphone selanjutnya dikenal dengan istilah SmartPhone (ponsel pintar).

Advertisement

Darimana asal usul kata Handphone?

Kata HP/handphone berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris. Hand (tangan) dan phone (suara). Sehingga handphone sering disebut juga telepon genggam.

Apa Perbedaan HP dan Telpon Rumah?

Secara Fungsional hp dan juga telpon rumah memiliki kesamaan, yaitu sama sama bisa digunakan untuk media komunikasi baik melalui telpon ataupun pesan text.

Tapi untuk telpon memiliki keterbatasan seperti: harus terhubung kabel jaringan telpon dan tidak bisa dibawa kemana mana, serta umumnya telpon rumah hanya dikhususkan untuk keperluan komunikasi.

sedangkan hp memiliki kelebihan yang tidak dimiliki telpon rumah yaitu dapat dibawa kemana mana. Selain itu smartphone juga bisa digunakan untuk media hiburan, komunikasi, ultilitas dan lain-lain.

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan HP secara Umum

Kelebihan handphone

  1. Memudahkan komunikasi
  2. Dapat digunakan untuk media belajar, hiburan dan juga mencari informasi melalui internet
  3. Dapat dimanfaatkan untuk membantu memudahkan proses belajar mengajar

Kekurangan handphone

  1. Berpotensi mempengaruhi sifat penggunanya misalnya menjadi penyendiri dan kurang bersosialisai dengan lingkungan sekitara karena terlalu asik bermain hp
  2. Dapat mempengaruhi kesehatan jika digunakan secara berlebihan misal sakit mata, pusing dan insomnia.
  3. Dapat berbahaya jika digunakan untuk hal yang salah dan juga dapat menimbulkan kemungkinan tindak kejahatan
  4. Harga paket (internet) yang masih cukup mahal dapat mengakibatkan pemborosan.

Nah itu beberapa informasi mengenai Hp, jika kita mampu menggunakannya secara bijak hp bisa sangat memudahkan pekerjaan manusia namun begitu juga sebaliknya.

Semoga artikel ini bermanfaat sampai jumpa

Advertisement

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.