17 Peluang Usaha ternak Menguntungkan Yang Mudah Dijalankan

Peluang Usaha ternak Menguntungkan

Peluang Usaha ternak Menguntungkan

Budidaya dan Ternak merupakan salah satu jenis usaha yang terbukti masih sangat menghasilkan saat ini, terutama karena ternak merupakan salah satu bahan kompsumsi yang kita perlukan untuk memenuhi kebutuhan pangan kita.

Selain itu ternak juga cocok dilakukan teruama untuk anda yang tinggal dilingkungan desa karena disana masih tersedia cukup ruang yang memadai untuk proses budidaya dan ternak, selain itu didesa juga masih tersedia banyak tumbuhan dan tanaman liar yang merupakan salah satu bahan pakan ternak, sehingga lingkungan perdesaan sangat cocok dijadikan pilihan untuk usaha ternak dan budidaya.

Apa saja usaha ternak yang mudah dijalankan dan menguntungkan
Untuk lebih jelas, berikut ini usaha budidaya dan bisnis ternak yang mudah untuk dijalankan, dibutuhkan dan tentu saja yang menguntungkan, yang bisa menjadi pilihan untuk dijalankan oleh anda, di antaranya :

1. Usaha Ternak Ayam Pedaging

Bisnis yang pertama adalah budidaya ayam pedaging atau mungkin lebih akrap dkenal dengan istilah ayam boyler. Bisnis peternakan ayam pedaging atau broiler ini sangat banyak dijumpai didaerah pedesaan.

Bisnis ini terkenal mudah dijalankan dengan potensi untung yang sangat besar. Alasannya tentu saja karena kebutuhan daging ayam masyarakat diIndonesia saat ini masih jauh dari kata cukup.

Apalagi pada waktu tertentu misalnya saat-saat menjelang idul fitri, para pengusaha ternak ayam broiler bisa memperoleh keuntungan berkali-kali lipat dari hari biasanya dikarenakan, daganganya laris manis diserbu para pembeli terutama untuk persiapan menjelang hari raya.

Selain itu menjelang hari besar Harga daging ayam akan melambung pesat sehingga keuntungan bisnis ini menjadi berkali-kali lipat.

Maka tak salah jika usaha budidaya ayam pedaging ini menjadi salah satu rekomendasi yang patut anda pertimbangkan.

2. Usaha Ternak Sapi

Peluang bisnis di berdang budidaya dan peternakan berikutnya adalah budidaya sapi baik sapi.
Kenapa sapi? Karena kita tau sapi merupakan salah satu bahan pangan pokok disamping beras, dan minyak.

Dan taukan anda kalau permintaan akan daging sapi saat ini di negara kita bisa dikatakan sangat besar. Terutama untuk kebutuhan nasional sehingga pemerintah kita terpaksa harus mengimport sapi dari luar negeri seperti dari Australia dan India.

Hal inilah yang akhirnya menyebabkan harga daging sapi di tanah air sangat tinggi saat ini dibandingkan dengan negara tetangga kita di Asia Tenggara. Hal ini tentu sangat disayangkan terutama kalau diperhatikan negara kita ini sangat berpotensi dan keadaan alamnya masih sangat mendukung untuk tempat budidaya dan ternak sapi.

Umumnya para pengusaha ternak sapi mengalami peningkatan pesana pada saat menjelang Permintaan akan daging sapi meningkat menjelang hari raya idul fithri dan hari raya idul adha (hari raya kurban). Dimana para kaum muslimin yang hendak melakukan kurban membeli sapi untuk dikorbankan, pada saat ini keuntungan para peternak sapi melonjak tajam karena harga dari sapi juga yang ikut meningkat drastis.

Sebagai informasi tambahan harga untuk satu kilo daging sapi di Indonesia bisa mencapai Rp 120-130 ribu. Sedangkan saat harga normal daging sapi biasanya dibandrol dengan harga sekitar Rp 80 ribuan.

Waw sangat mahal kan ya? Sehingga bisnis ternak sapi potong maupun susu tetap menjanjikan dijalankan sekarang sampai kapanpun juga.

3. Usaha Ternak Kambing

Usaha rekomendasi selanjutnya adalah ternak kambing,.
Kenapa kambing? Karena kambing merupakan salah satu jenis hewan budidaya yang sangat mudah dipelhara.

Pertimbangan membuka usaha ternak kambing ini dikarenakan ternak kambing adalah salah satu jenis usaha ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat.

Usaha ternak kambing umumnya mudah ditemui didapatkan di sejumlah desa. Tidak sedikit masyarakat perdesaan menjadikan ternak kambing sebagai usaha sampingan selain kegiatan utama bertani dan bercocok tanam.

Walaupun sering dianggap sebagai usaha sampingan tapi jangan salah keuntungan yang dihaslkan usaha ternak kambing ini bisa di katakan lumayan besar dan menjanjikan.

Hal ini terutama di karenakan kambing merupakan salah satu daging paling banyak dikonsumsi selain ayam dan sapi. Sehingga tidak heran jika harga jual kambing sekarang sangat mahal,apalagi saat menjelang hari raya lebaran idul adha dimana kambing banyak dicari sebagai hewan kurban alternatif penggani sapi.

4. Usaha Ternak Bebek petelur dan pedaging

Salah satu peluang bisnis di bidang peternakan yang tak boleh dilupakan oleh para pelaku usaha yang ingin mengeruk untung besar adalah usaha ternak sapi. Pada suatu hari salah seorang kerabat penulis hendak membuka usaha ternak bebek. Ia memerlukan modal usaha sebesar Rp 1,5 juta untuk pembuatan kandang bebek, bibit bebek dan pakan. Untuk mendapatkan modal usaha sebesar itu, ia menjual tabung gas 3 kg sebanyak 10 buah. Tabung tersebut asalnya dari usaha eceran gas 3 kilogram elpiji yang bangkrut. Ternyata alasan ia memilih usaha ternak bebek karena di sawah ia pernah berjumpa dengan seorang peternak bebek yang kaya raya dan mempunyai rumah dan mobil mewah berkat bisnis ternak bebek yang ditekuni.

Bebek yang dimiliki peternak sukses dan kaya itu sebanyak seribu bebek. Dalam satu hari, bebek ternaknya dapat menghasilkan 1000 telur. Satu butir telur bebek dihargai Rp 2000. Jadi dalam satu hari untung bersih peternak bebek sebesar Rp 2 juta. Dikalikan sebulan keuntungan yang diperoleh 30 x Rp 2 juta = Rp 60 juta perbulan. Pantas saja kebanyakan peternak bebek kaya raya. Mendengar cerita itu, kerabat penulis tertarik untuk ternak bebek dan ia merasakan betapa mudah menjalankan usaha ternak bebek.

5. Usaha Ternak Lele

Bisnis peternakan ikan lele masih menjadikan salah satu usaha favorit bagi sebagian pelaku usaha ternak ikan.

Alasan yag menjadikan ternak ikan lele ini promadona di bisnis perikanan adalah karena masa panen ikan lele lumayan cepat, yakni kurang dari tiga bulan sehingga peternak mampu merauk keuntungan yang besar dalam waktu yang relatif singkat. Kelbihan lain dari usaha ternak ikan lele ini yaitu lele bisa dilakukan di lahan sempit terbatas yaitu menggunakan kolam terpal.

Selain itu lele sekarang merupakan ikan konsumsi yang banyak di jadikan menu hidangan di beberapa rumah makan, lihat saja di kala malam hari puluhan pedagang pinggir jalan menjajakan pecel lele sebagai hidangan utamanya.

Usaha ternak ikan lele ini tidaklah memerlukan modal yang terlalu dan mudah dijalankan ini cocok sekali dijadikan peluang bisnis bagi pemula.

6. Usaha Ternak Burung

Ada berbagai jenis burung yang bisa sobat ternak dan budidaya.
Terutama yang sangat populer saat ini yaitu adalah beternak burung lovebird.

Usaha ternak burung mudah dijalankan baik secara rumahan maupun sampingan. Permintaan masyarakat pecinta burung terhadap binatang unggas berkicau ini sangat tinggi.

Kita bisa lihat fenomena sekarang ini, di halaman rumah sudah mudah kita jumpai berbagai burung dalam sangkar yang digantung di depan rumah. Bahkan usaha penjualan pakan dan makanan burung laris manis diserbu para konsumen. Untuk memulai usaha ternak burung sama seperti menekuni bisnis peternakan lainnya, kuncinya yaitu anda harus telaten, teliti dalam merawat burung. Hal ini terutama disebabkan oleh karena burung sangat rentan sekali mati jika tak diurus dengan baik.

Pastikan sobat memberi makan hewan berkaki dua ini secara teratur dengan makanan bergizi dan disukai burung. Berikut ini sejumlah ternak burung yang sedang booming dan trend di masyarakat tanah air antara lain burung love bird, kace, jalak bali, beo, kakaktua, murai batu, dan lain sebagainya. Usaha ternak burung di atas sangat menjanjikan karena harga burung tersebut relatif stabil.

7. Ternak jangkrik

Mengulas tentang ternak burung kurang lengkap rasanya kalau kita juga tidak membahas usaha ternak jangkrk. Taukah anda kalau jangkrik itu hewan yang saat ini menjelma menjadi salah satu hewan budidaya yang menguntungkan?

Hal ini dikarenakan jangkrik merupakan hewan yang banyak dicari terutama untuk pakan misal nya pakan burung, pakan ikan dan hewan budidaya lain seperti belut.
Harganya juga tidak bisa dianggap remeh pemilik burung bahkan harus merooh kocek ratusa ribu hanya untuk biaya maka burung selam satu hari saja. Apalagi jika burung yang di ternak jumlahnya sudah puluhan.

8. Ternak Ayam Kampung

Bagi orang yang tinggal didesa beternak ayam kampung sudahlah menjadi seuatu hal yang lumrah. Bahkan sudah menjadi kebiasaan mereka sehari-hari.

Mudah dijumpai di sebuah rumah di pedesaan, usaha ternak ayam kampung secara tradisional dan rumahan. Dari satu ekor ayam kampung berkembang biak hingga puluhan ekor.
Adapun penjualan ayam mudah sekali. Setiap hari bandar ayam mendatangi langsung peternak ayam kampung untuk menawarkan pembelian ayam kampung dengan harga tinggi.

Usaha peternakan ayam kampung bisa juga dikombinasikan dengan bisnis ternak ayam bangkok yang juga menguntungkan berlipat.

9. Usaha Ternak Burung Puyuh

Taukan anda jika burung puyuh merupakan salah satu usaha yang menggiurkan.
Umumnya usaha seperti ini dijalankan secara sampingan dengan keuntungan lumayan besar, keuntungan umumnya berasal dari penjualan telur puyuh. Permintaan telur puyuh di masyarakat sangat tinggi.

Saya sendiri pernah mendatangi seorang peternak burung puyuh rumahan dan peternak yang saya jumpai mengaku setiap bulan bisa meraih untuk lebih dari 3 juta.

Untuk Harga jual satu kilogram telur puyuh umunya sebesar Rp 25 ribu. Anda bisa menjual langsung telur puyuh ke masyarakat atau menitipkan di sejumlah warung dan toko dengan sistem titip jual.

Selain budidaya telur puyuh, anda juga bisa melakukan ternak burung puyuh kemudian dijual bibit burung puyuh tersebut.

10. Bisnis Ternak Belut

Di tempat tinggal saya merpakan sebuah desa yang dekat dengan laut sehingga banyak di jumpai masyarakat yang menggeluti usaha ternak belut dan ternyata seteah saya melaukan sebuah diskusi usaha ternak belut ini termasuk usaha yang sangat menguntungkan.

Apalagi usaha ternak belut mudah dijalankan dengan modal kecil. Sehingga menjadikan peluang usaha peternakan terbaik di tahun 2017. Cara beternak belut bisa dilakukan di lahan sempit yang terbatas dengan cara menggunakan drum atau kolam kecil.

11. Bisnis Ternak Nila

Nila merupakan jenis ikan yang sangat disukai banyak orang untuk dikonsumsi. Permintaan akan ikan ini tinggi sekali. Sehingga restoran, dan rumah makan banyak yang memburu hewan ini untuk dijadikan menu spesial bagi penikmat kuliner. Harga nila terbilang tinggi dan stabil setiap tahunnya. Bagi anda yang sedang mencari peluang usaha yang menguntungkan maka bisnis ini sangat tepat dipilih. Sebab ikan nila mudah dibudidayakan di kolam.

12. Usaha Ternak Ayam Petelur

Kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap telur setiap hari semakin besar. Hal ini bisa dilihat dari penjualan telur di berbagai warung dan toko sembako lumayan tinggi setiap tahun. Apalagi telur merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia dan pastinya setiap dapur rumahtangga selalu ada telur ayam untuk digoreng atau direbus. Atas kenyataan ini menimbulkan sebuah peluang usaha yang menjanjikan yaitu usaha beternak ayam petelur dengan modal kecil untung besar.

13. Usaha Ternak Lebah Madu

Madu termasuk makanan yang memiliki banyak khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh.
Di berbagai stasiun televisi marak iklan yang menawarkan madu dengan berbagai khasiat, keaslian dan keenakan.

Hal ini karena makanan madu digandrungi banyak orang dari dulu sampai saat ini.
Rasanya yang manis dan membuat sehat tubuh sebagai salah satu alasan utama seseorang mengkonsumsi madu setiap hari. Usaha ternak lebah madu menjadi usaha menguntungkan tiga kali lipat modal usaha.

14. Usaha Ternak Burung Walet

Bisnis burung walet masih menjadi salah satu peluang usaha yang paling menguntungkan.
Kenapa bisa saya katakan demikian?
Karena saya sendiri memiki sebuah gedung walet yang saat ini sudah berusia lebih dari 5 tahun sejak pertama didirikan.

Untuk didaerah asal saya usaha ternak walet ini memang sudah lumrah dan biasa dilakukan. Tidak sedikit orang sukses dan menjadi jutawan berkat usaha ternak sarang burung walet.
Apalagi pangsa pasar ekspor yang masih terbuka lebar terutama dari negeri Cina dengan harga jual sangat tinggi. Anda bisa menjalankan bisnis ternak sarang burung walet secara sampingan di rumah.

Walaupun kekurangan dari usaha ini yaitu membutuhkan moda yang lumayan besar.
Untuk anda yang tertarik dan ingin tau lebih jauh mengenai usaha budidaya burung wlet anda bisa lihat disini peluang Pengalaman budidaya sarang walet Begini Cara memulainya

15. Usaha Ternak Udang

Salah satu peluang bisnis di bidang peternakan yang tak boleh dilupakan oleh para pelaku usaha yang ingin mengeruk untung besar adalah usaha ternak udang.

Bisnis peternakan udang bisa menjadi pilihan usaha yang tepat bagi anda yang sedang mencari peluang bisnis di tahun ini. Karena pangsa pasar dari bisnis udang yang sangat luas dari nasional hingga pasar ekspor. Ada banyak pengusaha ternak udang yang kaya dan sukses dari beternak udang. Sehingga usaha beternak udang menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan untung berlipat saat ini.

Saya berani mengatakan demikian karena orang tua saya sendiri seorang petambak udang yang memiki dua buah tambak. Untuk satu kali musim panen apabila tembus bisa menghasilkan keuntungan mencapai 50 jutaan. Itu kalau selama proses budidaya udang tidak terserang penyakit dan masuk kriteria size panen ideal.

16. Usaha Ternak Kakap

Masih jarang dilakukan memang, tapi bukan berarti usaha ini tidak menjanjikan untuk dikerjakan. Kita tau Ikan kakap merupakan salah satu makanan favorit banyak orang.
Rasanya yang lezat membuat setiap penikmat kuliner ini menjadi ketagihan.
Harga ikan kakap di tingkat konsumen cukup tinggi anda bisa cek sendiri untuk satu porsi ikan kakap berapa di sejumlah rumah makan .
Hal ini menjadikan usaha ternak ikan kakap sangat mudah dilakukan oleh siapa saja dan menjanjikan untung lumayan besar dalam waktu cepat.

Kekurangan usaha ini yaitu kurangnya pengetahuan akan budidaya ikan kakap ini.

17. ternak keroto

selain jangkrik ternyata keroto juga bisa anda jadikan rekomendasi jika ingin memulai sebuah usaha peternakan hal ni dikarenakan kebutuhan pakan burung berupa keroto kian hari kian meningkat, selain itu keroto termasuk hewan yang mudah  di budidaya dan tidak memerlukan modal yang besar mungkin hanya dengan modal 500 ribu saja anda sudah bisa mulai beternak keroto.

nah mungkin itu saja dulu rekomendasi kami tentang peluang bisni budaiaya yang sangat menguntungkan saat ini semoga bermanfaat.

 

3 Comments

  1. Fadil
  2. seribusatu cara beternak

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.